BPBD Banjarnegara: Dieng aman untuk wisatawan - WisataHits
Jawa Tengah

BPBD Banjarnegara: Dieng aman untuk wisatawan

BPBD Banjarnegara: Dieng aman untuk wisatawan

Purwokerto (ANTARA) – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah memastikan kawasan wisata Dataran Tinggi Dieng masih aman bagi wisatawan meski Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mengecam Gunung Berg telah meninggi. Dieng berstatus Waspada.

“Saat ini hanya Kawah Sileri yang ditutup sementara untuk wisatawan sesuai anjuran PVMBG agar tidak ada aktivitas dalam radius 1.000 meter dari lokasi,” kata Kepala Dinas Darurat dan Logistik BPBD Kabupaten Banjarnegara Andri Sulistyanto saat dihubungi dari Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Minggu.

Baca Juga: Bupati Wonosobo: Dieng tetap aman bagi wisatawan

Sedangkan objek wisata lainnya seperti Kompleks Candi Arjuna dan Kawah Sikidang masih aman untuk dikunjungi wisatawan karena jauh dari Kawah Sileri.

Selain itu, kata dia, hingga saat ini BPBD Kabupaten Banjarnegara terus berkoordinasi dengan PVMBG, khususnya dengan Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) Dieng terkait peningkatan aktivitas Kawah Sileri.

Baca juga: Kapolres: Kondisi Aman Pasca Kecelakaan Kerja di PLTP Dieng

Berdasarkan data, dia menyebut gempa Dieng terjadi sejak 9 Januari 2023, dan terakhir WIB pada Sabtu (14/1) pukul 18.12 WIB dengan magnitudo 1,9.

“Informasi dari PVMBG, titik gempa antara Kawah Sileri dan Kawah Timbang, diperkirakan lokasinya di kawasan Lagetan. Saat ini teman-teman dari PVMBG masih melakukan analisa Kawah Timbang untuk tiga atau lima hari ke depan,” ujarnya.

Baca Juga: BPBD: Kawah Timbang Cukup Aman untuk Wisatawan

Dalam hal ini, kata dia, Kawah Timbang bukan tujuan wisata karena berada di lahan pertanian milik warga.

Menurutnya, masyarakat setempat tetap mengkhawatirkan kemungkinan peningkatan aktivitas Kawah Cradle, meski sudah mengetahui daerah-daerah yang berpotensi mengeluarkan gas beracun.

“Sampai saat ini masih ada aktivitas burung di sekitar Kawah Timbang, jadi masih dilakukan analisis oleh rekan-rekan PVMBG,” kata Andri.

Baca Juga: Dieng Tetap Aman Meski Status Naik

Pada kesempatan lain, pejabat PGA Dieng Post Aziz Yuliawan mengatakan, aktivitas Gunung Dieng, khususnya Kawah Sileri hingga saat ini masih fluktuatif, seperti kondisi PVMBG yang ditingkatkan statusnya dari Normal menjadi Jumat (13/1). .

Karena itu, kata dia, PVMBG merekomendasikan agar masyarakat tidak beraktivitas dalam jarak 1.000 meter dari bibir kawah Sileri karena kemungkinan terjadi letusan freatik berupa semburan lumpur atau semburan material ke dalam kawah dengan konsentrasi gas vulkanik tinggi yang mengancam jiwa.

Baca Juga: BPBD Wonosobo Ajak Wisatawan Dieng Waspadai Gas Beracun

“Sementara itu, warga di sekitar Kawah Timbang diimbau untuk tidak menggali tanah karena berpotensi terpapar gas beracun yang mengancam jiwa,” jelasnya.

Menurutnya, PVMBG masih melakukan pengawasan melalui Pos PGA Dieng, khususnya di Kawah Sileri dan Kawah Timbang. ***3****

Baca Juga: BPJAMSOSTEK Ganti Rugi Korban Kebocoran Gas PLTP Dieng
Baca juga: Gas Beracun Tak Terdeteksi di Dieng

Reporter : Sumarwoto
Penerbit : Tunggul Susilo
HAK CIPTA © ANTARA 2023

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button