Air Terjun Sewawar Sedinding, Dua Keindahan di Karanganyar - WisataHits
Jawa Tengah

Air Terjun Sewawar Sedinding, Dua Keindahan di Karanganyar

Air Terjun Sewawar Sedinding merupakan salah satu objek wisata di Kabupaten Karanganyar, dengan panorama air terjun yang megah dan indah di tempat yang tersembunyi.

Lokasinya yang masih tersembunyi dan berada di tengah keindahan alam yang asri, membuat suasana di sekitarnya tampak tenang. Yang bisa didengar hanyalah suara air terjun yang jatuh ke kolam di bawahnya.

Kondisi Air Terjun Sewawar Sewall saat ini berbeda dengan saat pertama kali dibuka pada tahun 2016, sekarang lebih sepi dan tidak banyak orang yang datang bahkan di akhir pekan.

Air Terjun SewawarAir Terjun Sewawar. Peta Google. Sumber: safitri ayu

lihat juga: lokasi sangkar batu

Entah karena aksesnya yang cukup jauh dari tempat parkir mobil, atau mungkin karena fasilitas wisata yang masih minim. Namun, bagi penyuka air terjun pasti tidak akan bisa melupakan keindahan air terjun yang tersembunyi ini.

Berikut ulasan Air Terjun Sewawar Sewall sebagai referensi wisata alam anti mainstream untuk sobat semua.

Lokasi Air Terjun Sewawar Sedinding

Lokasi Air Terjun Sewawar Sewall berada di alamat Desa Trengguli, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Air Terjun Sewawar Sewall cukup jauh dari pusat kota Karanganyar, jalur yang bisa anda ambil adalah di Jl. Mataram, arahkan ke Jl. Lawu.

Kemudian lanjutkan perjalanan hingga sampai di Jl. Tiba Karangpandan-Mojogedang. Belok kiri ke Jl. Blora lalu belok kanan menuju Karangpandan.

Berfoto di depan air terjunBerfoto di depan air terjun. Google Maps. Sumber: djoe rinjani

lihat juga: museum manusia purba gugusan dayu

Jalan masuknya tidak begitu besar, jadi sebaiknya hanya menggunakan sepeda motor. Meski letaknya tersembunyi, namun sudah banyak petunjuk arah menuju Air Terjun Sewawar Sewall.

Jam buka Air Terjun Sewall Sewawar

  • Jam buka Air Terjun Sewawar Sedinding adalah 24 jam sehari, 7 hari seminggu

Waktu terbaik untuk mengunjungi air terjun ini adalah pada pagi hari

Harga Tiket Masuk Air Terjun Sedinding Sewawar

Tiket masuk Air Terjun Sewawar Sedinding sangat murah hanya Rp 5.000 per orang saja dengan tambahan biaya parkir Rp 2.000

sudah terlihat dari jauhdilihat dari jauh. Peta Google. Sumber: Dedi Pratama

baca juga : grojogan sewu

Fasilitas air terjun Sewawar Sedinging

Fasilitas yang ada di sekitar Air Terjun Sedinding Sewawar kurang memadai, hanya terdapat warung-warung dasar, toilet dan tempat parkir di sekitar Air Terjun Sedinding Sewawar.

Ada jembatan bambu tidak jauh dari Air Terjun Sewawar yang biasa digunakan pengunjung untuk berfoto.

Daya Tarik Air Terjun Sedinding Sewawar

1. Dua air terjun

Sebenarnya Air Terjun Sewawar Sewall adalah dua air terjun yaitu Air Terjun Sewawar dan Air Terjun Sewall. Lokasi air terjun Sewall sangat dekat dengan tempat parkir mobil.

Air Terjun Sewall memiliki aliran air yang cukup deras, dengan air yang langsung jatuh. Kondisi kolam tidak begitu luas, begitu pula dengan area di sekitarnya. Hingga terkesan sepi dan jarang dikunjungi.

air terjun sidangAir Terjun Sidandang. Peta Google. Sumber: Setyo Hadi Antonius

lihat juga: danau madirda

2. Air Terjun Sewawar

Air Terjun Sewawar menjadi primadona, dengan bentuk yang sangat indah dan luas. Perairan yang landai terlihat sangat menarik, terutama saat kondisinya sulit.

Aliran Air Terjun Sewawar Sedinding sangat dipengaruhi oleh musim, jadi pastikan Anda datang di waktu yang tepat untuk merasakan keindahan air terjun yang satu ini. Ketinggian Air Terjun Sewawar sekitar 40 meter dan sudah bisa dilihat di jalur yang akan Anda tempuh.

Di sekitar Air Terjun Sewawar terdapat kolam alami yang bisa digunakan sebagai taman bermain air. Saat kondisi tidak parah, kedalaman kolam menjadi dangkal.

Kondisinya yang masih sangat alami menjadi daya tarik tersendiri. Di sekeliling Anda masih bisa melihat pepohonan yang rindang dan udara yang sejuk.

Trekking yang harus dilaluiTrekking yang harus dilalui. Google Maps. Sumber: Sri Romdhoni Warta Kuncoro

Lihat juga: Bukit Sekipan Tawangmangu

3. Jejak trekking

Trekking terkadang menjadi daya tarik tersendiri, akses menuju Air Terjun Sewawar Sedinding hanya bisa dilakukan dengan berjalan kaki. Kondisi jalan masih berupa tanah merah, sehingga harus berhati-hati jika datang saat hari hujan.

Jalur trekkingnya juga tidak begitu lebar dan tidak ada pengamanan, hanya ada deretan ban bekas sebagai tanda batas aman. Sebaiknya gunakan sepatu yang nyaman dan tidak licin, serta bawalah sesuatu di pagi hari agar tidak pulang larut dalam perjalanan.

Karena tidak adanya lampu jalan di sepanjang jalur trekking Air Terjun Sewawar Sedinding, hanya ada pepohonan rindang di kiri dan kanan.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button