Aturan genap-ganjil berlaku setiap akhir pekan dalam perjalanan ke atas - WisataHits
Jawa Barat

Aturan genap-ganjil berlaku setiap akhir pekan dalam perjalanan ke atas

Jakarta (pilar.id) – Kawasan wisata Puncak di Kabupaten Bogor dan Cianjur masih menjadi tujuan wisata populer. Khususnya bagi wisatawan di Jakarta dan sekitarnya.

Kondisi ini menyebabkan peningkatan lalu lintas kendaraan di sepanjang jalur Puncak-Cianjur Jawa Barat setiap akhir pekan. Untuk mencegah kemacetan, Polres Cianjur memberlakukan aturan genap ganjil.

Aturan lalu lintas berlaku setiap akhir pekan pada rute menuju kawasan Puncak Bogor. Ini akan memungkinkan dia untuk memecah konvoi kendaraan dengan kecepatan goyah di tempat-tempat di mana ada risiko kemacetan lalu lintas.

Hal itu dibenarkan oleh Kepala Satlantas Turjawali Polres Cianjur, Ipda Akhmad Afandi. Bahkan, sejak Sabtu hingga Minggu (30/10/2022) sore, masih terjadi kemacetan di beberapa tempat dan peningkatan volume kendaraan di jalur menuju Puncak.

“Antrian kendaraan bisa dilihat di Tol Pacet-Cipanas, Tol Cipana, Pertigaan Cibodas dan Pertigaan Hanjawar. Sejumlah intervensi rekayasa arus dilakukan oleh para penghambat lalu lintas,” kata Akhmad Afandi.

Ia menjelaskan, setiap akhir pekan sistem ganjil genap masih berlaku karena setiap akhir pekan volume kendaraan yang menuju atau dari Puncak meningkat dengan destinasi wisata seperti Savilage, Kebun Raya Cibodas, Taman Bunga Nusantara dan Kota Bunga.

Kendaraan dengan nomor polisi yang tidak sesuai diinstruksikan untuk mengambil jalur alternatif Jonggol atau Sukabumi karena tidak dapat melintasi jalur Puncak-Cianjur. Kendaraan besar seperti bus dan truk juga tidak boleh lewat pada hari libur bank akhir pekan untuk menghindari kemacetan total.

“Selain itu, kami masih menerapkan sistem satu arah ketika ada antrean panjang kendaraan, terutama satu arah ke Puncak di pagi hari atau sebaliknya satu arah ke Bogor di malam hari,” katanya.

Ia juga mengimbau kepada pengguna jalan yang melintasi jalur Puncak hingga Cianjur untuk selalu berhati-hati dan waspada saat melintasi jalur yang berisiko longsor dan pohon tumbang, karena banyak pohon besar dan dewasa mudah tumbang, terutama saat hujan lebat disertai angin kencang.

“Termasuk jalur ini rawan longsor dari kawasan Puncak hingga Tol Cugenang-Cianjur. Untuk pohon besar yang cenderung tumbang ke Jalan Raya Bandung-Cianjur dari kawasan Puncak,” ujarnya juga. (gemuk)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button