Ridwan Kamil akan membangun jalan tambang Parungpanjang Bogor-Depok - WisataHits
Jawa Barat

Ridwan Kamil akan membangun jalan tambang Parungpanjang Bogor-Depok

Ridwan Kamil akan membangun jalan tambang Parungpanjang Bogor-Depok

TEMPO.CO, bandung – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil akan memulai groundbreaking jalan tambang yang menghubungkan Parungpanjang Bogor dengan Kota Depok dalam waktu dekat. “Dalam beberapa minggu ke depan,” kata Ridwan dalam keterangannya, Kamis, 5 Januari 2023.

jalan tambang Jalur ini akan menjadi jalur khusus truk berat pengangkut material tambang Sirtu dari Bogor yang biasanya melalui jalan penghubung Bogor-Depok. Dump truck Sirtu kerap merusak jalan karena sarat muatan.

Rencana pembangunan jalan tambang dibagi menjadi empat seksi. Ruas 1 sepanjang 10 kilometer, ruas 2 sepanjang 9,75 kilometer, ruas 3 sepanjang 2,01 kilometer dan ruas 4 sepanjang kurang lebih 1 kilometer.

Berbarengan dengan peletakan batu pertama jalan tambang, Ridwan juga akan meresmikan operasionalnya Underpass Dewi Sartika di Kota Depok. Pembangunan terowongan dimulai Februari lalu. “Kami sedang mempersiapkan peresmian,” katanya.

Kepala Dinas Bina Marga dan Tata Ruang Jabar Bambang Tirtoyuliono mengatakan, pembangunan underpass ini bertujuan untuk mengurai kemacetan di Jalan Dewi Sartika, Depok. “Salah satu upaya mengurai kemacetan di KA Dewi Sartika Kota Depok adalah pembangunan Underpass Dewi Sartika,” ujarnya.

Mantan walikota depot Mohammad Idris mengatakan underpass Dewi Sartika belum bisa digunakan. Alasannya, masih ada material sisa proyek yang perlu dibersihkan.

“Harusnya underpass sudah selesai, kemarin laporan sudah selesai, tinggal membersihkan puing-puing saja,” kata Idris kepada wartawan di Depok, Rabu, 4 Januari 2023.

Setelah puing-puing dibersihkan, underpass bisa diresmikan oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. “Rencananya minggu kedua Januari,” kata Idris.

Underpass ini merupakan proyek bersama Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Kota Depok untuk mengurai kemacetan di Jalan Dewi Sartika.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengunjungi lokasi pembangunan underpass Dewi Sartika di Depok pada 8 Agustus. Dalam kunjungannya, Kamil memastikan underpass akan siap pada akhir 2022. “Insya Allah akhir tahun sudah siap digunakan,” kata Ridwan.

AHMAD FIKRI | ADE RIDWAN

Baca Juga: Ridwan Kamil Temui Heru Budi di Balai Kota DKI Bicara Banjir dan Komuter

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button