10 Pulau Terindah di Kepulauan Seribu Jakarta yang Wajib Kamu Jelajahi - WisataHits
wisatahits

10 Pulau Terindah di Kepulauan Seribu Jakarta yang Wajib Kamu Jelajahi

10 Pulau Terindah di Kepulauan Seribu Jakarta yang Wajib Kamu Jelajahi

Temukan pilihan wisata pulau terbaik di Kepulauan Seribu, Jakarta. Obyek wisata bahari yang eksotis, populer, dan terpanas wajib Anda jelajahi saat musim liburan.

Kepulauan Seribu merupakan taman nasional yang terdiri dari beberapa pulau. Berjarak sekitar 45 kilometer dari ibu kota Jakarta, Kepulauan Seribu menawarkan wisata pulau dengan pemandangan yang sangat menawan. Hamparan pantai yang landai berpadu dengan keindahan bawah laut yang luar biasa menjadi salah satu daya tariknya.

Jernihnya air laut dan kontur pasir putih yang landai menambah kenyamanan menikmati pemandangan pulau ini. Jika penasaran ingin tahu lebih lanjut, berikut deretan pulau cantik di Kepulauan Seribu yang layak untuk dikunjungi.

1. Pulau Pramuka

Pulau PramukaKredit gambar: Google Maps Dss Smoker234

Pulau Pramuka merupakan salah satu pulau yang menjadi pusat pemerintahan Kepulauan Seribu, karena terletak tepat di tengah-tengah gugusan pulau tersebut. Oleh karena itu, pulau ini merupakan kawasan yang paling banyak dihuni oleh penduduk setempat. Di Pulau Pramuka juga terdapat sekolah, tempat ibadah, fasilitas komunikasi dan perbankan yang tidak terdapat di pulau lain. Apalagi pulau utama ini juga merupakan cagar alam untuk konservasi bawah laut.

Penyu hijau bernama latin Eretmochelys imbricata merupakan satwa konservasi di pulau ini. Bayi penyu dengan umur tertentu akan dikembalikan ke habitat aslinya. Hal ini membuat pulau ini menjadi spot favorit para wisatawan. Pasalnya, pengunjung diajak untuk membantu memulai langkah awal kembalinya penyu ke laut, apalagi hamparan pasir putih dan air laut yang kaya biota laut menjadikan pulau ini surga bagi para penyelam.

Biaya kunjungan: Dari Rp 340.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Pulau Panggang, Kec. Kepulauan Seribu Utara, Kab. Kepulauan Seribu, DKI Jakarta.

2. Pulau Sepa

Pulau SepaKredit gambar: Google Maps Multi Cendikiyani Susanti

Pulau Sepa merupakan pulau yang memiliki luas sekitar tujuh hektar dengan garis pantai yang menawan. Jika ditempuh dari Dermaga 19 di Marina Ancol, waktu tempuhnya hanya setengah jam. Biasanya kapal berangkat ke pulau itu mulai pukul delapan dan harus kembali pada pukul dua siang. Ada banyak keindahan yang bisa Anda nikmati saat berkunjung ke pulau indah ini.

Keindahan alam yang disajikan di pulau ini sungguh menakjubkan. Pantai pasir putihnya yang landai, air lautnya yang jernih dan pepohonan yang rindang di sekitarnya membuat Anda nyaman berlibur di sini. Selain itu, masih banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan saat berkunjung ke Pulau Sepa, mulai dari berjemur santai di atas pasir putihnya yang indah hingga olahraga air yang lebih seru seperti snorkeling, jet ski, dan diving.

Biaya kunjungan: Dari Rp 888.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Daerah. Kepulauan Seribu, DKI Jakarta.

3. Pulau Bidadari

Tiket Pulau Bidadari JakartaKredit gambar: Twitter @FotoTriwahyu

Pulau ini sangat menarik untuk dikunjungi karena hanya berjarak 15 kilometer dari Marina Ancol Jakarta. Jika ditempuh dengan perahu hanya membutuhkan waktu 30 menit, di mana Anda akan langsung melihat situs menarik Benteng Martello yang berada di pinggir pantai. Selain itu, pulau ini memiliki koleksi pohon langka yang berkembang pesat, seperti Pohon Perdamaian, Ebony, dan Pohon Santigi.

Tidak hanya itu, pemandangan Pulau Bidadari yang sangat asri, asri dan nyaman akan membuat anda betah saat berkunjung ke pulau ini. Ada juga cottage terapung yang menjadi tempat paling populer bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Sembari melakukan aktivitas seru di dalam air, jangan lupa untuk mencicipi hidangan seafood yang segar dan tentunya memiliki cita rasa lokal yang khas.

Biaya kunjungan: Dari Rp 400.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Pulau Untung Jawa, Kec. Kepulauan Seribu Selatan, Kab. Kepulauan Seribu, DKI Jakarta.

4. Pulau Tidung

Pantai Pulau TidungKredit gambar: Google Maps Yulianta Ramelan

Pulau Tidung merupakan salah satu pulau terindah di Kepulauan Seribu. Akhir pekan seru bisa Anda habiskan dengan mengunjungi Jembatan Cina sepanjang 800 meter yang menghubungkan Tidung Kecil dengan Tidung Besar. Menariknya, ada sebuah legenda yang menyebutkan nama jembatan Tionghoa tersebut merupakan simbol harapan abadi untuk menemukan cinta sejati.

Jembatan ini bisa menjadi spot menarik bagi Anda yang ingin mengabadikan momen liburan seru. Jika tidak ingin basah, Anda bisa melihat keindahan bawah laut dari Jembatan Cina. Selain itu aktivitas lain yang bisa dilakukan di pulau ini adalah berenang, memancing, snorkeling, olahraga air, dan wisata sejarah. Ini akan membuat liburan Anda semakin berkesan.

Biaya kunjungan: Dari Rp 245.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Pulau Tidung, Kec. Kepulauan Seribu Selatan, Kab. Kepulauan Seribu, DKI Jakarta.

5. Pulau Paris

Kegiatan menarik di Pulau PariKredit gambar: Google Maps Hilyah _zahitanis

Pulau terindah dari Kepulauan Seribu tetangga adalah Pulau Pari. Pulau ini menjadi tujuan favorit baru bagi wisatawan. Satu jam dari Marina Ancol, di pulau ini Anda bisa menikmati liburan seru dengan suasana asri didukung pepohonan rindang dan pesonanya. Pantai putih yang tenang dengan ombak kecil yang lembut akan menenangkan pikiran Anda.

Di Pulau Pari terdapat 3 tempat wisata yang wajib dikunjungi yaitu Pantai LIPI, Virgin Beach dan Dermaga Bukit Matahari. Semua tempat wisata ini memiliki pemandangan yang membuat Anda takjub. Selain bisa menikmati keindahan pantainya yang menawan, di Pulau Pari ini Anda juga bisa mencoba berbagai aktivitas seru seperti menyelam, menjelajah pantai dengan kano dan permainan lainnya.

Biaya kunjungan: Dari Rp 325.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Pulau Pari, Kec. Kepulauan Seribu Selatan, Kab. Kepulauan Seribu, DKI Jakarta.

6. Pulau Ayer

Jadwal perjalanan ke Pulau AyerKredit gambar: Google Maps Rudyanto A. Wibisono

Di pulau ini, Anda akan disuguhkan berbagai fasilitas. Salah satunya adalah kota resor Pulau Ayer. Tempat ini menawarkan pengunjung pilihan untuk menginap di cottage terapung atau di darat dengan villa dengan konsep bangunan tradisional Papua. Menariknya, resort ini sudah dikembangkan sejak tahun 1950 dan melayani presiden pertama Indonesia, Soekarno.

Villa ini dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas hiburan seperti karaoke, arcade zone, taman bermain, lapangan olah raga, kolam renang dan restoran yang dapat memanjakan lidah anda selama berlibur disini. Selain itu, Anda juga bisa mencoba aktivitas air yang menyenangkan seperti snorkeling, banana boat, diving, dan jet ski. Lokasinya yang hanya berjarak sekitar 25 menit dari Marina Ancol menjadikan pulau ini destinasi favorit para wisatawan.

Biaya kunjungan: Dari Rp 725.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Jl.KH Samanhudi No.47-49, Pulau Untung Jawa, Kec. Kepulauan Seribu Selatan, Kab. Kepulauan Seribu, DKI Jakarta.

7. Pulau Onrust

Memasang Pulau OnrustKredit gambar: Google Maps Dimas .TA

Pulau selanjutnya yang menawarkan keindahan menawan adalah Pulau Onrust. Dikenal sebagai pulau kecil namun menyimpan peninggalan sejarah Belanda berupa benteng. Situs ini kemudian berubah fungsi sebagai museum. Nama unik Onrust sendiri diambil dari bahasa Belanda yang berarti rusuh. Meski begitu, penyebutan ini datang dari seorang aristokrat bernama Onrust Cornelis Van Der Walck.

Oleh karena itu, pulau ini sangat lekat dengan wisata sejarah sejak tahun 1800. Memang pada saat itu dipercaya bahwa benteng tersebut berfungsi sebagai stasiun meteorologi, sanatorium bahkan penjara bagi para penjahat terkenal. Akibatnya, pulau ini akan melestarikan jejak sejarah yang melimpah. Untuk itu menjadi daya tarik pengunjung untuk datang ke Pulau Onrust.

Biaya kunjungan: Dari Rp 100.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Daerah. Kepulauan Seribu, DKI Jakarta.

8. Pulau Putri

Kredit gambar: Google Maps Simon Boyke Sinaga

Sementara pulau lainnya hanya berjarak sekitar 30-45 menit dari Marina Ancol, Pulau Putri merupakan pulau terjauh dari Jakarta. Airnya yang jernih akan memanjakan Anda untuk melakukan berbagai aktivitas air. Namun jika tak ingin menyentuh kesegaran airnya, Anda bisa naik perahu yang dilengkapi lantai kaca. Sehingga Anda bisa melihat keindahan biota bawah lautnya.

Tak hanya itu, ada beberapa petualangan menarik yang bisa Anda alami saat berkunjung ke pulau ini. Salah satunya adalah terowongan kaca dimana wisatawan bisa leluasa mengamati kehidupan bawah laut. Tampilan akuarium besar dan seluncuran air juga menjadi daya tarik tambahan untuk dinikmati saat berlibur di pulau ini. Jika ingin berlama-lama di pulau ini, Anda juga bisa menyewa penginapan yang disediakan pengelola.

Biaya kunjungan: Dari Rp 200.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Pulau Harapan, Kec. Kepulauan Seribu Utara, Kab. Kepulauan Seribu, DKI Jakarta.

9. Pulau Pelangi

pulau pelangiKredit Gambar: Google Maps kt thx

Pulau Pelangi merupakan tempat wisata yang memiliki vegetasi alami yang rimbun dengan kombinasi pasir putih dan air biru jernih. Airnya yang jernih ini menjadi surga bagi para penggila olahraga air, khususnya snorkeling. Jangan khawatir tidak memiliki perlengkapan yang diperlukan untuk aktivitas air, karena ada toko selam yang menawarkan berbagai perlengkapan untuk mendukung aktivitas seru.

Setelah lelah melakukan berbagai aktivitas seru, Anda bisa beristirahat dan bersantai di sebuah bungalow beratap rumbia yang cantik. Ada beberapa tipe bungalo mulai dari Tulips, Bougenville dan Jasmine. Fasilitas tersebut dilengkapi dengan AC, bathtub yang dilengkapi dengan air panas, dua tempat tidur dan juga desain yang menarik.

Biaya kunjungan: Dari Rp 900.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Pulau Pelangi, Kec. Kepulauan Seribu Utara, Kab. Kepulauan Seribu, DKI Jakarta.

10. Pulau Harimau

Pulau Harimau milik objek wisataKredit gambar: Rizal Permadhi Google Maps

Pulau Macan mengusung konsep Eco Resort Village yang sangat menarik untuk dikunjungi. Suasana alam tempat ini membuat Anda serasa berada di lingkungan alami dengan udara yang segar dan tentunya nyaman. Pulau Macan terdiri dari dua pulau yang tergolong besar dan kecil. Letaknya berdekatan satu sama lain dan hanya bisa dicapai dengan berjalan kaki jika air laut surut.

Tak hanya itu, pulau ini juga terkenal dengan pondok-pondok bergaya romantis. Namun, desain kabinnya dibuat sealami mungkin untuk menonjolkan konsep pulau terpencil. Beberapa cabana sengaja diposisikan menghadap pantai agar wisatawan dapat menikmati pemandangan sunset terbaik.

Biaya kunjungan: Dari Rp 950.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Pulau Harapan, Kec. Kepulauan Seribu Utara, Kab. Kepulauan Seribu, DKI Jakarta.

Itulah beberapa pulau terindah di Kepulauan Seribu yang wajib kamu kunjungi saat liburan. Keindahan alam yang masih sangat alami membuat deretan pulau ini sangat digemari oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Hamparan pasirnya yang landai, berpadu dengan jernihnya air laut membuat suasana di sekitar pulau semakin nyaman dan berkesan.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button