Banyuwangi, keindahan alam dan potensi bencana yang menyertainya - WisataHits
Jawa Timur

Banyuwangi, keindahan alam dan potensi bencana yang menyertainya

Liputan6.com, Banyuwangi – Banyuwangi merupakan salah satu destinasi wisata alam unggulan di Indonesia. Kabupaten di Jawa Timur ini memiliki luas wilayah 5.782 km². Bumi Blambangan memiliki kekayaan alam yang lengkap.

Beberapa di antaranya kaya akan air dan unsur hara karena dikelilingi oleh gunung berapi yang berdampak positif bagi kesuburan tanah. Hutan dan taman nasional yang menjadi habitat flora dan fauna langka dan dilindungi.

Bahkan dengan airnya, lokasinya yang berada di ujung timur pulau Jawa dan berbatasan dengan Bali merupakan anugerah dengan laut yang luas dan keindahan pantai yang memiliki beragam pasir.

Tak heran jika kemudian kota yang berjuluk Sunrise of Java ini menjadi rujukan wisatawan lokal maupun mancanegara.

Menurut data Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) setempat, rata-rata 2 hingga 3 juta wisatawan mudik ke Banyuwangi setiap tahun.

Namun, keadaan Banyuwangi tidak bisa hanya dilihat dari sisi keindahan alamnya saja. Ada satu hal di balik ini yang harus diketahui dan diwaspadai oleh orang-orang yang tinggal di sekitarnya.

Satu hal adalah potensi bencana yang luar biasa dalam kaitannya dengan keindahan alamnya. Harus jelas bahwa keindahan alam dan potensi bencana seperti dua sisi mata uang yang tidak dapat dipisahkan.

“Alam yang indah muncul karena faktor geologis. Jadi satu paket. Secara geologis, Banyuwangi adalah jendela bencana. Jadi semua potensi bencana ada di sini,” kata Abdillah Baraas, Ketua Harian Geopark Ijen, Rabu (19/10/2022). ).

Menurut Abdillah Baraas, bencana alam merupakan siklus yang bisa berulang setiap saat. Berbagai potensi bencana di Banyuwangi antara lain letusan gunung berapi, gempa bumi, tsunami, likuifaksi hingga bencana hidrometeorologi.

Setelah memprediksi tanggal kiamat, pria ini mengatakan bahwa akan ada banyak bencana dalam 7 tahun ke depan.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button