Ambil rute 6km, inilah serunya trekking mendaki Bukit Menoreh di Kulon Progo - WisataHits
Yogyakarta

Ambil rute 6km, inilah serunya trekking mendaki Bukit Menoreh di Kulon Progo

Ambil rute 6km, inilah serunya trekking mendaki Bukit Menoreh di Kulon Progo

Kulonprogo

Wisata di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) tidak hanya unik dan menyenangkan. Ada juga yang menyehatkan, seperti hiking sepanjang 6 kilometer di lanskap perbukitan Kulon Progo.

Paket wisata ini bisa anda temukan di lereng bukit menorehkan, lebih tepatnya di Toko Ingkar Janji yang terletak di Desa Pendoworejo, Kapanewon Girimulyo. Lokasi ini berjarak sekitar 20 kilometer dari pusat Kota Jogja.

Paket wisata ini cocok untuk wisatawan yang menyukai kegiatan hiking atau mendaki dengan kepekaan yang berbeda. Karena kita tidak hanya disuguhi pemandangan alam, tetapi kita juga bisa melihat langsung aktivitas penduduk desa dan ikut serta dalam aktivitas mereka mulai dari memanen buah hingga memberi makan ternak.

“Ini yang membedakan kami dengan jalur trekking lainnya karena kami juga berinteraksi dengan warga sekitar. Kita juga bisa coba gali potensi di Girimulyo, apa yang ada di tebang ini, apa potensi wisatanya,” ujar Manajer Kedai Ingkar Janji Muhammad Arif Ridho saat ditemui di lokasi, Sabtu (21/01/2023).

Menempuh jarak 6 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 3-4 jam, pengunjung diajak menelusuri persawahan, saluran irigasi, rumah penduduk dan alam asri di puncak perbukitan menoreh. Sepanjang jalan, pengunjung juga akan berinteraksi dengan warga setempat, mencicipi minuman tradisional Legenda, memetik buah rambutan, dan memberi makan ternak.

Turis mendaki bukit torehan di Girimulyo, Kulon Progo, Sabtu, 21 Januari 2023.Turis mendaki bukit torehan di Girimulyo, Kulon Progo, Sabtu, 21 Januari 2023. Foto: Jalu Rahman Dewantara/detikJateng

Tak hanya itu, pengunjung juga diarahkan menuju Bendungan Kayangan yang menjadi salah satu tempat dalam perjalanan jauh ini. Di sana, pengunjung bisa beristirahat sambil bermain air dan menikmati pemandangan sekitar.

Perjalanan berakhir di Promise Shop. Di sini pengunjung bisa beristirahat sambil menikmati hidangan tradisional yang disediakan pengelola.

“Jadi kita mulai dengan Ingkar Janji dan diakhiri dengan Ingkar Janji. Kalau ingkar janji bisa pesan makanan dan jajanan sambil istirahat,” kata Ridho.

Salah satu wisatawan, Septiana, mengaku terkesan dengan paket hiking di perbukitan potong. Menurutnya, rutenya tidak terlalu ekstrim, namun cukup melelahkan. Meski demikian, rasa lelah itu langsung terbayar saat mencapai puncak sayatan.

Turis mendaki bukit torehan di Girimulyo, Kulon Progo, Sabtu, 21 Januari 2023.Turis mendaki bukit torehan di Girimulyo, Kulon Progo, Sabtu, 21 Januari 2023. Foto: Jalu Rahman Dewantara/detikJateng

“Ah, saya sangat senang, sangat senang. Memang melelahkan awalnya, tapi pemandangan seperti itu sangat bagus,” ujar perempuan asal Prambanan, Jawa Tengah ini.

Baca selengkapnya di halaman selanjutnya….

Tonton Video “Kafe Tanpa Ijin Disegel di Babarsari, Ada Perlawanan”
[Gambas:Video 20detik]

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button