Targetkan 10.000 Subscriber, Menparekraf Launching AKI 2023! - WisataHits
wisatahits

Targetkan 10.000 Subscriber, Menparekraf Launching AKI 2023!

Targetkan 10.000 Subscriber, Menparekraf Launching AKI 2023!

Piknikdong.com – Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno mencanangkan atau mencanangkan Apresiasi Kreatif Indonesia (AKI) 2023 dengan target pendaftar 10.000 pelaku ekonomi kreatif.

Menparekraf Sandiaga saat The Weekly Brief With Sandi Uno di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Senin (13/2/2023) menyampaikan beberapa hal.

Menparekraf mencanangkan AKI 2023 menargetkan 10.000 pelaku kreatif yang mendaftarMenparekraf luncurkan AKI 2023 targetkan 10.000 pelaku kreatifitas mendaftar, foto: Kemenparekraf

Apresiasi Kreatif Indonesia telah memasuki tahun ketiga dan menjadi program prioritas Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk mencapai target 4,4 juta lapangan kerja baru pada tahun 2024.

“AKI 2021 berhasil menjaring 4.251 pendaftar, AKI 2022 berhasil menjaring 6.531 pendaftar.

Dan untuk target pendaftaran AKI 2023 ada 10.000 yang terdaftar”,

kata Menparekraf.

Pendaftaran AKI 2023 dibuka hari ini dan akan ditutup hingga 17 Maret 2023.

Nantinya, peserta yang terdaftar akan diseleksi oleh para praktisi profesional di bidangnya, dan akan dipilih 20 peserta dari sub bidang Kuliner, Kriya, Fesyen dan Aplikasi/Film per kota/kabupaten.

Peserta akan melaksanakan bootcamp selama 3 hari dan exhibition selama 3 hari.

Sebanyak 3 peserta dari subsektor film dan 4 peserta dari subsektor musik akan mempresentasikan karyanya di panggung apresiasi pameran.

“Pelaksanaan AKI 2023 dipercepat, makanya AKI akan diadakan dari bulan Maret sampai Agustus.

Mengapa kita lebih cepat? Karena penyerapan yang lebih cepat akan memperkuat ekonomi dan biasanya pada akhir tahun para pemain ekonomi kreatif akan mendapatkan pesanannya.

Padahal di awal tahun berat, makanya kami akselerasi untuk menjaga momentum kebangkitan ini”,

kata Menparekraf Sandiaga.

AKI 2023 akan hadir di 16 kota/kabupaten Indonesia antara lain Jakarta, Karawang, Sukabumi, Situbondo, Mojokerto, Kudus, Purwokerto, Batam, Bangka, Bengkulu, Samarinda, Palangkaraya, Kupang, Manado, Gorontalo dan Jayapura.

Cara daftar AKI 2023

Pendaftar dapat mendaftarkan produk dan bekerja pada aki.kemenparekraf.go.id. Semua informasi akan selalu kami update di Instagram @apresiasikreasiindonesia.

Menparekraf Sandiaga menjelaskan, dampak positif ROR dapat dirasakan langsung oleh para pelaku usaha kreatif yang mengikuti program ini.

Misalnya pada AKI 2022, Egg Royale setelah pameran AKI omzetnya meningkat 15-20%, dan Bitata Food, setelah pameran AKI omzetnya meningkat menjadi 30%, dan sekarang Aceh membuka toko offline. .

Sementara itu, MP Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mr Neil El Himam, mengatakan bahwa pada AKI 2023, pelamar akan diundang untuk mendaftarkan produknya guna mendapatkan perlindungan hak kekayaan intelektual.

“Saya juga bertanya kepada teman-teman saya nanti bahwa semua produk AKI harus memiliki kekayaan intelektual (IP).

Jadi nanti kalau kita tidak punya KI, kita akan lebih mudah untuk mendapatkan tandanya. Kalau sudah punya, tentu akan kami promosikan lebih luas lagi”,

kata Nil.

Source: www.piknikdong.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button