Cuaca Ekstrim Hingga Awal 2023, Berikut 15 Wisata Indoor di Jawa Tengah - WisataHits
Jawa Tengah

Cuaca Ekstrim Hingga Awal 2023, Berikut 15 Wisata Indoor di Jawa Tengah

KOMPAS.com – Berdasarkan prakiraan cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Indonesia diperkirakan akan dilanda cuaca ekstrem hingga awal tahun 2023.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menjelaskan, cuaca ekstrem ditandai dengan curah hujan yang tinggi, kecepatan angin yang tinggi, dan tinggi gelombang yang meningkat.

“Untuk potensi hujan dengan intensitas signifikan pada periode 27 Desember 2022 sampai dengan 2 Januari 2023 harus diperhatikan Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY, Jawa Timur, Bali, NTT, dan NTB.” bersaksi seperti dikutip Kompas.com (27/12/2022).

Baca Juga: Puncak Arus Libur Natal dan Tahun Baru 2022/2023 di Bandara AP I

Baca juga: KAI Catat 154.000 Pelanggan KA Jarak Jauh di Puncak Libur Natal 2022

Prakiraan cuaca ekstrim tersebut bertepatan dengan dinamika liburan akhir tahun. Namun, liburan akhir tahun tetap bisa dinikmati masyarakat dengan mengunjungi tempat wisata indoor (dalam).

Wisata Indoor di Jawa Tengah

Kompas.com merangkum sejumlah atraksi wisata dalam di Jawa Tengah (Jawa Tengah) yang bisa dikunjungi saat liburan di tengah cuaca ekstrim.

1. Dusun Salju, Semarang

Wahana hiburan di Desa Salju Dusun Semilir, Semarang, Jawa TengahDokumentasi Dusun Salju Wahana Dusun Salju Dusun Semilir Semarang Jawa Tengah

Dusun Salju merupakan wahana baru di kawasan Dusun Semilir, Bawen, Kabupaten Semarang. situs web pariwisata dalam Hal ini menawarkan pengalaman bermain di area salju dengan suhu 5-10 derajat Celcius seperti dikutip dari Kompas.com (14/11/2022).

Meski cuaca ekstrim di luar, pengunjung bisa bermain di Dusun Salju.

Ada beberapa aktivitas di Dusun Salju, antara lain meluncur di seluncur salju ban, bermain bola salju, membuat manusia salju, dan berfoto di beberapa spot selfie.

Biaya masuk Dusun Snow Rides Rp 75.000, Senin sampai Jumat dan Rp 85.000, Sabtu sampai Minggu. Tiket ini belum termasuk akses ke Dusun Semilir yang harganya Rp 30.000 di hari biasa dan Rp 40.000 di akhir pekan.

Baca Juga: Peraturan Dusun Snow Ride di Dusun Semilir, Tidak Semua Orang Boleh Ikut

2. Lawang Sewu Semarang

Lawang Sewu di Semarang, Jawa Tengah.Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Lawang Sewu di Semarang, Jawa Tengah.

Lawang Sewu merupakan salah satu ikon wisata kota Semarang yang berhadapan langsung dengan Monumen Tugu Muda.

Mengutip Kompas.com (09/08/2022) kata Lawang Sewu berasal dari bahasa Jawa yang berarti seribu pintu. Meski jumlahnya tidak mencapai 1.000, gedung ini memiliki 928 pintu.

Sebelumnya, gedung ini digunakan sebagai markas perusahaan kereta api swasta pada zaman Belanda. Setelah dipugar, Lawang Sewu saat ini digunakan sebagai museum yang menyimpan berbagai koleksi kereta api di Indonesia.

Baca Juga: 6 Spot Foto Ala Belanda di Lawang Sewu

3. Museum Kereta Api, Ambarawa

Kereta uap Museum AmbarawaDermaga. Kereta Api Wisata Uap Museum PT KAI Ambarawa

Museum Kereta Api Indonesia atau yang lebih dikenal dengan Museum Kereta Api Ambarawa menampilkan koleksi perkeretaapian dari zaman penjajahan Belanda hingga Indonesia pra kemerdekaan.

halaman kutipan pusaka KAI, Pengunjung bisa melihat lokomotif uap, lokomotif diesel, gerbang kereta api era kolonial, dan lain-lain.

Wisatawan juga bisa naik kereta wisata Ambarawa-Tuntang (pulang pergi) yang menggunakan lokomotif uap, dan kereta wisata Ambarawa-Jambu-Bedono (pulang pergi) yang perjalanannya melalui rel bergerigi.

Dulunya merupakan stasiun kereta api Willem I, museum ini memiliki latar belakang sejarah yang kuat karena menjadi saksi Pertempuran Ambarawa. Lokasinya di Stasiun Jalan No.1, Panjang Kidul, Panjang, Kec. Ambarawa, Kabupaten Semarang.

Baca Juga: Ayo Naik Lokomotif Uap di Museum Kereta Api Ambarawa

4. Kota Tua, Semarang

Gereja Blenduk dengan kubah bundar yang khasSHUTTERSTOCK Gereja Blenduk dengan kubah bulat yang khas

Kota Tua Semarang identik dengan keberadaan bangunan-bangunan tua Hindia Belanda yang berusia ratusan tahun.

Arsitektur bangunan bergaya Eropa dengan ciri pintu dan jendela besar. Wisata heritage ini dulunya pernah menjadi pusat pemerintahan pada masa penjajahan Belanda, seperti dikutip dari website Visit Central Java.

Beberapa tempat yang paling diminati wisatawan di kota tua adalah Gereja Blenduk, Taman Srigunting, Gedung Asuransi Jiwasraya, Gedung Bank Mandiri, Rumah Akar, Gedung Oudetrap, Galeri Seni Semarang, De Spiegel, Marba dan lain-lain. Saat cuaca ekstrem, wisatawan bisa berlindung di sejumlah restoran dan kafe di kawasan Kota Lama Semarang.

Baca Juga: 8 Tempat Wisata di Semarang dari Dekat Stasiun Kereta Api, Kota Tua Hingga Pantai

5. Museum 3D Trick Art Kota Tua, Semarang

Dalam cuaca ekstrim, kunjungan ke museum adalah pilihan yang tepat. Jika Anda menyukai fotografi, kunjungi Old City 3D Trick Art Museum.

Mengutip Kompas.com (24.7.2020) museum seni ini terletak di kota tua Semarang. Tepatnya 50 meter dari Gereja Blenduk dan Taman Srigunting.

Tempat wisata ini menawarkan 108 backdrop foto tiga dimensi yang terbagi dalam empat ruangan dengan tema berbeda. Topik yang diangkat meliputi bangunan khas Semarang, budaya Semarang, tokoh nasional dan internasional, serta beberapa tokoh dalam film layar lebar.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button