BPBD Banjarnegara Pastikan Kawasan Wisata Dieng Tetap Aman Dikunjungi – Tentang Semarang – - WisataHits
Jawa Tengah

BPBD Banjarnegara Pastikan Kawasan Wisata Dieng Tetap Aman Dikunjungi – Tentang Semarang –

BPBD Banjarnegara Pastikan Kawasan Wisata Dieng Tetap Aman Dikunjungi – Tentang Semarang –

TENTANG SEMARANG – Meski Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) telah menetapkan status Gunung Dieng waspada, BPBD Kabupaten Banjarnegara memastikan kawasan wisata Dataran Tinggi Dieng dapat terus dikunjungi dengan aman

Hal tersebut diungkapkan Kepala Bidang Darurat dan Logistik BPBD Kabupaten Banjarnegara Andri Sulistyanto yang mengatakan saat ini hanya Kawah Sileri yang dipastikan tutup sementara.

“Saat ini hanya Kawah Sileri yang ditutup sementara untuk wisatawan sesuai anjuran PVMBG agar tidak ada aktivitas dalam jarak 1.000 meter dari lokasi,” kata Andri Sulistyanto saat dilansir dari ANTARA, Minggu 15 Januari 2023 dikutip dari Semarang.

Sedangkan untuk objek wisata selain Kawah Sileri, Andri mengatakan Kompleks Candi Arjuna dan Kawah Sikidang masih aman untuk dikunjungi wisatawan karena jauh dari Kawah Sileri.

Selain itu, kata dia, hingga saat ini BPBD Kabupaten Banjarnegara terus berkoordinasi dengan PVMBG, khususnya dengan Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) Dieng terkait peningkatan aktivitas Kawah Sileri.

Andri juga mengatakan, gempa di Dieng sendiri terjadi sejak 9 Januari 2023 menurut data, dan terakhir terjadi pada Sabtu, 14 Januari 2023 pukul 18.12 WIB dengan magnitudo 1,9.

“Informasi dari PVMBG, titik gempa berada di antara Kawah Sileri dan Kawah Timbang, lokasi diperkirakan berada di kawasan Lagetan. Saat ini teman-teman di PVMBG masih melakukan analisis Kawah Timbang dalam tiga atau lima hari ke depan,” ungkapnya.

Dalam hal ini, kata dia, Kawah Timbang bukan tujuan wisata karena berada di lahan pertanian milik warga.

Menurutnya, masyarakat setempat tetap mengkhawatirkan kemungkinan peningkatan aktivitas Kawah Cradle, meski sudah mengetahui daerah-daerah yang berpotensi mengeluarkan gas beracun.

“Sejauh ini masih ada aktivitas burung di sekitar Kawah Timbang, jadi masih dilakukan analisis oleh rekan-rekan PVMBG,” kata Andri.

Dalam kesempatan lain, pejabat PGA Dieng Post Aziz Yuliawan mengatakan, aktivitas Gunung Dieng, khususnya Kawah Sileri hingga saat ini masih fluktuatif, seperti kondisi saat PVMBG pada Jumat 13 Januari 2023 pukul 23.00 WIB dinaikkan statusnya dari Normal ke Siaga WIB.

Karena itu, kata dia, PVMBG merekomendasikan agar masyarakat tidak beraktivitas dalam jarak 1.000 meter dari bibir kawah Sileri karena kemungkinan terjadi letusan freatik berupa semburan lumpur atau semburan material ke dalam kawah dengan konsentrasi gas vulkanik tinggi yang mengancam jiwa.

“Sementara itu, warga di sekitar Kawah Timbang diimbau untuk tidak menggali tanah karena berpotensi terpapar gas beracun yang mengancam jiwa,” jelasnya.

Menurutnya, PVMBG masih melakukan pengawasan melalui Pos PGA Dieng, khususnya di Kawah Sileri dan Kawah Timbang.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button