Ayo donor darah! Stok darah O dan A TC di PMI Boyolali hari ini kosong - Solopos.com - WisataHits
Jawa Tengah

Ayo donor darah! Stok darah O dan A TC di PMI Boyolali hari ini kosong – Solopos.com

SOLOPOS.COM – Ikon PMI Boyolali. (Khusus/PMI Boyolali).

Solopos.com, BOYOLALI — Stok darah di Palang Merah Indonesia (PMI) Boyolali hari ini, Rabu (10.11.2022) pukul 06.00 WIB merupakan pos O dan A (konsentrat trombosit atau trombosit) TC.

Golongan darah O TC dan A TC hanya nol atau kosong sejak Rabu pagi. Data tersebut diunggah ke halaman Instagram resmi @pmiboyolali, pada Rabu sore pukul 13.30 WIB.

Daihatsu Rocky Promotion, Harga Mobil Rp 200 Juta Jadi Hanya Rp 99.000

Data stok darah lainnya di PMI Boyolali adalah sebagai berikut:

Golongan darah berdarah murni atau hitung darah lengkap (WB) dikurangi delapan menjadi hanya 2 kantong, sel darah merah yang dikemas atau sel darah merah (PRC) berkurang menjadi 9 kantong dan TC kosong atau nol kantong.

Sedangkan golongan darah B WB juga menurun menjadi 16 kantung, PRC meningkat menjadi 44 kantung dan TC hanya 1 kantung.

Baca Juga: Bulan Ramadhan, Suplai Darah PMI Karanganyar Turun 50%

Selain itu, golongan darah O WB berkurang 30 kantung dari sebelumnya 19 kantung, PRC meningkat menjadi 63 kantung, dan TC nol kantung. Terakhir, ada delapan kantong golongan darah AB WB, 14 kantong RRC dan satu kantong TC.

Dilaporkan PMI terkait stok darah di PMI Boyolali berdarah murni merupakan bahan baku untuk mengolah darah, yang menjadi komponen darah lainnya. WB ini digunakan untuk transfusi tanpa proses lebih lanjut kecuali diperlukan.

Selain itu, WB juga digunakan untuk orang yang mengalami kecelakaan dimana ia kehilangan banyak darah. Saat ini, bagaimanapun, penggunaan WB terbatas karena transfusi darah lengkap diberikan kepada pasien dengan perdarahan akut.

Kemudian dosis yang diberikan harus didasarkan pada kondisi klinis pasien, perkiraan kehilangan darah dan tindakan lain yang diambil untuk menjaga stabilitas hemodinamik.

Sedangkan RRC mengandung protein yaitu hemoglobin. Hemoglobin adalah protein yang berasal dari sel darah merah dan berperan sebagai pengangkut makanan.

Baca Juga: Donor Darah Harian Jogja Berhasil Kumpulkan 56 Kantong

Orang dengan Hb rendah atau anemia biasanya menerima transfusi darah RRC.

Akhirnya, TC adalah komponen darah yang mengandung trombosit. Trombosit memiliki fungsi menghentikan pendarahan dan berperan dalam pembekuan darah.

Orang yang menerima transfusi TC biasanya orang yang memiliki trombositopenia (jumlah trombosit darah rendah), seperti yang berhubungan dengan demam berdarah dan penyakit menular yang disebabkan oleh virus.

Masih berdasarkan deskripsi Instagram @pmiboyolali Dengan adanya bank darah PMI Boyolali, donor darah dapat dilakukan dalam empat langkah.

Langkah pertama adalah melengkapi pendaftaran dan mengisi formulir donatur. Pada langkah kedua, kesehatan pendonor diperiksa. Langkah keempat adalah mendonorkan darah. Langkah kelima adalah istirahat sejenak dan menikmati menu donor sebelum pulang.

Baca Juga: PMI SEMARANG: Ini Ketersediaan Darah Saat Libur Akhir Tahun…

PMI Boyolali juga menyampaikan bahwa layanan donor darah dan darah buka 24 jam sehari di kantor PMI Boyolali. Layanan donor darah keliling hari ini direncanakan di Sukmadesi, Kecamatan Ampel, Boyolali.

Pelayanan donor darah di Boyolali dapat dilakukan di kantor PMI Boyolali atau dengan menghubungi 087077922341. Pelayanan donor darah dapat dilakukan 24 jam sehari di UTD PMI Boyolali atau dengan menghubungi 081392242808.

Selain itu, PMI Boyolali melayani poli umum dan gigi setiap Senin hingga Sabtu, terbagi menjadi dua jadwal pagi dan sore. Jam buka mulai pukul 08.00 WIB hingga 11.00 WIB. Sedangkan jam buka sore hari mulai pukul 17.00 WIB hingga pukul 20.00 WIB.

PMI Boyolali juga melayani Posko Bencana dan Ambulans 24 jam di nomor telepon kantor 0276 321104. Alamat PMI Boyolali adalah Jl Randu Asri, Ngebong, Boyolali.

Masyarakat yang merasa sehat dan memenuhi syarat pendonor dianjurkan untuk mendonorkan darahnya untuk menjaga suplai darah di PMI Boyolali.

Baca Juga: Penyebaran PMR untuk Promosikan COVID-19 di Sukoharjo

Source: www.solopos.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button