Yang Tersiram Berkat Pernikahan Kaesang-Erina: Hotel Untuk Tukang Becak - Solopos.com - WisataHits
Jawa Tengah

Yang Tersiram Berkat Pernikahan Kaesang-Erina: Hotel Untuk Tukang Becak – Solopos.com

SOLOPOS.COM — Ribuan orang menyambut Presiden Jokowi saat prosesi pernikahan Kaesang Erina dari Loji Gandrung ke Pura Mangkunegaran, Solo, Minggu (11/12/2022). ((Dokumen Pernikahan Kaesang-Erina/Laily Rachev)

cerita Solopos.com

Solopos.com, SOLO – Banyak pihak yang diuntungkan atau dihujani keberkahan dari rangkaian pernikahan Kaesang-Erina baik di Solo maupun Jogja pada Sabtu-Minggu (10-11/12/2022). Dari pengusaha perhotelan dan operator bus hingga tukang becak dan andong, pendapatan mereka meningkat.

Promosi Kartu Tokopedia menjadi Kartu Kredit Terbaik Versi Asian Banker Awards 2022

Seperti misi Ketua Panitia Pernikahan Kaesang Erina Erick Thohir yang juga Menteri BUMN, panitia melibatkan seluruh lapisan masyarakat dalam perayaan rakyat dan festival budaya untuk memeriahkan momen pernikahan putra ketiga Presiden Jokowi itu.

“Dengan itu, semua orang merasakan kebahagiaan yang dirasakan oleh kedua mempelai. Misalnya, gerbong dan becak yang disediakan panitia dirancang khusus untuk mengangkut tamu undangan, terutama yang datang dari luar daerah dan tidak menginap di hotel,” kata Erick dalam keterangan yang dirilis panitia.

Dibanding pernikahan dua anak Presiden Jokowi lainnya, yakni Gibran Rakabuming Raka pada 2015 dan Kahiyang Ayu pada 2017, rangkaian pernikahan Kaesang dan Erina lebih heboh. Terutama rangkaian acara mertua Nunduh yang diikuti karnaval pengantin baru di Jl Slamet Riyadi hingga hajatan di Pura Mangkunegaran.

Karnaval tersebut bertepatan dengan Car Free Day (CFD) yang selalu ramai setiap Minggu pagi. Selain itu, Panitia Pernikahan Kaesang Erina menyediakan 16.000 paket makanan dan minuman gratis bagi para penonton karnaval.

Baca juga: Wah, Karnaval Pernikahan Kaesang Erina Justru Harus Memberi Kesan Elit pada Jokowi

Cukup banyak orang dari luar daerah Solo yang datang untuk melihat pawai pengantin, atau sekedar ingin tahu dan ingin menikmati menu gratis dan hiburan panggung yang disediakan panitia di sembilan lokasi sepanjang jalur karnaval.

tamu pernikahan kaesang-erinaShuttle bus untuk mengantar tamu pernikahan Kaesang dan Erina di Stadion Manahan, Solo, Minggu (11/12/2022). (Solopos/Persisten Windar Pratama)

Keseluruhan rangkaian acara tersebut memberikan dampak positif baik langsung maupun tidak langsung bagi berbagai industri. Berikut pesta-pesta yang dihujani kemeriahan pesta pernikahan Kaesang-Erina di Solo.

keramahan

Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Solo mencatat hampir semua hotel, khususnya hotel bintang lima dan empat, di Kota Solo penuh sejak 9 hingga 12 Desember 2022. Hotel-hotel tersebut dipesan oleh para pejabat negara atau lembaga negara dan pemerintahan yang menjadi tamu acara Thanksgiving pernikahan putra bungsu Presiden Jokowi itu.

Tak hanya di Solo, hotel-hotel di kawasan Sukoharjo juga mengalami peningkatan okupansi sejak akad nikah ketua Persis Solo. PHRI Sukoharjo mengatakan peningkatan okupansi sudah mencapai 100% dibandingkan biasanya.

Baca Juga: Pernikahan Kaesang-Erina dan Simbol Kebangkitan Catur Islam Sagotra Mataram

“Hunian hotel sebenarnya penuh di akhir pekan, apalagi kalau ada acara, jadi penuh lagi. Saat ini bisa dikatakan meningkat 100%,” kata Ketua PHRI Sukoharjo Oma Muryanto, Minggu (4/11/2022).

Okupansi hotel di Yogyakarta juga meningkat. “Menantu Jokowi membawa berkah bagi PHRI. Untuk periode Nataru, reservasi biasanya tanggal 15 [Desember]tapi itu dari tanggal 1 sampai tanggal 15 [Desember] ada pergerakan,” kata Ketua PHRI DIY, Deddy Pranowo, Rabu (23/11/2022).

Rental Mobil

Perusahaan rental mobil di kota Solo kebanjiran pesanan rental mobil pengantin Kaesang-Erina. Pesanan datang tidak hanya dari tamu undangan yang hadir dan membutuhkan transportasi, tetapi juga dari Panitia Pernikahan Kaesang yang kebanyakan dari Jakarta.

pernikahan kaesang-erinaPedagang becak bersama tamu undangan saat pernikahan Kaesang Erina di Pura Mangkunegaran, Solo, Minggu (11/12/2022). (Solopos/Bony Eko Wicaksono)

Kontraktor persewaan mobil di Solo, Bagus Wahyu AR, mengaku mendapat pesanan persewaan mobil dari panitia, baik dari tim Erick Thohir maupun Whisnutama. Total tim Whisnutama menyewa 10 mobil, sedangkan tim Erick Thohir menyewa empat mobil dari Bagus.

Baca Juga: Jelang Wisuda Jokowi, Ini Beda Acara Pernikahan Kaesang dan Dua Saudaranya

Mereka menyewa mobil untuk jangka waktu lebih dari seminggu. Harga sewa mobil juga meningkat hampir 300 persen. Toyota Innova Reborn misalnya, dari biasanya Rp 850.000 per hari menjadi Rp 2 juta per hari. Sedangkan Toyota Alphard naik dari biasanya Rp3 juta per hari menjadi Rp10 juta per hari.

perusahaan bis

Pihak lain yang juga diuntungkan atau dihujani berkah dari rangkaian acara yang menandai pernikahan menantu Kaesang-Erina di Solo adalah operator bus. Panitia Pernikahan Kaesang mendatangkan puluhan hingga ratusan bus untuk mengantar para tamu dari hotel tempat mereka menginap, serta dari Lapangan Parkir Manahan dan Benteng Vastenburg.

Selain itu, puluhan bus digunakan untuk mengangkut ribuan relawan Jokowi yang menjadi tamu di pernikahan adik Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka itu. Di tempat tinggal para relawan, disediakan bus untuk mengangkut para relawan.

Ada tiga tempat anggota Relawan Jokowi menginap atau beristirahat. Ketiganya adalah Asrama Haji Donohudan, Ngemplak, Boyolali, kemudian Edutorium UMS di Jl Adi Sucipto, Solo dan Terminal Tirtonadi Solo. Total bus yang didatangkan dari berbagai daerah mencapai 200 unit.

Baca Juga: Misi Mengangkat Potensi Wisata Budaya Di Balik Kaesang Wedding Festival di Solo

Tukang becak dan andong

Tukang becak dan andong di Kota Solo juga diberkati karena dilibatkan panitia dalam mengantar tamu undangan ke pesta pernikahan Kaesang yang tidak menginap di hotel. Sebanyak 400 tukang becak dan 35 tukang becak terlibat dalam pengangkutan tamu dari pelataran parkir Manahan dan Benteng Vastenburg.

Pendapatannya dari transportasi tamu meningkat berkali-kali lipat dibandingkan pendapatan hariannya yang biasa. Salah seorang tukang becak, Sunardi, yang ditabrak Solopos.com usai mengantar tamu Kaesang keliling Pura Mangkunegaran pada Minggu, meraup pendapatan ratusan ribu rupiah hari itu. Padahal biasanya sangat sulit untuk mendapatkan Rp 100.000 per hari.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button