Tren perjalanan dadakan mempercepat pemulihan industri pariwisata - WisataHits
Jawa Barat

Tren perjalanan dadakan mempercepat pemulihan industri pariwisata

Tren perjalanan dadakan mempercepat pemulihan industri pariwisata

JawaPos.com-Laporan perjalanan tahunan OYO bertajuk “OYO Travelopedia Indonesia 2022” mengungkapkan bahwa tren perjalanan spontan menjadi salah satu faktor percepatan pemulihan industri pariwisata Tanah Air selama setahun terakhir.

Lebih dari 2,4 juta pemesanan tercatat sehari sebelum perjalanan atau pada hari perjalanan, meningkat 14 persen dari tahun sebelumnya.

“Hasil ‘OYO Travelopedia 2022’ membuktikan adanya kebangkitan industri pariwisata di Indonesia,” kata Ankit Tandon, Global CBO & CEO OYO untuk Asia Tenggara dan Timur Tengah, dalam keterangannya, Kamis.

Laporan tahun ini juga menunjukkan peningkatan permintaan hingga 82.000 kamar pada malam tahun baru, naik 58 persen dari tahun lalu.

Bali dipilih sebagai destinasi utama perayaan tahun baru, disusul Bandung, Jogjakarta, Jakarta, dan Semarang.

Selain itu, perjalanan bisnis di Indonesia juga meningkat sejak diberlakukannya pelonggaran kebijakan pembatasan perjalanan pada Mei 2022, permintaan akomodasi dari tamu korporat atau tamu besar meningkat 274 persen year-on-year.

Mendukung pertumbuhan ini adalah usaha kecil dan menengah, yang mulai menyukai interaksi tatap muka daripada pertemuan virtual.

Data booking OYO Indonesia menunjukkan ada lima kota yang paling sering dikunjungi masyarakat untuk perjalanan bisnis, yakni Jakarta, Tangerang, Surabaya, Bekasi, dan Medan.

Selama setahun terakhir, OYO berfokus pada akomodasi mid-premium dan flagship, yang dapat menyediakan beragam akomodasi berkualitas untuk memenuhi kebutuhan perjalanan bisnis.

Selain itu, perjalanan rekreasi tetap menjadi pendorong pertumbuhan terbesar, dengan kota-kota seperti Bandung, Bali, Yogyakarta, Malang, dan Lampung melaporkan pertumbuhan pemesanan sebesar 114 persen tahun-ke-tahun.

Dalam kategori perjalanan wisata tahun 2022, destinasi wisata spiritual dan budaya menawarkan daya tarik yang kuat bagi para pelancong.

Beberapa di antaranya adalah Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral di Jakarta, Desa Wisata di Bandung, Candi Borobudur, Candi Prambanan dan Candi Ratu Boko di Jogjakarta, Candi Maria Annai Velangkanni, Candi Shri- Mariamman di Medan, kemudian Candi Besakih, Pura Tanah Lot dan Pura Uluwatu. Pura di Bali.

Penerbit : Dinarsa Kurniawan

Wartawan: Antara

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button