Apa yang membuat Solo terkenal? Ayo, cari tahu! - WisataHits
Jawa Timur

Apa yang membuat Solo terkenal? Ayo, cari tahu!

Masakan Surakarta yang Terkenal di Solo Foto oleh Prabu Panji di Unsplash Yang Terkenal di Solo Kota Surakarta atau lebih dikenal dengan nama Solo merupakan salah satu kota di Jawa Tengah. Jumlah penduduk di Solo disebut-sebut terbesar ketiga di antara wilayah selatan lainnya seperti Bandung dan Malang.

Dikutip dari situs dprd.surakarta.go.id, Solo terletak di dataran rendah dengan ketinggian 105 m dan luas 44,1 km2. Nama Surakarta sendiri berasal dari bahasa Jawa.

Sura adalah keberanian dan karta adalah kemakmuran. Dengan nama tersebut, diharapkan Surakarta menjadi tempat warganya selalu berani memperjuangkan kebaikan dan kemakmuran bangsa dan negara.

Apa yang membuat Solo terkenal?

Pasar Gede Surakarta, foto oleh Raihan Firdaus di Unsplash

Jika Anda memiliki pertanyaan apa yang terkenal di Solo. Hal inilah yang membuat banyak wisatawan datang kembali ke Solo.

1. Makan Tradisional Solo

Salah satu alasan banyak wisatawan datang ke Solo adalah banyaknya tempat wisata, termasuk makanan.

Sebut saja Selat Solo, Solo Timlo, Cabuk Rambak, Nasi Liwet Solo, Serabi, Lenjongan, dan Sate Bommel, berbahan dasar daging kambing giling yang dibalut lemak lalu dibakar.

2. Tempat Wisata Asli

Ada juga banyak tempat wisata otentik di Solo. Seperti Keraton Surakarta, Taman Balekambang, Ngarsopuro, Keraton Mangkunegaran dan Loji Gandrung.

Dikutip dari situs indonesia.go.idLoji Gandrung merupakan bangunan tua kolonial Belanda yang arsiteknya merupakan campuran budaya Eropa dan Jawa, sehingga menghasilkan gaya India.

3. Lengkapi museumnya sendiri

Bicara soal yang terkenal di Solo, museumnya juga cukup lengkap. Sebut saja Museum Radya Pustaka, Museum Keris Nusantara, Museum Lokananta, Museum Bank Indonesia, dan Museum RRI.

Selain itu, ada pula Museum Samanhudi Solo yang menyimpan banyak cerita tentang kehidupan KH Samanhudi yang dulunya terkenal sebagai saudagar yang baik dan tokoh dalam Persatuan Islam.

4. Traveling itu menyenangkan dan murah

Solo juga terkenal menyajikan tempat wisata yang seru, makanannya juga enak dan murah. Misalnya Solostrasse.

Untuk menikmati seporsi selat Solo dengan kentang goreng, telur pindang, wortel, selada, tomat dan lalapan enak lainnya, harganya hanya Rp 15.000.

Demikian informasi mengenai apa saja yang terkenal di Solo, Jawa Tengah. Jadi sekarang udah gak bingung lagi, mau buat apa aja di Solo? (sekarang)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button