Belajar sambil refreshing di situs Ciung Wanara Karangkamulyan, properti wisata Ciamis berusia 1400 tahun - WisataHits
Jawa Barat

Belajar sambil refreshing di situs Ciung Wanara Karangkamulyan, properti wisata Ciamis berusia 1400 tahun

Belajar sambil refreshing di situs Ciung Wanara Karangkamulyan, properti wisata Ciamis berusia 1400 tahun

JABAR INSPIRASI JABAR – Kabupaten Ciamis sebagai daerah yang memiliki sejarah panjang memiliki banyak peninggalan dari masa lalu, beberapa di antaranya kini telah menjadi tempat wisata.

Salah satu objek wisata budaya-sejarah Ciamis adalah situs Ciung Wanara Karangkamulyan yang terletak di Desa Karangkamulyan, Kecamatan Cijeungjing, Ciamis.

Tempat wisata Ciamis ini merupakan peninggalan kerajaan Galuh yang didirikan oleh Sang Writekendayun pada abad ke-6 Masehi. Nama Galuh sendiri memiliki banyak arti, salah satunya berarti permata.

Baca Juga: Studio Lingga Purbasari Ciamis Jadi Wakil Indonesia di International Folklore Festival di Thailand

Beberapa orang di Ciamis menyebut tempat ini sebagai Situs Bojong Galuh. Namun sebagian lainnya dan mayoritas pengunjung lebih familiar dengan nama Situs Ciung Wanara Karangkamulyan.

Obyek wisata ini terletak di pinggir jalan nasional penghubung provinsi Jawa Barat dan Jawa Tengah, tepat di jalan Ciamis-Banjar.

Karena letaknya di jalan nasional, tempat ini sering menjadi tempat peristirahatan pengendara. Banyak pohon rindang memastikan udara sejuk bahkan di hari yang panas.

Baca Juga: Asyiknya Berwisata ke Situ Lengkong Panjalu di Ciamis: Berziarah Sambil Menikmati Keindahan Alam. Ada juga kayak.

Pengunjung yang sekedar ingin beristirahat di sela-sela perjalanan wisata dapat menikmati sejuknya udara Karangkamulyan sambil menyantap kelapa muda, jajanan ringan, atau makanan berat di warung-warung yang ada di pelataran parkir dengan harga yang relatif murah.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button