Pulau Mengkudu Lampung - Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Biaya Perjalanan - WisataHits
wisatahits

Pulau Mengkudu Lampung – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Biaya Perjalanan

Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Biaya Perjalanan – Pulau Noni salah satu tempat wisata alam yang eksotis lampung Selatan. Pulau dengan hamparan pasir putih dan pesona pasir yang muncul saat air surut ini menarik untuk dijelajahi saat liburan.

Biaya kunjungan: Rp 10.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Totoharjo, Kec. Bakauheni, Kab. Lampung Selatan, Lampung; Kasus: Cek lokasi

Pulau kecil yang terletak di bagian selatan Lampung ini menjadi destinasi wisata baru. Pulau Mengkudu inilah yang sering disebut orang sebagai pulau yang memiliki luas 2 hektar. Nama pulau ini diambil dari salah satu jenis buah asli Indonesia yang tumbuh di sini.

Bagi pengunjung yang akan mengunjungi tempat wisata ini, dapat melakukan perjalanan dari darat maupun air. Setelah sampai di Pulau Mengkudu, Anda akan disambut oleh pepohonan bakau yang berjajar di setiap pantai hingga ke tengah pulau.

Anda akan menikmati kenyamanan di pulau ini berkat berbagai fasilitas yang disediakan oleh penduduk setempat. Dengan harga masuk yang terjangkau, keindahan pulau pasir putih ini siap melengkapi liburan Anda.

Atraksi Pulau Noni

Aktivitas Pulau NoniKredit gambar: Google Maps Wike Oktafin

1. Suasana tenang

Pulau yang harus Anda kunjungi dengan menyeberang terlebih dahulu ini memiliki suasana yang tidak terlalu ramai. Lokasi ini sangat cocok jika Anda mencari tempat wisata yang bisa digunakan untuk menenangkan pikiran.

Faktor ketenangan di Pulau Mengkudu didukung oleh keterpencilannya dari pemukiman penduduk. Satu hal yang juga harus Anda ketahui, pulau ini tidak dihuni oleh manusia. Dua alasan ini menjelaskan mengapa pulau ini menjadi lebih sepi dibandingkan tempat wisata lainnya.

Anda dapat bersantai di tepi laut menikmati angin sepoi-sepoi yang berhembus di tubuh. Suara deburan ombak juga akan menambah ketenangan suasana di pulau cantik ini.

2. Mangrove

Mengapa pohon bakau menarik perhatian banyak wisatawan? Padahal, jenis pohon ini memiliki tampilan yang jorok. Tempat tumbuhnya berada di atas permukaan air, yang membuat akar pohon bakau tampak lembab dan lembab.

Tumbuhan dengan tingkat akar ini memiliki ekosistem makhluk hidup tersendiri yang berbeda dengan yang lain. Ikan yang menghuni celah-celah akar yang sempit ini memiliki bentuk yang unik, dimana terdapat insang yang digunakan untuk berjalan di darat.

Dengan hewan unik yang menghuni pohon bakau ini, Anda bisa melihat dan mempelajari ciri-ciri hewan tersebut. Tidak hanya liburan yang Anda dapatkan di Pulau Mengkudu, tetapi juga pengetahuan baru tentang makhluk hidup lainnya.

Selain hewan air, ada juga kehidupan hewan di udara yang menggunakan pohon bakau sebagai tempat tinggalnya. Burung bangau yang bermigrasi dari negara tetangga memilih hutan bakau sebagai tempat bermukimnya.

Pohon jenis ini merupakan salah satu tumbuhan yang dapat bertahan hidup walaupun terendam air. Selain itu, akarnya yang mencengkeram tanah di bawah, bisa memecah ombak besar yang datang.

Alamat dan rute menuju lokasi Pulau Mengkudu

Alamat Pulau MengkuduKredit gambar: Taman Kecil Hidroponik Google Maps

Anda bisa mencapai daratan atau perairan saat berkunjung ke Pulau Mengkudu yang termasuk dalam wilayah Kecamatan Bakauheni, Lampung. Jarak yang Anda tempuh juga bervariasi tergantung apakah Anda memilih jalur darat atau laut.

Jika memilih jalur dengan penyeberangan perahu, dari desa Kunjir bisa menyewa perahu. Menghabiskan sekitar Rp 35.000, perjalanan menggunakan speedboat ini memakan waktu 15-20 menit.

Dengan menggunakan kapal yang melintasi laut lepas, anda masih bisa mengagumi keindahan pulau-pulau lain dari tengah laut, ini merupakan bonus jika anda memilih untuk berwisata ke Pulau Mengkudu dengan menggunakan kapal.

Kemudian, jika melakukan perjalanan darat, kedatangan dari Pelabuhan Merak Bakauheni akan dilanjutkan ke wilayah Lampung Selatan. Menggunakan kendaraan pribadi bisa menjadi pilihan saat membawa seluruh keluarga, karena akan menghemat biaya.

Namun, jika Anda tidak memiliki kendaraan pribadi untuk menuju pulau tersebut, transportasi umum menjadi pilihan. Bahkan setelah tiba di pelabuhan, Anda akan menjumpai banyak penyedia angkutan umum yang menawarkan wahana.

Estimasi Biaya Perjalanan ke Pulau Mengkudu, Lampung

Estimasi Biaya Perjalanan ke Pulau Mengkudu, LampungKredit gambar: Google Maps Faisal Labib Zulfiqar

Banyaknya rute yang bisa ditempuh pengunjung menjadikan pulau ini sebagai destinasi wisata favorit masyarakat. Dengan biaya sewa perahu yang relatif murah, pengunjung bisa menghemat pengeluaran untuk hal lain.

Harga tiket mengikuti Wisata Pulau Mengkudu adalah Rp 10.000 per orang. Harga ini sangat terjangkau bagi Anda yang memiliki budget minim saat berlibur.

Harga parkir kendaraan di daratan sekitar pulau adalah Rp 5.000 untuk satu mobil. Setelah bisa memarkir kendaraan, Anda kemudian akan menyeberang sebentar untuk sampai di pulau.

Aktivitas Menarik yang Bisa Dilakukan di Pulau Mengkudu

Aktivitas di Pulau NoniKredit gambar: Google Maps Siti Rusnawati

1. Berjalan di atas pasir yang terangkat

Hamparan pasir putih yang unik ini menarik banyak pengunjung yang berada di Pulau Mengkudu. Letaknya di ujung pulau, menghubungkan pulau ini dengan daratan lain yang mengelilinginya.

Disebut pasir naik, karena segumpal pasir yang melintasi lautan ini seolah-olah muncul dari dalam air. Saat air laut sedang tinggi, tempat menarik ini akan tenggelam karena debit air laut yang meningkat.

Namun saat air laut surut, pasir yang terangkat ini bisa disusul oleh pengunjung yang akan datang ke pulau cantik ini. Memang tidak jarang pengunjung berhenti di tengah pasir yang naik untuk berfoto.

2. Berenang

Ombak pantai di Pulau Mengkudu sangat bersahabat untuk aktivitas berenang pengunjung. Pantai menjadi tempat favorit saat Anda melakukan aktivitas berenang, karena kedalamannya yang relatif dangkal.

Tetapi jika Anda ingin mencoba berenang di kedalaman yang lebih dalam, Anda dapat mengarahkan gerakan Anda ke area laut yang lebih sentral. Pulau ini memungkinkan pengunjungnya untuk berenang di sekitar pantai, dengan syarat saat melakukan aktivitas, keselamatan adalah yang utama.

3. Berjemur

Aktivitas di Pulau MengkuduKredit gambar: Google Maps Andhika Amireza

Bagi pengunjung wanita, kegiatan ini menjadi favorit untuk membantu menggelapkan warna kulit. Tidak hanya kulit Anda akan menjadi lebih gelap saat berjemur, vitamin D dari sinar matahari juga dapat menjaga kesehatan kulit Anda.

Pilih waktu-waktu tertentu saat ingin berjemur di sekitar Pulau Mengkudu. Biasanya pagi hari, sekitar pukul 8-11 pagi, adalah waktu yang tepat untuk menikmati hangatnya sinar matahari.

Oleskan tabir surya ke seluruh tubuh Anda yang terpapar sinar matahari, karena ini akan membantu melindungi kulit Anda dari sinar UV matahari.

4. Snorkeling

Jangan lewatkan aktivitas ini ketika Anda mengunjungi pulau eksotis di daerah Lampung. Anda dapat membawa peralatan sendiri atau menyewanya dari penduduk setempat yang telah menyediakannya untuk Anda.

Anda dapat menjelajahi keindahan bawah laut pulau ini dengan snorkeling di sekitar pantai. Berbagai terumbu karang dengan ikan-ikan kecil berenang kesana kemari akan menemani anda snorkeling.

Akomodasi Termurah Lokasi Pulau Mengkudu Terdekat

Akomodasi Murah di Pulau MengkuduKredit gambar: Tiket.com

1. Hotel Pantai Kahai

Penginapan pertama ini berjarak 8,4 km dari arah Pulau Mengkudu. Kebersihan setiap kamar menjadi alasan beberapa pengunjung memilih hotel ini. Plus, pemandangan pantai yang menakjubkan juga ditawarkan saat Anda menginap di sini.

2. Wisma Sulphur Resort

Bisa dikatakan harga sewa kamar tergolong murah, bila Anda memilih resort ini sebagai tempat menginap Anda. Mulai dari Rp 150.000 kamu sudah bisa mendapatkan tipe kamar standar di Wisma Sulphur Resort ini.

Salah satu fasilitas resort yang akan Anda dapatkan adalah kolam renang. Stasiun ini berjarak 27 km dari pulau, memakan waktu sekitar 43 menit, jika Anda memulai dari pulau.

3. Hotel Kalianda

Dengan predikat hotel bintang 3, hostel ini berjarak 25 km dari tempat wisata yang paling banyak dikunjungi di Lampung. Hotel ini terletak di pusat kota, sehingga akan mudah bagi Anda untuk menemukan lokasinya.

Sudah ada sejak lama, hotel ini memiliki gaya bangunan lama yang terlihat klasik. Meski merupakan bangunan tua, jangan salah, itulah yang membuat Holet Kalianda unik.

Fasilitas yang ada di Pulau Mengkudu, Lampung

Fasilitas Pulau Mengkudu LampungKredit gambar: Google Maps Ade Firman44

Mengkudu memang merupakan pulau yang tidak dihuni banyak orang, alasannya karena luas total pulau tersebut sangat kecil. Namun, fasilitas pengunjung di pulau ini cukup lengkap. Orang-orang dari desa sekitar akan datang pada siang hari hingga sore hari.

Terdapat toilet umum di beberapa titik di Pulau Mengkudu, kemudian ada juga mushola yang bisa digunakan untuk beribadah umat Islam. Gasebo yang berada di dekat pantai, Anda bisa beristirahat sambil memandangi indahnya laut.

Orang-orang yang datang ke pulau ini mendirikan beberapa warung makan kecil mulai dari makanan ringan hingga minuman yang bisa Anda beli dari toko ini. Jadi Anda tidak perlu repot mencari tempat untuk mencari penambah perut.

Demikian informasi fasilitas alamat dan rute perjalanan menuju Pulau Mengkudu Lampung Selatan. Dengan mengunjungi wisata lokal khususnya pulau yang indah ini, anda dapat membantu meningkatkan daya tarik wisata tersebut. Dimana akan lebih terkenal dan banyak dikunjungi wisatawan lainnya.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button