Berbagai pentas seni digelar di beberapa lokasi di Sleman selama liburan - ANTARA News Yogyakarta - WisataHits
Yogyakarta

Berbagai pentas seni digelar di beberapa lokasi di Sleman selama liburan – ANTARA News Yogyakarta

Sleman (ANTARA) – Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta menggelar berbagai pentas seni di beberapa destinasi wisata di Sleman untuk memeriahkan liburan Natal dan Tahun Baru 2022 dan 2023.

“Pentas seni ini dimaksudkan untuk memberikan atraksi guna mendukung destinasi wisata selama liburan akhir tahun,” kata Ishadi Zayid, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, di Sleman, Kamis.

Menurutnya, pagelaran seni tersebut dilakukan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman atau secara mandiri oleh pengelola destinasi dan perusahaan jasa daerah.

Baca Juga: Dinas Pariwisata Sleman Revitalisasi Gerakan Jum’at Bersih di Destinasi Wisata

“Pementasan seni yang dibawakan oleh biro pariwisata ini berasal dari APBD Kabupaten Sleman serta dari anggaran Dana Keistimewaan Yogyakarta,” ujarnya.

Dikatakannya, keberadaan Dana Keistimewaan Yogyakarta untuk pengembangan pariwisata di Kabupaten Sleman selama ini dinilai sangat efektif dan mampu mendukung peningkatan kualitas dan kuantitas pertunjukan seni pendukung.

“Bahkan untuk menambah penyediaan sarana dan prasarana pariwisata berupa penambahan instalasi seni di berbagai destinasi wisata,” ujarnya.

Ishadi mengatakan, dalam memprediksi peningkatan jumlah kunjungan wisatawan ke berbagai destinasi di Sleman, pihaknya mengimbau pengelola destinasi, perusahaan jasa pariwisata, dan pedagang untuk mengutamakan pelayanan yang baik bagi wisatawan.

“Jangan sampai momentum libur akhir tahun ini digunakan untuk kepentingan sementara yang merugikan wisatawan,” katanya.

Ia mencontohkan perilaku ‘nuthuk’ (menetapkan harga tinggi), memaksa barang dan hal lainnya yang justru akan berdampak buruk bagi pariwisata di Kabupaten Sleman khususnya dan pariwisata DIY umumnya.

Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Wisata dan Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Sleman Wasita mengatakan, untuk pentas seni Natal dan Tahun Baru 2022, tahun 2022 akan disuguhkan penampilan Campursari Embun Laras karya Drono Tridadi Sleman pada Sabtu, 24 Desember 2022 pukul 10.00 WIB. be – 15.00 WIB di Panggung Tlogoputri Kaliurang.

Penampilan Neokustic Band oleh Ganggong Bangunkerto Turi Sleman pada Minggu, 25 Desember 2022, Pukul 10.00 – 15.30 di Tlogoputri Kaliurang.

“Pada Sabtu, 31 Desember 2022, pukul 10.00-15.30, pertunjukan Jathilan Turonggo Kencono Mudho Tirtomartani Kalasan di Tlogoputri Kaliurang dan pertunjukan Kubro Roso Siswo Kedungprahu Sendangrejo Minggir di Gardu Pandang Kaliurang,” ujarnya.

Kemudian pada Minggu 1 Januari 2023 dengan penampilan Orkes Melayu Romansa oleh Pogung Lor oleh Pogung Lor Sendangadi Mlati di Gardu Pandang Kaliurang, Jathilan Lembayung Senja oleh Jombor Sinduadi Mlati Sleman di Bukit Klangon dan Jathilan Turonggo Muda Prono Jati oleh Sejati Trukan Sumberarum Moyudan Sleman di Logo Putri Kaliurang.

Selain itu, ada juga event di Tebing Breksi pada 31 Desember 2022 dan 1 Januari 2023 bernama Tebing Gumebyar Breksi 2023.

“Paket acara Natal dan Tahun Baru yang berbeda juga akan diadakan secara mandiri di hotel yang berbeda di Sleman dengan kontrol tiket terpisah,” ujarnya.

Baca Juga: DIY Siapkan Paket Wisata Terpadu Menyambut Natal dan Tahun Baru

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button