10 pantai indah dan eksotis di jogja, mana yang paling dekat dengan kota dan sudah buka? - WisataHits
wisatahits

10 pantai indah dan eksotis di jogja, mana yang paling dekat dengan kota dan sudah buka?

Jogja merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang terkenal sebagai daerah dengan segudang objek wisata yang mempesona, mulai dari kulinernya, air terjun, candi hingga pantainya.

Selain Candi Borobudur, Sungai Oyo, Tlogoputri Kaliurang, Malioboro juga terkenal sebagai pusat perbelanjaan yang menjual berbagai souvenir mulai dari kain, baju, kemeja dan lain-lain.

Dan salah satu daya tarik wisata kota Jogja yang cukup menarik adalah sejumlah pantai eksotis yang indah seperti Ngrumput, Nguyahan, Wedi Ombo dan Ngeden di Gunung Kidul.

Agar tidak penasaran, yuk langsung saja kita simak apa saja nama-nama bahari nan indah nan eksotis di Jogja? Nah, ini dia daftar 10 Pantai Terkenal Tahun 2022 di Yogya, Rekomendasi Top Jejakpiknik.

1. Indrayanti

foto oleh kompasiana.com

Alamat: Dsn Ngasem, Sidoharjo, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta
Kasus: Klik disini
Jam buka: 24 jam
HTML: Rp 5.000

Obyek wisata bahari yang sangat direkomendasikan dan wajib dikunjungi saat berkunjung ke Kota Gudeg adalah Pantai Indrayanti di wilayah Wonosari.

Marina yang populer ini memiliki panorama laut yang indah dengan pasir putih dan air yang jernih.

Liburan di pantai romantis ini tidak lengkap jika tidak mengabadikan pemandangan indah melalui gambar atau foto dan video. Setelah puas berfoto, pengunjung juga bisa mencicipi kuliner lezat di warung-warung dekat laut.

Nah, jika Anda ingin mengunjungi tempat bagus ini, ada dua jalur akses, yaitu melalui jalan Imogiri atau jalan Wonosari.

Kawasan sejuk ini terletak bersebelahan dengan beberapa pantai lain di Gunung Kidul seperti Jogan dan Pok Tunggal.

2. Parangtritis

foto oleh tripadvisor.co.id

Alamat: Ds. Kretek, Kabupaten Bantul, Yogyakarta
Kasus: Klik disini
Jam buka: 24 jam
HTM: Rp.5.000

Nah, bagi wisatawan pantai yang berkunjung ke Jogja, Pantai Parangtritis dekat Laut Depok menjadi salah satu destinasi yang wajib untuk dijelajahi.

Pasalnya, di tempat legendaris ini, pengunjung tidak hanya melihat keindahan matahari terbenam, tetapi kita juga bisa melakukan berbagai aktivitas seru seperti bermain sepeda gunung atau naik kereta.

Bagi yang ingin berkunjung ke daerah ini sebaiknya tidak memakai baju berwarna hijau, karena menurut legenda daerah tersebut merupakan wilayah kekuasaan Nyi Roro Kidul.

3. Glamor

foto dari beachnesia.com

Alamat: Purwodadi, Kec. Tepus, Kab. Gunkid, DI Yogyakarta
Kasus: Klik disini
Jam buka: Senin-Kamis(07:30-17:00), Kamis (07:00-17:00), Sabtu-Minggu (06:30-17:00)
HTML: Rp 5.000
Nomor telepon: 0821 3469 2388

Dengan ombak yang kecil dan cukup tenang, banyak wisatawan yang menikmati berenang dan snorkeling di kawasan Lambor ini. Area ini juga sangat aman sehingga cocok untuk anak-anak bermain air.

Karena jarang dikunjungi meski lokasinya mudah dijangkau, membuat suasana di sekitar kawasan ini masih asri dan alami.

Jika malam tiba, pengunjung tidak perlu bingung mau menginap dimana karena di sekitar tempat tersebut banyak terdapat penginapan mulai dari hotel, resort atau villa.

4. Licik

foto dari beachnesia.com

Alamat: Sidoharjo, Kec. Tepus, Gunung Kidul, Yogyakarta
Kasus: Klik disini
Jam buka: 24 jam
HTML: Rp 10.000

Meski tempat wisata populer ini masih tergolong sepi, pemandangan alam dapat ditemukan di pantai dekat Laut Baron.

Meski baru dikelola, fasilitasnya cukup lengkap, ada ayunannya juga. Jadi bagi yang ingin eksis, berfoto di ayunan ini akan membuat foto Anda terlihat semakin keren.

Bahkan tak jarang banyak pasangan yang memilih spot terindah ini untuk dijadikan spot foto prewedding.

Cukup membayar harga tiket masuk sekitar 10.000 per orang, pengunjung bisa snorkeling sepuasnya di tempat ini karena ombaknya tidak terlalu besar.

5. Bakar

foto oleh jogjaonstage.com

Alamat: Ds. Kanigoro, Saptosari, Kab. Gunung Kidul, Yogyakarta
Kasus: Klik disini
Jam buka: 05.00-Malam
HTML: Rp 5.000

Menempatkan kaki di laut Ngobaran yang terdapat pura, rasanya seperti berada di Bali. Oleh karena itu wajar jika banyak wisatawan yang mengatakan bahwa tempat ini sangat mirip dengan Tanah Lot.

Bahkan karena keindahan dan fasilitasnya yang lengkap, bahari yang paling dekat dengan desa Ngrenehan ini sering dijadikan destinasi bulan madu favorit lho, para honeymooners.

6. Baron

foto oleh Wisatabaru.com

Alamat: Kemadang, Tanjungsari, Gunung Kidul, Yogyakarta
Kasus: Klik disini
HTML: Rp 10.000/orang
Nomor telepon: 0813 2541 4441

Meski sempat dilanda banjir, namun nautical hit yang memiliki ciri khas mercusuar setinggi 40m ini banyak diburu para backpacker.

Sebagai tempat pelelangan berbagai jenis ikan (TPI), tak heran jika tempat wisata bahari ini tidak pernah sepi dan selalu dihiasi deretan perahu nelayan tradisional.

Nah, bagi yang suka camping dengan pemandangan pantai, camping di area camp Baron adalah pilihan yang paling cocok.

7.Sundak

foto dari beachnesia.com

Alamat: D.Sidoharjo, Tepus, Kab. Gunung Kidul, Yogyakarta
Kasus: Klik disini
Jam buka: 24 jam
HTML: Rp 5.000

Bagi yang suka berburu sunrise, tak ada salahnya menginjakkan kaki di Pantai Sundak di Desa Sidoharjo, kawasan Gunung Kidul.

Meski untuk menuju ke tempat tersebut tidak ada kendaraan umum, Anda hanya bisa menggunakan kendaraan pribadi, namun menurut situs hipwee, pemandangan matahari terbit dari kawasan ini sayang sekali untuk Give Way.

8. Timang

foto dari beachnesia.com

Alamat: Ds. Purwodadi, Kec. Tepus, Gunung Kidul
Kasus: Klik disini
Jam buka: 24 jam
HTML: Rp 10.000

Nah, bagi Anda yang menyukai wisata ekstrim, cobalah berkunjung ke Timang Marine. Di sini, pengunjung bisa menguji nyali dengan berbagai wahana ekstrim di tengah laut, seperti bermain banana boat, flying fox atau gondola.

Karena keunikannya, objek ini juga sempat menjadi perbincangan di beberapa situs seperti Kaskus dan situs Jogja.com. Dan kini gambar tersebut sudah tersebar luas di dunia maya.

9. Jungwoo

gambar oleh eksotisjogja.com

Alamat: Jepitu, Kecamatan Girisubo, Gunung Kidul, Jogja
Kasus: Klik disini
HTML: Rp.5.000-Rp.10.000

Selain Kukup, ada lagi deretan pantai yang masih perawan dan cukup sejuk untuk berkemah atau sekedar mencari lobster, namanya Bahari Jungwok yang terletak di kawasan Jepitu.

10. Keluar

foto oleh motorentyogya.com

Alamat: Jln. Pantai Selatan Jawa, Sidoharjo, Gunung Kidul, Yogya
Kasus: Klik disini
Jam Membuka: 24 jam
HTML: Rp 10.000
Nomor telepon: 0813 2541 4441

Walaupun tidak setenar pantai Jayanti dan Indramayu, namun karena penduduknya yang ramah dan juga telah dilengkapi dengan sederet hostel, sangat memungkinkan juga untuk memanfaatkan Andong Marine sebagai alternatif liburan.

Dan selain daftar di atas, berikut beberapa objek laut terbaru lainnya yang lokasinya bisa dibilang paling dekat dengan Jogja, yaitu:

– Pantai Nampu di Jawa Tengah
– Congot di Jogja bagian barat
– Sungai Oyo
– Congot Kulon Progo
– Tlogoputri kaliurang dan
– Pantai Glagah di Wates

Apakah Anda punya rekomendasi lain?? Komen di bawah ya guys!

Catatan: Semua data di atas adalah data terbaru pada saat artikel ini dibuat. Jika Anda melihat perubahan baru-baru ini, beri tahu kami agar dapat segera diperbaiki.

Bagi Anda yang merupakan pemilik bisnis dan ingin dimasukkan ke dalam artikel di atas, silahkan isi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: alamat, nomor telepon, WhatsApp dan informasi tambahan lainnya.

David, yang kini berusia 25 tahun, sudah tertarik menulis sejak masuk salah satu universitas di Yogyakarta. Sekarang David bekerja di sebuah penerbit buku di Yogyakarta. Di luar pekerjaan, David lebih suka menghabiskan waktu produktif menulis di JejakPiknik.com

Source: jejakpiknik.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button