Abdi Dalem Keraton membuat konten untuk sehari dalam hidup saya. Ternyata ini kesehariannya - WisataHits
Yogyakarta

Abdi Dalem Keraton membuat konten untuk sehari dalam hidup saya. Ternyata ini kesehariannya

Suara.com – Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat merupakan salah satu tempat wisata yang paling banyak dikunjungi saat berkunjung ke Yogyakarta. Hal yang agak menarik adalah kehadiran para abdi dalem di sekitar keraton.

Seorang pria yang bekerja sebagai punggawa juga berbagi hari kerjanya. Dia membagikan ini melalui akun TikTok-nya @/satyabilal.

Di pagi hari pria ini telah datang ke istana melalui alun-alun selatan. Dia melangkah tanpa alas kaki melewati gerbang Istana Kilen, tempat raja tinggal bersama keluarganya.

Pria ini mengenakan surjan biru lengkap dengan kain jarik dan blangkon. Pakaian menjadi seragam kerja saat menjabat sebagai abdi dalem.

Baca Juga: Selengkapnya, 10 Motif Batik Terkenal di Indonesia

Setiap kali bertugas, abdi dalem wajib memakai masker dan mengikuti protokol kesehatan. Pria ini kemudian pergi ke Bangsal Sri Manganti dan tak lupa menyapa para dayang istana yang melewatinya.

Bangsal Sri Manganti merupakan tempat utama untuk upacara grebeg dan pembagian uba rampe kepada abdi dalem. Saat itu uba rampe didistribusikan oleh KPH Purbodiningrat dan KPH Yudonegoro.

Uba rampe grebeg Keraton Jogja memiliki warna yang beragam. Hidangan ini terbuat dari beras ketan sebagai perekat antara keraton dan rakyatnya.

Video ini menarik banyak perhatian dari netizen. Berbagai komentar memenuhi postingan terkait.

“Alhamdulillah, sejak TikTok ada, saya jadi lebih tahu banyak hal.” komentar salah satu warganet.

Baca Juga: Penanda Sekaten, Dua Gamelan Keraton Kasunanan Surakarta Dipentaskan

Pengguna internet lainnya juga berkomentar. “Sumpah fix banget, masih kangen banget sama DIY jadi pengen punya rumah di Yogyakarta.” kata warganet ini.

“Ini adalah ‘hari dalam hidup saya’ yang paling berarti yang pernah saya lewati di FYP saya! Saya sangat menyukainya!” tulis warganet lainnya di kolom komentar.

Sementara itu, video ini telah dilihat lebih dari 900.000 kali di TikTok hingga Minggu (10/9/2022).

Source: www.suara.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button