Jawa Timur diperkirakan akan dibanjiri 238 juta kunjungan wisatawan lokal hingga akhir tahun ini - WisataHits
Jawa Timur

Jawa Timur diperkirakan akan dibanjiri 238 juta kunjungan wisatawan lokal hingga akhir tahun ini

Dengan berbagai potensi wisata yang dimiliki, Provinsi Jawa Timur (Jawa Timur) diperkirakan akan menerima hingga 238,8 juta wisatawan domestik (wisnus) selama musim liburan akhir tahun 2022.

Ramalan ini bukan tanpa ukuran, karena tempat wisata di Jawa Timur sangat beragam. Mulai dari gunung, kawah, pantai, sungai, lautan, tempat berselancar (Berselancar), snorkel (diving), paralayang hingga wisata budaya dan kuliner.

Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jawa Timur, mengatakan provinsi yang dipimpinnya akan menjadi tujuan utama perjalanan wisnus nasional pada 2020 dan 2021.

Perinciannya, terdapat 126.676.862 kunjungan wisnus ke Jawa Timur pada tahun 2020 dan 145.114.120 pada tahun 2021.

Seiring dengan peningkatan jumlah pengunjung, Pemprov Jatim terus berbenah untuk pembangunan infrastruktur penunjang pariwisata.

“Harapannya wisatawan yang berkunjung ke kita tidak hanya merasa aman dan nyaman, tapi bisa pulang dengan bahagia,” kata Khofifah, Kamis (29/12/2022) di Gedung Negara Grhadi.

Khofifah mencontohkan pembangunan di kawasan Pacitan yang dikenal dengan sebutan “City of 1001 Goa”. Selain itu di wilayah utara seperti Gresik dan Tuban yang terkenal dengan wisata religi dan kegiatan ziarah.

“Nah, untuk bagian selatan-tengah ada Bromo Tengger Semeru (BTS). Yang baru dan menarik bagi pengunjung adalah jembatan Glass Seruni Point yang akan kita resmikan, yang akan menjadi tempat ikonik di BTS,” ujar Khofifah.

Gubernur Jawa Timur memastikan akses jalan menuju BTS kawasan Probolinggo, Pasuruan, dan Malang telah diselesaikan oleh pemerintah pusat.

Yang tak luput dari perhatian kemudian adalah kawasan pesisir Malang Selatan. Khofifah mengatakan, berbagai pantai eksotis saat ini berjejer di kawasan itu.

“Saat ini, masyarakat di sana juga sedang diberdayakan. Ini akan menarik lebih banyak investor, yang secara otomatis akan mengakselerasi pergerakan ekonomi di kawasan tersebut,” ujarnya.

Khofifah optimistis Malang Selatan akan menjadi kekuatan baru wisata bahari di Jatim. Karena itu, di momen libur akhir tahun ini, pihaknya mengajak wisatawan lokal maupun mancanegara untuk menikmati keindahan Jawa Timur.

“Semoga kita semua dapat berjalan dengan aman dan nyaman di momen liburan tahun baru ini serta saling menjaga kesehatan dan keselamatan,” ujar Khofifah. (wld/bil/pertama)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button