Bekas kios pedagang kaki lima yang representatif menjadi taman indah di Malioboro - WisataHits
Yogyakarta

Bekas kios pedagang kaki lima yang representatif menjadi taman indah di Malioboro

Bekas kios pedagang kaki lima yang representatif menjadi taman indah di Malioboro

TEMPO.CO, Yogyakarta – Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Pemerintah Kota Yogyakarta melakukan pembongkaran puluhan bangunan kios di Jalan Representatif Jalan Malioboro sejak Sabtu, 21 Januari 2023. Penggantian kios dengan alat berat ini untuk persiapan pembangunan tempat baru seperti museum di Jalan Malioboro yang disebut Jogja Planning Gallery atau JPG.

Sedangkan untuk lokasi plot booth di Jalan Perwakilan, kedepannya akan menjadi bagian depan JPG, yaitu menggabungkan bangunan induk dengan kompleks kawasan DPRD DIY. “Setelah kios-kios diratakan, areal akan ditata ulang dan dipagari sehingga tercipta taman yang asri sebagai wajah kompleks JPG,” kata Pj Wali Kota Yogyakarta Sumadi, Senin, 23 Januari 2023.

Seluruh proses pembongkaran lapak dilakukan setelah para pedagang bersepakat mengosongkan areal. “Pedagang di sini sudah sepakat pindah ke Pasar Pakuncen atau Klitican dengan dukungan Pemkot Yogyakarta,” kata Sumadi.

Pembongkaran kios menargetkan setidaknya 10 bangunan selama 14 hari ke depan. Peralatan seberat dua unit digunakan untuk meratakan bangunan yang sudah berdiri puluhan tahun itu.

Salah seorang pejabat yang membongkar bangunan kios di cabang Jalan, Syaifudin, mengatakan, membongkar bangunan perlu kehati-hatian. “Karena masih banyak kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat yang parkir sembarangan di jalan ini, kami harap mereka segera ditertibkan agar tidak mengganggu pekerjaan,” ujarnya.

Sementara itu, perwakilan ketua forum komunikasi pedagang Adi Kusuma mengatakan ada 17 pedagang yang pindah ke lokasi Pasar Pakuncen di sisi barat Malioboro. “Kami akan selesai mendata para pedagang yang akan pindah ke pasar Pakuncen paling lambat 23 Januari,” katanya.

Membaca: Liburan di Yogyakarta? Luangkan waktu untuk mampir ke 5 tempat menarik ini

Selalu update informasi terbaru. Lihat berita terkini dan berita unggulan dari Tempo.co di kanal Telegram Tempo.co Update. Klik Pembaruan Tempo.co untuk bergabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button