Beragam aktivitas seru yang tak boleh dilewatkan wisatawan saat berkunjung ke Bunaken - WisataHits
Yogyakarta

Beragam aktivitas seru yang tak boleh dilewatkan wisatawan saat berkunjung ke Bunaken

Beragam aktivitas seru yang tak boleh dilewatkan wisatawan saat berkunjung ke Bunaken

TEMPO.CO, jakarta – Taman Nasional Bunaken merupakan destinasi wisata di Sulawesi Utara yang wajib dikunjungi oleh para penyelam. Kawasan ini merupakan cagar alam yang memiliki potensi alam bawah laut yang indah.

Menurut website Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Taman Nasional Bunaken memiliki potensi wisata yang beragam. Hampir 70 persen spesies biota laut dunia terdapat di taman bawah laut ini.

Di sisi lain, Bunaken juga memiliki keindahan alam daratan yang tak kalah mempesona. Oleh karena itu, jika Anda berkunjung ke sana, jangan lewatkan berbagai aktivitas seru yang ada di sana:

Menyelam

Dengan kekayaan alam bawah lautnya, wisatawan yang datang ke Bunaken tidak boleh melewatkan kegiatan scuba diving atau menyelam. Ribuan biota laut yang indah dan unik menghuni dasar laut kawasan ini.

Ada sekitar 58 jenis terumbu karang yang dapat ditemukan di Bunaken. Bahkan disebut-sebut memiliki salah satu kawasan dengan koleksi terumbu karang terlengkap dan menakjubkan di dunia.

Selain itu, ratusan spesies ikan hidup di antara terumbu karang, termasuk ikan kerapu, kakap, angelfish, dan ikan badut. Ada juga ikan besar seperti ikan napoleon, pari manta dan barakuda.

Tidak ada musim sepi alias kapanpun pengunjung bisa menyelam. Namun, waktu terbaik untuk menyelam adalah dari bulan Juni hingga Agustus.

snorkeling

Wisatawan yang tidak tahu cara menyelam bisa mencoba snorkeling. Aktivitas ini relatif mudah dilakukan karena hanya di permukaan air dan tidak perlu menyelam terlalu dalam.

Meski begitu, keindahan alam bawah laut Bunaken masih bisa dinikmati. Daya tarik utamanya adalah terumbu karang dan ikan-ikan kecil di sekitarnya.

Menanam bakau dan transplantasi karang

Kegiatan ini bisa dilakukan oleh wisatawan yang tidak hanya ingin bersenang-senang di Bunaken. Dengan menanam bakau atau mencangkok karang, wisatawan dapat membantu menjaga lingkungan.

Coba spesialisasi

Tidak lengkap rasanya jika mengunjungi daerah tertentu tanpa mencoba makanan khasnya. Pastikan untuk mencoba kenari halua dan ikan woku di Bunaken.

Kenari Halua merupakan jajanan manis khas Manado yang dibuat dengan kacang kenari sebagai bahan utamanya. Kacang ini dibungkus dengan gula merah yang telah dicairkan dan kemudian dilapisi dengan kacang. Wisatawan tidak hanya bisa memakannya di sana, tetapi juga membawanya pulang sebagai oleh-oleh.

Ikan woku merupakan lauk ikan atau ayam yang dibumbui dengan berbagai bumbu khas seperti cabai, bawang merah, kunyit, jahe, daun jeruk, dan daun bawang. Kuahnya biasanya berwarna kuning muda cenderung merah.Jangan lupa untuk mencoba kuliner ini saat datang ke Bunaken.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button