BMKG: Waspada angin kencang dan gelombang tinggi di Bali - WisataHits
Yogyakarta

BMKG: Waspada angin kencang dan gelombang tinggi di Bali

BMKG: Waspada angin kencang dan gelombang tinggi di Bali

Denpasar (ANTARA) – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat dan wisatawan berhati-hati saat hujan disertai petir, angin kencang, dan gelombang laut tinggi di Bali pada 22-24 Januari 2023.

“Masyarakat diimbau tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak bencana yang dapat ditimbulkan oleh cuaca ekstrem seperti banjir, genangan air, tanah longsor, angin kencang, pohon tumbang dan petir,” kata Kepala Pusat Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah III Denpasar Cahyo Nugroho mengutip siaran tertulisnya di Denpasar, Minggu.

Baca juga: BMKG Peringatkan Cuaca Ekstrem di NTT Akibat Angin Topan

Ia juga mengimbau masyarakat, khususnya pelaku industri maritim dan di pesisir, untuk mewaspadai gelombang tinggi mulai Minggu (22/1) hingga Selasa (24/1).

BMKG memperkirakan tinggi gelombang laut di perairan Bali utara berkisar 0,25 hingga 1 meter, di perairan selatan Bali 0,75 hingga 2 meter, di Selat Bali 0,5 hingga 2 meter, dan di Selat Lombok antara 0,5 hingga 2 meter. . .

“Masyarakat umum, nelayan, dan penyelenggara wisata bahari harus mewaspadai potensi gelombang laut mencapai 2 meter atau lebih di Perairan Selatan Bali, Selat Bali Selatan, Selat Lombok Selatan, dan Samudera Hindia Selatan. Bali.

Baca Juga: Bupati Gunungkidul Ajak Masyarakat Edukasi Bencana Hidrometeorologi

Di beberapa tempat wisata seperti Nusa Dua, Kuta, Tanah Lot, dan Sanur, BMKG memperkirakan tinggi gelombang laut berkisar antara 0,25 hingga 1,25 meter pada 23-24 Januari. Kemudian hujan ringan diperkirakan terjadi di Ubud, Bedugul, Kintamani dan Besakih pada tanggal 23 dan 24 Januari sore.

Sementara itu, untuk laporan cuaca umum di Bali pada libur Imlek pada Minggu, BMKG menyebutkan cuaca secara umum mendung dan berpotensi hujan di beberapa wilayah Pulau Dewata.

Baca juga: BNPB tekankan penguatan strategi penanggulangan bencana di daerah

Kemudian suhu udara antara 22 hingga 32 derajat Celcius dengan kelembapan 70 hingga 95 persen.

Pemberita: Genta Tenri Mawangi
Penerbit : Bambang Sutopo Hadi
HAK CIPTA © ANTARA 2023

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button