Pendakian Gunung Lawu via Cemoro Sewu Ditutup! - WisataHits
Jawa Tengah

Pendakian Gunung Lawu via Cemoro Sewu Ditutup!

jakarta

Pengelola Gunung Lawu telah menutup jalur pendakian via Cemoro Sewu. Namun, rute lain masih terbuka.

Dilihat dari akun Instagram komunitas Giri Lawu Paguyuban, penutupan tersebut berlaku mulai hari ini. Alasan utama penutupan adalah cuaca ekstrem, yang dapat membahayakan pendaki.

“Trek Lawu jalur Cemoro-Sewu yang dimulai pada 24 Oktober 2022 akan ditutup tanpa batas waktu karena cuaca buruk,” kata pgl_cemorosewu kepada detikTravel, Senin (24/10/2022).

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

[Gambas:Instagram]

Sementara itu, menurut Instagram Lawumountain, status pendakian dibuka hingga saat ini. Perlu diketahui bahwa jalur pendakian Gunung Lawu terletak di dua provinsi yang berbeda yaitu Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Seperti diberitakan sebelumnya, Gunung Lawu masih terbuka untuk hiking meski cuaca ekstrem belakangan ini. Selain itu, wisata non-pendakian pun tetap melayani wisatawan.

Cuaca ekstrem tidak menutup jalur pendakian Gunung Lawu. Pengelola tidak menutup jalur dan tetap terbuka untuk pengunjung, meskipun banyak jalur di area lain ditutup.

“Tetap buka, tidak ada penutupan,” kata Kapolsek Plaosan AKP Joko Yuhono saat dikonfirmasi detikJatim, Jumat (14/10/2022).

Tidak hanya jalur pendakian, kata Joko, tempat wisata di Air Terjun Tirtosari di Sarangan juga sudah dibuka. Meski pernah terjadi insiden jatuhnya batu akibat longsor pada Juli lalu.

“Benar masih buka, belum ada penutupan wisata air terjun Tirtosari di Sarangan oleh manajemen Perhutani,” kata Joko.

Joko mengatakan, pengunjung dihimbau untuk waspada jika berencana mendaki. Termasuk wisata air terjun Tirtosari di Sarangan mengingat cuaca masih ekstrim berdasarkan peringatan BMKG.

“Kami menghimbau kepada pengunjung agar waspada, baik dalam mendaki puncak Gunung Lawu maupun dalam berwisata ke Air Terjun Tirtosari. Mengingat adanya peringatan cuaca ekstrim dari BMKG,” ujarnya.

Saksikan video “Penampakan awan memakai topi di puncak Gunung Lawu”.
[Gambas:Video 20detik]
(mis./ddn)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button