Belum banyak yang tahu, ini dia 5 tempat wisata di Indonesia yang bersuhu dingin - WisataHits
Jawa Barat

Belum banyak yang tahu, ini dia 5 tempat wisata di Indonesia yang bersuhu dingin

Terjadinya Fenomena Es Embun Di Dieng / ANTARA NEWS

JAKARTA, Lightning.com- Indonesia dikenal sebagai negara dengan iklim tropis yang hanya memiliki dua musim, yaitu musim kemarau dan musim penghujan. Tidak ada musim semi, musim panas, musim gugur atau musim dingin.

Walaupun Indonesia hanya memiliki dua musim, namun musim di Indonesia sulit diprediksi karena suhunya tidak berbeda jauh dari musim ke musim, kemungkinan karena faktor pemanasan global yang membuat sulit untuk memprediksi musim di Indonesia.

Namun di beberapa wilayah Indonesia cuacanya berbeda, yaitu: cuaca dingin. Bahkan, ada daerah yang cuacanya dingin hingga menembus minus satu derajat Celcius. Bahkan cuaca yang dingin menjadi daya tarik wisatawan untuk mengunjungi sejumlah destinasi wisata di daerah tersebut.

Berikut 5 daerah cuaca dingin di Indonesia yang cocok untuk liburan:

layanan pertama

Baca juga:
Mencairnya es di Dieng selama 2 hari terakhir, suhu pagi ini mencapai minus 1 derajat Celcius

Pasti sudah banyak yang tahu cuaca dingin di kawasan Dieng, Wonosobo, Jawa Timur. Bahkan, suhu di Dieng sempat mencapai minus sembilan derajat Celcius pada Juni 2019.

Dieng berada pada ketinggian 2.115 meter di atas permukaan laut. Pesona alam Dieng juga sangat indah, sehingga berbagai aktivitas seperti trekking dan camping bisa dilakukan. Disarankan untuk memakai pakaian yang tebal saat berkunjung ke Dieng karena suhu udaranya sangat dingin.

2. Ciwidey

Ciwidey populer dengan banyak wisatawan karena cuacanya yang sejuk. Terletak di Jawa Barat. Daerah ini telah menembus suhu dingin 13 derajat Celcius. Dan daerah ini juga berada di ketinggian 1.600 meter di atas permukaan laut. Ada banyak atraksi di kawasan Ciwidey seperti Kawah Putih, perkebunan teh dan strawberry, pemandian air panas, Perbukitan Jamur dan bumi perkemahan.

3. Kota Batu

Baca juga:
Inilah Fakta Fenomena ‘Upas Embun’, Embun Es yang Terjadi di Dieng

Kota Batu, Malang, Jawa Timur memiliki topografi berbukit. Karena kondisi tersebut, suhu di Kota Batu bisa mencapai 15-19 derajat Celcius.

Yang membuat Kota Batu menarik sebagai tempat wisata, karena di kawasan ini banyak terdapat destinasi wisata yang cocok untuk dikunjungi bersama keluarga. Kebun apel, kebun binatang dan Batu Love Garden merupakan kawasan wisata di Batu yang bisa dikunjungi.

4. Batang eng

Meskipun kota ini merupakan kota kecil di Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur, cuacanya ternyata dingin. karena berada di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut, akibatnya suhu terdingin di sana mencapai 15 derajat Celcius.

Selain sifatnya yang eksotis, arsitektur bangunan di Ruteng juga unik sehingga menjadi magnet wisata. Di Ruteng juga terdapat Gua Liang Bua, gua purba tempat ditemukannya spesies Homo floresiensis.

Baca juga:
Kabar baik! Dieng Culture Festival 2022 akan diadakan pada bulan September

5. Berstagi

Berastagi adalah sebuah kawasan dataran tinggi di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, pada ketinggian 1.300 meter di atas permukaan laut (mdpl). Jadi jangan heran jika cuaca dingin di daerah ini. Sebagian besar penduduk bekerja sebagai petani sayur dan buah. Suhu udara di Berastagi pernah mencapai 16 derajat Celcius. Dan Berastagi diapit oleh dua gunung yaitu Gunung Sibayak dan Gunung Sinabung. (ulf)

Source: www.kilat.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button