Air Terjun Semuncar, peringatan hanya untuk anda yang punya nyali! - WisataHits
Jawa Tengah

Air Terjun Semuncar, peringatan hanya untuk anda yang punya nyali!

Air Terjun Semuncar, tempat wisata di Boyolali hanya untuk anda yang bernyali besar. Bisa dibilang wisata Boyolali ini adalah surganya yang tersembunyi.

Lokasinya sangat jauh dari rumah penduduk, apalagi dari keramaian kota yang memusingkan. Hanya ada kamu, alam dan suara air yang menenangkan.

air terjun semincarAir Terjun Semincar. Google Maps. Sumber: Julius Tough

lihat juga: masjid cipto mulyo

Para pemburu keindahan alam pasti sangat bersemangat untuk mengunjungi Air Terjun Semuncar meski medan yang harus dilalui sangat berat.

Biar nggak penasaran, berikut deskripsi Air Terjun Semuncar sebagai bahan referensi mencari tempat wisata yang anti mainstream dan pastinya berkesan di Boyolali, Jawa Tengah.

Objek wisata air terjun Semuncar

Tanpa basa-basi lagi, berikut adalah beberapa tempat wisata Air Terjun Semuncar yang harus Anda ketahui:

1. Trekking yang menuntut

Meski memiliki jalur trekking yang menantang dan berat, namun sebenarnya menjadi daya tarik tersendiri. Khusus untuk yang berjiwa petualang, beginilah rasanya ketika sudah bisa sampai di tempat tujuan.

Perlu diingat bahwa trekking ke Air Terjun Semuncar harus ditemani oleh warga sekitar karena sama sekali tidak ada rambu-rambu penunjuk arah jalan.

hanya untuk anda yang memiliki keberanianhanya untuk anda yang memiliki keberanian. Google Maps. Sumber: Sigit Pramono

lihat juga: museum rhamong wardoyo

Jaraknya sekitar 2 km, untuk perkiraan waktu mungkin berbeda bagi sebagian orang. Ada yang membutuhkan waktu 1 jam, 2 jam atau bahkan lebih lama untuk sampai di Air Terjun Semuncar.

Singkatnya, jalur trekking berikut adalah:

  • kawasan hutan yang lebat,
  • Arus sungai cukup kuat di beberapa bagian perairan,
  • Jalan berbatu licin dan besar,
  • Begitu juga dengan melewati jalan yang naik turun.

Oleh karena itu sangat wajib untuk memakai sepatu yang nyaman dan tidak licin, bahkan di pagi hari. Sehingga matahari memberikan cahayanya saat trekking.

2. Melewati Air Terjun Tempuran

Sebelum mencapai Air Terjun Semuncar, Anda akan melewati sebuah air terjun yang bernama Air Terjun Tempuran. Tempat ini bisa dijadikan sebagai tempat peristirahatan sebelum melanjutkan perjalanan.

air terjun pejuangair terjun pertempuran. Google Maps. Sumber: Zulfan Ahana

lihat juga: Umbul tirtomulyo

3. Surga Tersembunyi

Sungguh surgawi, begitulah gambaran saat sampai di depan air terjun Semuncar. Tebingnya begitu tinggi seolah mendekati langit biru. Untuk menciptakan gradasi warna yang indah.

Air yang jatuh dari ketinggian sekitar 30 meter, suaranya cukup menjadi pusat perhatian. Hembusan angin juga menandakan seberapa tinggi air terjun Semuncar.

Santai adalah kata yang paling dekat yang bisa digambarkan saat Anda berada di Air Terjun Semuncar. Tempat penyembuhan diri yang membuat jiwa lebih sejuk dan rileks.

Kejernihan airnya tidak perlu diragukan lagi, bersih, jernih dan menyegarkan. Ya, tentu saja, orang-orangnya berasal dari mata air pegunungan. Jadi kalian harus ikut menjaga kebersihan di sekitar Air Terjun Semuncar ya agar kejernihannya tetap terjaga setiap saat.

Lokasi air terjun Semuncar

  • Lokasi Air Terjun Semuncar berada di sisi timur Gunung Merbabu.
  • Alamatnya adalah Air Terjun Semuncar di Desa Candisari, Kecamatan Ampel, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

pergi penyembuhan dengan teman-temanHulang penyembuhan dengan teman-teman. Google Maps. Sumber: Sigit Pramono

lihat juga: honigbergtal

Padahal, base camp air terjun Semuncar tidak begitu jauh dari pusat Boyolali, perkiraan waktu kurang dari 1 jam. Rute mengarah ke Jl. Senopati di Jl. kemerdekaan timur.

Kemudian belok kiri ke Jl. Pandanaran, sesampainya di bundaran menginap di Jl. Pandanaran langsung menuju Jl. Raya Boyolali—Semarang. Di seberang pasar lampu lalu lintas, ambil jalan di Warung Makan Bu Riyanti menuju Pantaran.

Jam buka air terjun Semuncar

Meski buka 7 hari seminggu, 24 jam sehari, hindari datang pada sore atau malam hari. Hal ini untuk mencegah malam hari dalam perjalanan pulang.

Karena sama sekali tidak ada penerangan jalan di jalur trekking, dan jalurnya sangat rimbun.

Surga TersembunyiSurga Tersembunyi. Google Maps. Sumber: Sigit Pramono

lihat juga: negara kali pepe

Harga tiket masuk air terjun Semuncar

Tiket masuk Air Terjun Semuncar sangat murah dibandingkan dengan keindahan yang akan anda dapatkan. Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp. 5.000 per orang saja.

Fasilitas Air Terjun Semuncar

Tidak ada fasilitas wisata di sekitar Air Terjun Semuncar, sehingga nama Wong masih tersembunyi. Jadi Anda perlu menyiapkan logistik, terutama air minum, sebelum trekking.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button