344 destinasi wisata di Yogyakarta menyambut libur Natal dan Tahun Baru - WisataHits
Yogyakarta

344 destinasi wisata di Yogyakarta menyambut libur Natal dan Tahun Baru

Bacajogja – Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan salah satu tujuan wisata di Indonesia. Dinas Pariwisata DIY memastikan seluruh tempat wisata di Yogyakarta siap menyambut wisatawan untuk liburan Natal tahun 2022 dan 2023.

Kepala Biro Pariwisata Singgih Raharjo mengatakan, ada 344 destinasi wisata yang bisa dikunjungi wisatawan di provinsi berstatus istimewa ini. Dari jumlah tersebut, terdapat 153 desa wisata atau do-it-yourself village yang juga bersedia melayani wisatawan dengan baik. “Semua destinasi wisata ini sudah kami pastikan kesiapannya,” ujarnya.

Baca Juga: Jadwal 8 Perjalanan KA Pramek Jogja-Kutoarjo Selama Periode Nataru 2022-2023

Menurutnya, desa wisata saat ini sedang menjadi tren setelah pandemi Covid-19 mereda. Yogyakarta juga memiliki desa wisata yang bertaraf internasional, bahkan beberapa desa wisata telah mendapatkan penghargaan Desa Wisata dari Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif RI. “Wisatawan sangat ingin beraktifitas di desa wisata,” ujarnya.

Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Bobby Ardyanto Setyo Ajie mengatakan prediksi jumlah wisatawan yang datang ke Yogyakarta akan lebih tinggi dibandingkan tahun 2019 atau sebelum pandemi. “Kemungkinan minat wisatawan datang ke DIY lebih tinggi dari tahun 2019,” ujar Bobby.

Baca Juga: Daftar Acara Spektakuler Malam Tahun Baru 2023 di Yogyakarta

Ia memastikan setiap hotel di DIY juga mengaku siap menyambut wisatawan termasuk informasinya. “Setiap resepsionis di hotel sudah menyiapkan beberapa hal yang menjadi informasi bagi wisatawan yang datang ke hotel,” ujarnya.

Direktur Angkutan Bedah Rumah, Ni Made Dwipanti Indrayanti menjelaskan, dari proyeksi jumlah kendaraan, diperkirakan kendaraan yang masuk ke kawasan perbaikan rumah naik 54,62 persen. Pihaknya telah menyiapkan sarana transportasi bagi wisatawan dan warga sekitar.

Baca Juga: Segudang Acara Keren untuk Mengisi Hari Minggumu di Yogyakarta

Angkutan jalan raya disiapkan sebanyak 1.275 kendaraan yang terdiri dari AKAP, AKDP, Pariwisata, Taksi dan Trans Jogja. Lalu ada 71 jalur kereta reguler dan 24 sirkuit lagi. Artinya, total 95 rangkaian KA akan melayani masa liburan Natal dan Tahun Baru ini. “Sejauh menyangkut lalu lintas udara, tidak ada pergerakan tambahan,” katanya.

Sementara itu, Kabid Humas Polda DIY Yulianto mengatakan, Polda DIY mengkoordinir kegiatan bakti sosial Natal 2022 dan Tahun Baru 2023. Sedikitnya 2.052 pegawai disiapkan Polda DIY untuk mencari keselamatan masyarakat. “Kami juga sudah mempekerjakan staf untuk melakukan pekerjaan rutin seperti biasa,” katanya. []

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button