Blambangan Express Rail Link Semarang - Ketapang PP diluncurkan untuk mendukung pariwisata antar provinsi - WisataHits
Jawa Tengah

Blambangan Express Rail Link Semarang – Ketapang PP diluncurkan untuk mendukung pariwisata antar provinsi

Mulai dari Kereta Ekspres Blambangan. / Foto: Ellya.

Semarang, 3/12 (BeritaJateng.Net) – PT Kereta Api Indonesia (Persero) meresmikan peluncuran kereta api baru yaitu KA Blambangan Ekspres Hubungan Semarang Tawang – Ketapang S.

Peresmian pemberangkatan pertama KA Blambangan Ekspres dilakukan oleh Plt Wali Kota Semarang Hevearita G Rahayu bersama Kepala Daop 4 Semarang KAI Wisnu Pramudyo pada Jumat (2/12).

Peluncuran KA Blambangan bertujuan untuk mendukung pariwisata antara provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Penegasan itu disampaikan Plt Wali Kota Semarang Hevearita G Rahayu usai peresmian KA Blambangan Ekspres di Stasiun Tawang Semarang, Jumat (2/12). Kehadiran kereta api Blambangan Ekspres dapat menunjang pariwisata di Jawa Tengah khususnya Kota Semarang.

Diharapkan dengan adanya KA ekspres ini tidak hanya mengangkut penumpang dari Semarang ke Ketapang, tetapi juga dapat menggugah minat masyarakat Jawa Timur, Bali dan daerah yang dilalui KA Blambangan Ekspres di kota Semarang.

“Selain mempermudah perjalanan masyarakat, kehadiran KA Blambangan Ekspres dapat menarik minat wisatawan dari Jawa Timur, Bali dan lainnya untuk datang ke Semarang sehingga dapat mendongkrak pariwisata dan mendongkrak perekonomian kota Semarang. ‘ jelas Ita, sapaan akrab Pj Wali Kota Semarang.

Ita pun berharap PT KAI membuka jalur baru yang berpotensi meningkatkan pariwisata di Kota Semarang. Karena itu, KAI dapat bekerja sama dengan ASITA, PHRI, biro perjalanan dan lainnya untuk mengembangkan program wisata yang meningkatkan okupansi KA Blambangan Ekspres.

Sementara itu, Kadaop 4 Semarang Wisnu Pramudyo mengatakan perjalanan KA Blambangan Ekspres bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan karena semakin banyak rute yang dilayani KA. Karena sampai sekarang belum ada perjalanan kereta api langsung antara Kota Semarang dan Ketapang.

“Kita patut bersyukur hari ini dapat menyaksikan peluncuran KA Blambangan Ekspres Semarang Tawang – Ketapang hal. KAI terus berinovasi dengan menghadirkan kereta relasi baru untuk memudahkan konektivitas masyarakat dari Semarang ke Jember hingga Ketapang dan sebaliknya” ujar Wisnu.

Selain itu, KA Blambangan Ekspres diharapkan juga memberikan dampak positif bagi sektor pariwisata Kota Semarang dan Kota Banyuwangi serta daerah-daerah yang dilintasi lainnya. Kehadiran Kereta Api Ekspres Blambangan memudahkan masyarakat untuk melakukan perjalanan ke destinasi seperti Kawah Ijen, Taman Nasional Baluran, Pantai Pulau Merah, Teluk Hijau dan destinasi wisata lainnya di Kabupaten Banyuwangi.

Penamaan KA Blambangan Ekspres terinspirasi dari salah satu nama kerajaan yang pernah menguasai ujung timur pulau Jawa yaitu Kerajaan Blambangan. Harapannya, KA Blambangan Ekspres bisa sebesar dan jaya seperti kerajaan.

KA Blambangan Ekspres berangkat dari Stasiun Semarang Tawang pada pukul 18:05 dan tiba di Stasiun Ketapang pada pukul 04:40 WIB. Berangkat dari Stasiun Kereta Api Ketapang pada pukul 19:30 dan tiba di Stasiun Kereta Api Semarang Tawang pada pukul 05:44 WIB.

Tiket KA Blambangan Ekspres dapat dibeli oleh masyarakat dengan harga menarik karena KAI memberikan diskon kontingen terbatas selama keberangkatan 2-18 Desember 2022. Harga tiket promo Executive Class hanya Rp 250.000 dan Economy Class hanya Rp 150.000. Pelanggan dapat membeli tiket promo ini melalui KAI Access, website kai.id dan seluruh channel penjualan tiket resmi KAI lainnya.

Kereta Api Blambangan Ekspres memiliki beberapa fasilitas yang dapat digunakan oleh pelanggan seperti; B. AC, restorasi, toilet ramah lingkungan dan fasilitas lainnya. Khusus Executive Class, kursinya bisa dimiringkan dan diputar serta terdapat layar hiburan.

“Kami berharap KA Blambangan Ekspres dapat memberikan layanan kereta api yang aman, nyaman dan tepat waktu,” pungkas Wisnu. (Ac/El)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button