Lalu lintas tol Trans Jawa di Mojokerto diperkirakan akan meningkat selama libur Nataru - WisataHits
Jawa Tengah

Lalu lintas tol Trans Jawa di Mojokerto diperkirakan akan meningkat selama libur Nataru

JAKARTA – Astra Infra memperkirakan trafik kendaraan naik 13 persen di seluruh ruas tol yang dikelola selama libur Natal 2022-2023.

“Kami melihat akan ada peningkatan dengan secara umum semua jalan tol kami mengalami peningkatan lalu lintas sebesar 13 persen. Ini tentu akan berbeda untuk setiap ruas tol yang kami kelola,” kata Ega N Boga, Chief Executive Astra Infra Solutions, dalam temu media virtual di Jakarta, Selasa.

Secara umum, pergerakan Natal-Tahun Baru akan sering keluar kota, namun tidak tertutup kemungkinan akan dimobilisasi pariwisata melalui jalan tol dalam dan luar kota.

“Berdasarkan analisa kami, kami perkirakan pergerakan Natal lebih sering terjadi pada H-3 Natal atau tanggal 22 Desember dan diundur hingga Sabtu tanggal 24 Desember. Untuk Natal juga akan ada penambahan di pintu tol Cikopo-Palimanan (Cipali),” ujarnya.

Untuk ruas tol Semarang-Solo, kemudian Mojokerto-Kertosono, Surabaya dan Pandaan-Malang terlihat tren terjadi pada periode Natal dan Tahun Baru. Karena menurut sejarah banyak terjadi perpindahan dari Semarang ke Bawen dan sekitarnya pada periode ini.

Adapun titik kepadatan diperkirakan terjadi di Jalan Tol Tangerang-Merak di Gerbang Tol (GT) Cikupa, GT Serang Timur dan GT Merak. Sementara itu, titik kepadatan di ruas tol Cikopo-Palimanan kemungkinan terjadi menjelang Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP).

Titik kemacetan di ruas tol Semarang-Solo diperkirakan terjadi di Simpang Bawen, dan untuk ruas tol Jombang-Mojokerto kemacetan diperkirakan terjadi di Pintu Keluar Bandar – Simpang Mengkreng. Jalan Tol Pandaan-Malang diperkirakan akan padat di pintu keluar tol dan Underpass Junction Singosari.

Terkait persiapan liburan Natal dan Tahun Baru, Astra Infra memiliki lebih dari 8 Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yaitu Tangerang-Merak, Cikopo-Palimanan, Jombang-Mojokerto, Semarang-Solo, Surabaya-Mojokerto, Pandaan-Malang, Kunciran – Serpong dan Kebon Jeruk-Ulujami sudah melakukan persiapan matang untuk melayani pengguna jalan tol.

Pada kesempatan yang sama, Kris Ade Sudiyono, COO Grup AstraInfra mengatakan, dalam momen Natal dan Tahun Baru ini, pihaknya telah menyiapkan dukungan teknologi yang bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses informasi dan live report di titik-titik strategis Infra Tol Astra. , serta memantau semua area dengan teknologi pengawasan selama 24 jam dan tim pendukung akan merespons berdasarkan pemantauan teknologi ini.

Dalam rangka mendukung keselamatan berkendara di jalan tol, telah disiapkan optimalisasi layanan operasional dan infrastruktur. Periode Natal-Tahun Baru tahun ini telah menyiapkan petugas khusus yang berjumlah lebih dari 1.300 personel. (*/antaranews.com)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button