Asyiknya belajar sambil berwisata di kebun agrowisata Pak Inggih Gresik - WisataHits
Jawa Timur

Asyiknya belajar sambil berwisata di kebun agrowisata Pak Inggih Gresik

WAKTU INDONESIA, GRESIK – Pelajaran belajar tidak hanya di dalam kelas. Di Gresik, beberapa siswa SD swasta memilih destinasi agrowisata Pak Inggih untuk belajar di luar kelas.

Terletak di Desa Sekapuk Ujungpangkah, wisata ini menawarkan pengalaman bercocok tanam, memberi makan ternak, merawat tanaman dan belajar tentang berbagai pohon buah-buahan.

Farikha, Wakil Ketua Bidang Kesiswaan SD Muhammadiyah 2 GKB Gresik, mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu upaya sekolah untuk melaksanakan pembelajaran yang dilakukan di dalam kelas.

“Kegiatannya antara lain pengenalan pohon buah-buahan, perawatannya, belajar menanam, makan kambing dan kelinci serta outbond, total peserta kelas satu sebanyak 108 orang,” ujarnya, Selasa (23/822).

Alasan memilih KPI Wisata, tambah Farikha, di sini mahasiswa bisa belajar tentang alam sekitar yang indah. Para siswa juga mendapat pengalaman menarik.

“Bagaimana anak-anak bisa belajar kearifan lokal pariwisata di Gresik saat ini. Tentunya anak-anak bisa mendapatkan pengalaman yang berharga,” tambahnya.

Agrowisata-2.jpgSiswa belajar di luar kelas di Kebun Agrowisata Pak Inggih Gresik (Foto: Akmal/TIMES Indonesia).

Sementara itu, Manajemen KPI Sekapuk, Sekar Dwi Cahyani, menyatakan wisata yang dipimpinnya memang cocok untuk destinasi wisata. Terutama wisata edukasi.

Di KPI Wisata, tambah Sekar, dilengkapi dengan 17 unit rumah adat, puluhan titik foto, serta berbagai jenis pohon rindang dan produksi. Sebanyak ratusan spesies pohon.

“Di sini Anda bisa belajar berbagai macam pendidikan, mulai dari bertani, beternak, dan memancing. Anda juga bisa melihat berbagai gubuk dengan model rumah tradisional Indonesia,” ujarnya.

Meski baru dibuka pada Februari 2022, pengunjung datang dari berbagai daerah, antara lain Lamongan, Sidoarjo, dan Surabaya. Mereka juga sering melakukan kegiatan belajar sambil jalan-jalan.

“Biasanya mereka menggunakan paket wisata edukasi,” tambah tim pengelola agrowisata Pak Inggih Gresik usai mendampingi siswa dalam wisata edukasi.

**)

Dapatkan update informasi harian terpilih dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Suka, klik tautan ini dan bergabung. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: www.timesindonesia.co.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button