BSD City Park, tempat liburan seru dan asri di tengah kota Tangerang! - WisataHits
wisatahits

BSD City Park, tempat liburan seru dan asri di tengah kota Tangerang!

Taman Kota BSD – Bagi penduduk kota, kebutuhan akan udara sejuk dan segar harus menjadi prioritas. Karena kawasan perkotaan identik dengan limbah industri dan polusi. Tingkat kebersihan oksigen sedikit lebih rendah daripada di pedesaan yang masih bebas dari polusi udara.

Nah… untuk menggagalkan kebutuhan tersebut, dibuatlah taman kota. Bagi yang tinggal di sekitar ibu kota pasti sudah pernah mendengar tentang BSD City Park.

Taman ini merupakan salah satu komitmen pemerintah kota dalam membangun kembali kawasan penyangga sebagai bagian dari ruang terbuka hijau yang kaya manfaat.

Kunjungi juga: Pantai Anyer Banten, Nan Eksotis

BSD City Park atau kependekan dari Taman Bumi Serpong Damai adalah salah satu taman di Serpong, wilayah Tangerang Selatan. Kawasan ini dikenal memiliki kawasan yang sejuk dibandingkan dengan kawasan lain di kota yang sama.

Tak heran jika pepohonan rindang dan keindahan area taman BSD menjadikan tempat ini sebagai salah satu destinasi wisata termurah dan terdekat di kota. Penasaran dengan ulasan taman yang dibuat pada tahun 2004? Simak ulasan berikut ini!

Atraksi Taman Kota BSDAtraksi Taman Kota BSD

Sejarah Taman Kota BSD

Taman ini merupakan bentuk Tanggung jawab sosial perusahaan sebuah kawasan perumahan di kabupaten Serpong dengan mewujudkan kota yang bersih dan nyaman.

Oleh karena itu, kawasan taman BSD dibangun sebagai bentuk fungsi dari hutan kota. Dengan luas lebih dari 2,5 ha, taman ini dibuka dan dikelola di bawah pengawasan langsung Bumi Serpong Damai sendiri.

Kunjungi juga: Keindahan Pantai Tanjung Lesung, Pandeglang, Banten memang eksotis

Lokasi Taman Kota BSD

Taman ini terletak di kota Tangerang. Kota seribu industri ini memiliki 2 area taman kota yang bisa dijadikan tempat bersantai dari rutinitas sehari-hari. Kedua taman tersebut adalah City Park 1 yang terletak di dekat Giriloka 3, dan yang lainnya adalah City Park 2 yang terletak di Techno Park.

Masuk ke taman ini gratis dan hanya dikenakan biaya parkir. Namun, bagi mereka yang berkunjung untuk kegiatan komersial seperti syuting dan pemotretanpengunjung harus memberikan izin tertulis.

Lokasinya yang berada di kawasan perkotaan membuat taman ini mudah diakses, baik dengan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi. Buka dari pukul 6 pagi hingga 6 sore, BSD City Park dapat diakses melalui gerbang Jl Letnan Sutopo. Taman ini juga dapat diakses dari pusat tanaman hias di Jl Raya Victor.

Untuk jalurnya, jika Anda datang dari arah Cikokol, Anda bisa menggunakan angkutan B07 melalui wilayah Serpong, Muncul dan Kalideres. Nanti bisa turun di Techno Park atau di gerbang utama, sama saja. Jika Anda dari Jakarta menggunakan komuter, Anda bisa turun di stasiun Serpong terlebih dahulu dan naik transportasi B07. Juga, instruksinya sama seperti yang disebutkan di atas.

Artikel terkait: Pantai Sambolo, Banten, objek wisata alam yang mempesona

Atraksi Taman Kota BSD

BSD City Park patut diapresiasi karena menghadirkan kenyamanan di tengah keramaian dan padatnya aktivitas kota. Tak heran jika taman ini ramai dikunjungi pada akhir pekan dan masa liburan.

Begitu Anda memasuki area taman, Anda akan disambut oleh jembatan yang mirip dengan Jembatan Kebun Raya Bogor. Jembatan merah menghubungkan dua wilayah yang terpisah karena aliran sungai di antara keduanya. Jangan terburu-buru melewati jembatan ini.

Jembatan Merah di Hutan BSD via KabartangselJembatan Merah di Hutan BSD via Kabartangsel

Coba lihat daerah aliran sungai yang sangat menarik sebagai spot foto. Deretan DAS panjang yang dihiasi pepohonan dan rerumputan di kanan kiri tak membosankan untuk dilihat.

Selain itu, taman yang berisi sekitar 60 jenis tanaman dan 3.000 pohon ini sangat terawat. Pohon meranti, pohon bintaro, pohon beringin dan pohon nyamplung ada di sana. Di bagian belakang terdapat banyak pedagang yang menjual berbagai tanaman hias yang sangat menarik.

Tanaman seperti mawar, anggrek dan bonsai juga diperdagangkan. Hal ini tentunya akan membangkitkan minat para pecinta tanaman hias khususnya ibu rumah tangga.

Taman BSD tidak hanya untuk orang dewasa, tetapi juga dilengkapi dengan taman bermain untuk anak-anak. Bahkan ada kelas yang tersedia untuk bertani untuk si kecil. Oleh karena itu Anda bisa piknik di sana sambil bersantai sambil menikmati kicauan burung dan tanpa lupa melihat anak-anak bermain. Lengkap, ya?

Bagi yang suka olahraga, BSD City Park juga sering dijadikan sebagai tempat jogging karena memiliki lintasan Joging yang cukup panjang, yaitu 1 km.

Anda dapat menggunakan pengaturan ini di pagi, siang atau malam hari. Anehnya, ada juga pengukur jarak yang sangat membantu pelari mengukur seberapa jauh mereka berlari dan seberapa cepat mereka bisa berlari. Ada juga tiang yang berguna untuk latihan beban bagi penggemar latihan jalanan.

Bagi manula yang ingin melakukan pijat refleksi, juga terdapat area refleksi di taman. Anda hanya bertelanjang kaki dan mulai berjalan melalui kerikil yang telah diatur sedemikian rupa untuk meningkatkan aliran darah. Apalagi tidak jarang saat musim liburan juga ada senam Tai Chi yang gratis.

Bagi anak muda yang suka camping, di kawasan BSD City Park juga bisa dimanfaatkan. Anda juga bisa berjalan-jalan dan jika lelah, istirahatlah di beberapa kursi.

Selain fasilitas di atas, di taman BSD juga terdapat gazebo, rumah pohon dan jalur sepeda. Ada juga danau buatan yang luasnya hampir 2 hektar.

Taman Kota BSD melalui Panduan PerjalananLookout di BSD City Park melalui Travel Guide

Selain danau buatan, di taman ini juga terdapat air terjun buatan. Hampir keduanya dapat menciptakan nuansa alam dan tampilan serta panorama yang eksotis.

Wisatawan yang datang dapat menghabiskan waktu bersantai di kursi taman yang disediakan untuk menambah kenyamanan pengunjung.

Tak heran jika banyak wisatawan mengunjungi taman ini untuk menikmati pemandangan dan panorama hutan yang indah ini.

Sementara gazebo yang tersedia juga bisa dijadikan sebagai tempat piknik, makan atau sekedar hang out bersama rombongan. Apalagi ada juga rumah pohon unik yang tak kalah menarik.

Oh iya sobat bisa menggunakan semua fasilitas yang ada disini dengan gratis yaitu gratis. Rumah pohon bisa menjadi taman bermain yang menyenangkan bersama anak-anak.

Apakah kamu lapar? Jika Anda tidak punya waktu untuk memasak makan siang di rumah, jangan khawatir, karena ada warung atau warung makan yang bertebaran di sekitar taman. Dan buka dari pagi hingga sore. Jadi Anda tidak perlu khawatir menjadi emosional karena Anda lapar.

Fungsi utama taman ini sebagai paru-paru kota sepertinya teralihkan oleh kebutuhan akan tempat rujukan oleh para penghuninya yang disibukkan dengan pekerjaan selama seminggu.

Tempat ini memang sangat cocok dijadikan sebagai sarana refreshing. Tidak hanya itu, taman ini juga dapat digunakan sebagai media pendidikan dan kehidupan yang berfungsi sebagai laboratorium bagi tumbuhan dan pepohonan di sekitar hutan ini.

Oh iya sob, di dekat area taman BSD City juga banyak tempat wisata lainnya lho, mulai dari Scientia Park, AEON Mall hingga Ocean Park yang bisa memanjakan wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Fitur Taman Kota BSD

Selain berfungsi sebagai taman bermain dan kawasan wisata, taman ini juga dapat digunakan sebagai laboratorium botani. Fungsi lainnya adalah untuk melindungi tanah agar tetap subur dan juga untuk mencegah pencemaran resapan air.

Tips dan trik saat berlibur di BSD City Park

Ada beberapa saran dan tips bagi anda yang ingin berkunjung ke taman BSD ini, yaitu:

  1. Jangan datang ke taman setelah hujan karena akan sangat licin dan cukup berlumpur. Hal ini dikarenakan kawasan di dalamnya sebagian besar berupa daratan, yang sesuai dengan fungsi pembentukan taman, yaitu kawasan resapan air.
  2. Buanglah sampah pada tempat yang telah disiapkan oleh pengelola atau anda dapat membawa kantong kecil yang retak sebagai tempat untuk menampung sampah
  3. Anda bisa membawa bekal dari rumah jika ingin piknik atau tidak ingin repot, beli saja makanan dari warung-warung di depan taman yang sudah diatur sedemikian rupa. Jangan berharap untuk menemukan penjaja di dalam taman karena mereka tidak diperbolehkan untuk menjaga kebersihan.

****

Demikian ulasan mengenai Taman Kota Serpong Damai Tangerang. Anda bisa berwisata ke sana bersama pasangan, teman atau keluarga. Datanglah sesuai jam buka dan biarkan rasa lelah Anda hilang.

Nikmati deretan pepohonan yang rindang dan sejuk di tengah udara kota yang panas dan gerah. semoga bermanfaat dan menyenangkan.

Juga jangan lewatkan: Atraksi Taman Hutan Raya Banten

Source: tempatwisataseru.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button