Bagian dari sejarah untuk kebaikan rakyat • Radar Jogja - WisataHits
Yogyakarta

Bagian dari sejarah untuk kebaikan rakyat • Radar Jogja

RADAR JOGJA – Kekayaan alam Desa Candirejo di kawasan Kapanewon-Semanu memiliki potensi untuk dikembangkan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Daerah tersebut memiliki berbagai potensi wisata. Termasuk bagian dari kisah Gunungkidul.

Diketahui bahwa Desa Candirejo merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari periodisasi sejarah Kabupaten Gunungkidul. Menyelamatkan cagar budaya dan cagar budaya. Karena pertimbangan wilayah geografis, Pemerintah Kabupaten Gunungkidul menerapkan penataan wilayah, yang kemudian dilaksanakan dengan pemekaran wilayah. Saat ini Desa Candirejo terdiri dari 20 dusun.

Kepala Desa Candirejo Renik Warisman mengatakan, baru-baru ini dalam rangka Hari Pariwisata Internasional, Desa Wisata Candirejo dibuka oleh Bupati Gunungkidul Sunaryanta. Candirejo memiliki potensi sumber daya manusia, atraksi budaya, potensi alam dan potensi ekonomi.
“Tujuan optimalisasi potensi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan meningkatkan potensi desa,” kata Renik Warisman saat dihubungi, Senin (7/10).

Menurutnya, Kalurahan Candirejo memiliki 7 danau, 22 UKM potensial dan banyak tempat wisata edukasi. Salah satu wisata danau yang sudah memiliki Pokdarwis Danau Nangsri yang kokoh. Kemudian Pokdarwis Tirta Kencana juga memiliki berbagai prestasi dan selalu menjadi juara pertama dalam kompetisi Pokdarwis tingkat kabupaten selama dua tahun berturut-turut.” “Semua pemangku kepentingan pariwisata kebanyakan adalah anak muda. Semangat tim luar biasa,” katanya.

Namun, pengembangan potensi saat ini sedang lebih diintensifkan. Dari segi pariwisata, ada paket wisata alam berupa gua dan perkebunan. Kemudian paket atraksi wisata seperti workshop kerajinan tangan dan tenun, atau eksplorasi budaya di Desa Wisata Kahiyang.”Kami juga memiliki paket camping, kuliner dan jeep adventure,” ujarnya.

Dalam rangka mendukung pengembangan pariwisata, pihaknya tidak hanya gencar bekerja di media sosial, namun juga menjalin kerja sama dengan instansi, asosiasi perjalanan wisata dan komunitas desa wisata. Usaha Kecil Menengah (UMKM) “Konsep wisata edukasinya,” ujarnya.

Arif Aldian, Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul, mengatakan Desa Wisata Candirejo, Kalurahan Semanu memiliki banyak destinasi wisata unggulan yang sedang dikembangkan Pemkot. “Salah satunya Danau Nangsri yang airnya tidak pernah surut,” kata Arif Aldian. (Pistol/Pra)

Source: radarjogja.jawapos.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button