Abrasi Landa di pantai Pandansari, Bantul, jalan akses pantai rusak parah - WisataHits
Yogyakarta

Abrasi Landa di pantai Pandansari, Bantul, jalan akses pantai rusak parah

Abrasi Landa di pantai Pandansari, Bantul, jalan akses pantai rusak parah

Bantul, DIY – Erosi melanda sejumlah pantai di wilayah selatan Yogyakarta, tepatnya di Bantul, Yogyakarta. Salah satunya adalah Pantai Pandansari Sanden, Bantul. Pantai yang berada di sebelah barat Pantai Samas ini rusak parah setelah dihantam ombak besar yang menerjang secara terus menerus beberapa waktu lalu.

Pembina Kelompok Sadar Wisata Pandansari Sanden Bantul Ngadiyo mengatakan, peristiwa itu terjadi beberapa waktu lalu. Namun jejak kerusakannya masih terlihat jelas hingga saat ini.

Sekalipun terjadi kerusakan di sana-sini, seperti di jalan pantai yang sebagian jalan aspalnya rusak akibat abrasi, masih banyak wisatawan yang berkunjung, meski tidak sebanyak sebelum kerusakan.

“Masih banyak yang datang ke Pandansari, tapi sebenarnya tidak sebanyak dulu,” kata Ngadiyo saat ditemui di Pantai Pandansari, Minggu (1/8/2023) sore.

Dampak dari pemusnahan tersebut dirasakan oleh masyarakat. Pembangunan infrastruktur pendukung pariwisata rusak total, termasuk bangunan Pendapa di sebelah selatan jalan aspal. Bahkan jalan aspal di sisi timur pun ambruk akibat fenomena alam tersebut. Abrasi juga menerpa jalan aspal di sisi timur dan tidak bisa digunakan sebagai akses kendaraan.

Sementara itu, Rujito, warga Samas Sanden Bantul, prihatin. Pasalnya, salah satu warga sekitar yang berkomitmen terhadap pelestarian lingkungan, khususnya perlindungan penyu, khawatir akan keausan yang akan datang. Dikhawatirkan gelombang pasang yang akan datang tidak hanya menggerus Pantai Pandansari tapi juga menerjang Pantai Samas.

“Penangkaran penyu saat ini hanya berjarak 50 meter dari bibir pantai. Saya khawatir itu akan rusak atau bahkan hilang ditelan ombak,” kata Rujito.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button