Dicky, Pebalap ISSI Kendal Sukses Raih Podium I di Ajang “Kendal Enduro 2022” - Halo Semarang - WisataHits
Jawa Tengah

Dicky, Pebalap ISSI Kendal Sukses Raih Podium I di Ajang “Kendal Enduro 2022” – Halo Semarang

HALO KENDAL- Pebalap Konfederasi Sepeda Indonesia (ISSI) Kendal Dicky Farhan Mauludin merebut juara kelas Elite Putra pada ajang Kendal Enduro 2022 di Banaran Sukorejo, Kabupaten Kendal, Sabtu-Minggu (12-13/11/2022).

Dicky berhasil melewati lima special stage (SS) dengan jarak yang cukup jauh dan finis dengan total waktu 9 menit 24 detik. Dia senang memenangkan acara tersebut dan berbagi tantangan yang dia hadapi.

Dijelaskan bahwa SS pertama adalah Danau Banaran yang konturnya berupa daratan yang sedikit menembus hutan, kemudian danau sepanjang 1,1 kilometer. Etape khusus kedua sepanjang 1,4 kilometer, etape khusus ketiga sepanjang 1,1 kilometer dan etape khusus keempat sepanjang sekitar 1,5 hingga 1,6 kilometer.

Sedangkan untuk etape khusus kelima bersifat urban, yaitu pengemudi diberikan jalur mengemudi di desa-desa warga, memasuki gang-gang dan teras rumah warga serta tiba di lokasi acara.

“Hal yang paling sulit adalah mengemudi melalui etape khusus tiga dan empat. Karena SS sangat melelahkan. Alhamdulillah saya bisa melewati itu semua dan menang,” kata Dicky kepada tim media.

Ketua Komisi ISSI Kendal Munawir bersyukur para atletnya mampu meraih podium pertama dan menjuarai kelas Men Elite di Kendal Enduro 2022. Munawir mengatakan salah satu tujuan digelarnya event Kendal Enduro 2022 perdana ini adalah untuk meningkatkan potensi wisata di Kendal.

“Selain meningkatkan kecintaan bersepeda dan mencari bibit pesepeda nasional, kegiatan ini bertujuan untuk menarik perhatian masyarakat, baik nasional maupun internasional, terhadap potensi wisata yang luar biasa di Kendal dan produk unggulan UMKM lokal,” kata ketua Komite A DPRD Kendal.

Munawir juga menjelaskan acara Kendal Enduro yang diadakan di area perkebunan cengkeh PT Selokaton dan di perkebunan milik warga serta di kampung warga juga diisi dengan berbagai kegiatan.

“Mulai dari memberikan bakti sosial dengan menyalurkan bantuan sembako kepada anak yatim piatu, janda tua dan fakir miskin, hingga membantu Baznas Kebangsaan Kendal dan saya sendiri membangun mushola. Juga mendistribusikan bantuan banjir di Trenggalek, Jawa Timur. Kami juga mempersilakan UKM Kendal untuk membuka stand pada acara tersebut dan juga akan menghibur masyarakat dengan kesenian tradisional dan modern,” ujar Munawir.

Ditambahkannya, event Kendal Enduro 2022 di luar dugaan menarik 221 atlet yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. “221 pebalap dari berbagai daerah di Indonesia akan mengikuti event Kendal Enduro 2022. Ada pengendara dari Jabar, Jateng, Jatim, DKI Jakarta, Kalimantan, Riau atau Batam, Ambon dan daerah lain yang sudah mendaftar,” jelas Munawir.

Sementara itu, Bupati Kendal Dico M Ganinduto mengatakan ajang Kendal Enduro Challenge Piala Bupati 2022 menunjukkan bahwa Kabupaten Kendal siap menggelar event tingkat provinsi dan nasional.

“Bisa dibilang ini adalah kompetisi tingkat nasional. Menurut saya kemauan acara, penyelenggara dan konsep acaranya bagus. Dan tentunya dengan diadakannya event sport tourism seperti ini juga akan berdampak pada branding Kabupaten Kendal,” ujarnya.

Selain itu, menurut Dico, acara seperti ini dapat berdampak pada pemangku kepentingan UMKM dan bermanfaat bagi masyarakat penerima bansos.

“Alhamdulillah atlet-atlet kita menang, itu sangat membanggakan. Jadi potensinya bagus. Dan kalau mereka berprestasi di tingkat provinsi atau nasional, saya kasih apresiasi,” ucapnya.(HS)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button