Untuk persiapan liburan akhir pekan di pesisir Jakarta, ada Festival Pesona Wisata Pesisir di tahun 2022 - WisataHits
Jawa Timur

Untuk persiapan liburan akhir pekan di pesisir Jakarta, ada Festival Pesona Wisata Pesisir di tahun 2022

TEMPO.CO, jakarta – Pemkot Jakarta Utara menggelar acara yang bisa jadi pilihan di akhir pekan. Acaranya adalah Festival Pesona Wisata Pesisir 2022 yang akan digelar di kawasan Waduk Pluit.

“Festival Pantai merupakan salah satu kegiatan sejarah yang panjang dan dimulai pada tahun 2009. Terakhir kali diadakan di Ancol pada tahun 2018, kemudian dikosongkan. Dan itu akan terjadi lagi pada hari Minggu 2022,” kata Sekretaris Kota Jakarta Utara Abdul Khalit di Jakarta Utara, Selasa, 20 September 2022.

Ada sejumlah kegiatan seru yang bisa diikuti dalam acara yang berlangsung pada Minggu 25 September ini. Mulai dari serangan lumpur dan pembersihan waduk, atraksi perahu naga, pameran, lomba naga, lomba dekorasi kiosHiburan musik, fashion show, bazar produk untuk usaha mikro, kecil dan menengah dan lain-lain.

Agenda tersebut menjadi puncak acara Jakarta Maritime Fest yang digelar setiap akhir pekan September 2022 untuk memperkuat kawasan pesisir Jakarta Utara. Workshop pengolahan ikan digelar di Muara Angke seperti akhir pekan lalu, dihadiri 52 nelayan dan pemangku kepentingan UMKM, serta sosialisasi Uang Baru Tahun 2022 oleh Bank Indonesia di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Angke Interactive di Pluit, Penjaringan.

Ada pula kegiatan budidaya terumbu karang dan penanaman mangrove di Pulau Tidung, Kepulauan Seribu Selatan yang diikuti oleh 77 anggota komunitas pemuda Jakarta dan Kepulauan Seribu. Selain itu, akan ada gowes di utara Minggu ini, yaitu bersepeda bersama dari Jakarta International Stadium (JIS) ke Gerbang Jalasena, Pantai Maju, Jakarta Utara, yang bisa diikuti oleh masyarakat yang terdaftar.

Selain itu, terdapat gerakan lari di sekitar kawasan Pantai Maju di Pantai Indah Kapuk dengan panjang lintasan sekitar lima kilometer. Seluruh potensi wilayah pesisir Jakarta Utara akan dikerahkan untuk mendukung acara kemeriahan di Jakarta Utara pada 25 September mendatang,” kata Khalit.

Semua kegiatan tersebut, kata Khalit, berpeluang menjadi momentum revitalisasi aktivitas masyarakat di wilayah pesisir Jakarta dan Kepulauan Seribu dari sisi ekonomi, olahraga, pariwisata dan budaya pasca pandemi Covid-19. “Mengingat begitu banyak kreasi dan rekreasi berbasis kearifan lokal di wilayah pesisir dan Kepulauan Seribu yang menarik wisatawan untuk berkunjung ke Jakarta,” ujarnya.

Baca juga: Sandiaga Uno tidak lagi meminta catcalling dari turis

Selalu update informasi terbaru. Tonton berita terkini dan berita pilihan dari Tempo.co di saluran Telegram “http://tempo.co/”. klik https://t.me/tempodotcoupdate bergabung. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram.

Source: travel.tempo.co

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button