Arti dan Perbedaan Hotel, resort, suite, hostel dan dormitory, budget hotel dan hostel, guesthouse, villa dan hostel - WisataHits
wisatahits

Arti dan Perbedaan Hotel, resort, suite, hostel dan dormitory, budget hotel dan hostel, guesthouse, villa dan hostel

Perbedaan hotel, suite, villa, dll. – Ketika saya sedang berlibur, saya melihat sebuah bangunan beberapa kali yang mengatakan “Hotel”, “hotel & resor”, “hotel dan suite”sampai “hotel melati”.

Itu cukup membuat saya penasaran dengan arti dari deskripsi “resor” dan sejenisnya, karena di mata orang awam seperti saya, tempat menginap adalah hotel.

Dan setelah mencari tahu lebih lanjut, ternyata ada beberapa jenis hostel. Sungguh, apa bedanya? Pada dasarnya, yang membedakan semua jenis akomodasi adalah fitur atau fasilitas yang ditawarkan.

Nah, pada artikel kali ini saya akan mencoba membagikan gambaran mengenai ciri-ciri masing-masing jenis akomodasi berdasarkan yang saya ketahui agar Anda tidak salah dalam memilih tempat menginap. Yuk langsung ke teepee! ️

Hotel

Hotel Hotel Batu Keras

Hotel paling dikenal masyarakat sebagai tempat menginap dengan fasilitas yang sedikit mewah atau bahkan sangat mewah. Tentu saja, “produk” utama hotel adalah tempat menginap.

Umumnya hotel memiliki bangunan yang besar dengan jumlah kamar yang banyak, tergantung dari kelas hotel itu sendiri. Semakin tinggi kelasnya maka semakin tinggi pula kualitas fasilitas yang dimilikinya, yang juga akan mempengaruhi harga menginap di hotel tersebut.

Selain tempat menginap, hotel juga menyediakan kebutuhan lain yang dikelola secara komersial, termasuk makanan dan minuman. Maka tak heran jika kita bisa menemukan tempat makan di area hotel.

Beberapa hotel memiliki fasilitas tambahan untuk keperluan tertentu. Misalnya, ruang rapat berkapasitas kecil, hingga ruang dansa biasa digunakan untuk acara/event hingga ribuan orang.

Ada juga hotel yang menawarkan jasa sewa kamar dalam waktu singkat yang biasa disebut hotel transit. Hotel transit biasanya berada di area sekitar bandara atau stasiun kereta api yang fungsinya tentu saja untuk menampung pelanggan yang mungkin sedang transit dan ingin beristirahat sejenak.

Resor tepi laut

Resor tepi lautResor tepi laut

Hotel resor pada dasarnya sebuah hotel, tetapi dengan beberapa fasilitas tambahan dengan nuansa ‘rekreasi’. Soalnya, hotel resort biasanya punya tempat nongkrong, seperti pada gambar di atas.

Oleh karena itu, hotel resort biasanya terdapat di daerah yang dekat dengan tempat wisata atau di daerah dengan pemandangan alam yang indah. Pernah dengar istilah “pantai pribadi” alias pantai pribadi? Nah, ini adalah bagian dari fasilitas yang ditawarkan hotel resort.

Sekuel

SekuelSekuel

Yang ini beda lagi. Suite dapat dikatakan sebagai kelas kamar (atau kamar sebagai akomodasi) yang lebih besar dari kamar hotel biasa.

Jika kamar hotel hanya terdiri dari satu kamar, suite ini biasanya memiliki lebih dari satu kamar yang biasanya memiliki kamar terpisah dari kamar yang terlihat seperti ruang keluarga. Dan tentunya harganya juga tidak main-main kalau yang ini ️

Asrama & Asrama

Asrama & Asrama Asrama dan asrama melalui Hostelworld

Nah, yang satu ini pasti jadi andalan para backpacker. Pada dasarnya, asrama dan asrama adalah sama, atau begitulah kata Wikipedia bahasa Inggris. Asrama ini sangat mirip dengan asrama (dormitory), dimana dalam satu kamar seseorang akan tidur dengan beberapa orang lainnya dan biasanya akan menggunakan ranjang susun seperti pada foto diatas.

Oleh karena itu, harga sewa untuk bisa menginap di sini juga sangat terjangkau. Kelemahannya, tentu saja, adalah kurangnya privasi.

Hotel dan hostel murah

Hotel dan hostel murahHotel dan hostel murah

Berbeda dengan hotel-hotel yang disebutkan di atas, hotel melati atau yang sering disebut dengan hostel merupakan akomodasi dengan apa adanya. Sebenarnya tidak seperti itu, karena ada juga hotel melati yang menawarkan fasilitas seperti AC dan televisi.

Hotel versi murah ini biasanya juga menjadi andalan para backpacker jika ragu untuk menginap di hostel. Jika Anda masih bingung, hotel di Jasmin ini terlihat seperti “kost” yang disewakan hari demi hari.

Rumah tamu

Rumah tamuRumah tamu

Seperti namanya, guest house dalam bahasa Indonesia berarti “guest house”. Ya, hostel ini sebenarnya adalah rumah pribadi, yang kemudian disewakan kamar/kamar untuk menampung tamu yang ingin menginap.

Biasanya pemilik guest house juga tinggal di rumah yang sama, di ruangan yang berbeda tentunya. Beberapa guesthouse memiliki kamar yang mirip dengan hostel. Namun ada juga yang memiliki kamar seperti hotel.

Beberapa tamu memilih untuk menginap di wisma karena suasana tempat tinggal yang mirip dengan rumah. Alasan lain biasanya makanan yang disajikan di sini akan lebih mengesankan Buatan rumah (untungnya kalau disediakan tanpa biaya tambahan), kebersihan tetap terjaga, dan tentunya harganya lebih terjangkau dari hotel.

Vila

VilaVila

Villa sebenarnya adalah sebuah bangunan tempat tinggal dengan ukuran yang cukup besar hingga sangat besar yang disewakan sebagai tempat tinggal.

Berbeda dengan rumah biasa, vila memiliki konsep “rekreasi” dan umumnya memiliki kolam renang. Beberapa vila terkadang juga dilengkapi dengan gazebo. Biasanya lokasi villa ini agak jauh dari jalan utama yang menjadi sumber kebisingan/keramaian.

Villa sering ditemukan dekat dengan objek wisata alam, baik itu pantai, pegunungan atau dataran tinggi. Villa ini juga sangat cocok untuk anda yang memutuskan untuk menghabiskan liburan yang sibuk bersama teman-teman.

asrama

Hostel melalui AgodaMadinah Inn melalui Agoda

Inn sebenarnya adalah kata bahasa Inggris untuk “inn”. Di Indonesia sepertinya konsep hostel masih jarang ditemukan sebagaimana mestinya, dan disini biasanya lebih ke hostel.

Bisa dibilang hostel adalah hotel versi mini (dengan jumlah kamar terbatas dan tentunya lebih murah) karena menawarkan fasilitas seperti restoran dan room service. Apakah Anda pernah bermain game? “Bulan panen” di PS? bermain di penginapan Annedisana anda bisa melihat konsep hostel yang saya maksud.

Penutupan

Bagaimana? Bisakah Anda bayangkan perbedaannya? Namun untuk saat ini, banyak sekali tempat menginap yang seolah kehilangan “identitas”nya, terutama untuk akomodasi yang terjangkau.

seseorang dipanggil “Hotel” bahkan jika itu lebih seperti “asrama” (atau sebaliknya), dengan berbagai kesamaan yang membuat garis pemisah di antara mereka semua semakin kabur.

Ngomong-ngomong, koreksi saya jika saya salah. Silahkan explore Wisataseru.com untuk informasi menarik lainnya. Bisa bermanfaat!

* Tulisan Mas Pandu

Baca juga: Alasan pertanyaan seberapa penting mematikan ponsel di pesawat terbang

Source: tempatwisataseru.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button