Taman Sidandang, tempat wisata murah tapi menarik di Purworejo - WisataHits
Jawa Tengah

Taman Sidandang, tempat wisata murah tapi menarik di Purworejo

Brilio.net – Di Kabupaten Purworejo terdapat tempat wisata yang sangat tertata rapi dan bersih sekaligus memberikan kenyamanan bagi pengunjungnya. Wisata tersebut bernama Taman Sidandang dan berlokasi di Kedungrante, Kaligono, Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo, Provinsi Jawa Tengah.

Pekarangan khusus

Foto: Dok/Annisa Dhea

Akses jalan menuju Taman Sidandang juga sudah bagus dan dapat dilalui kendaraan roda dua atau empat. Jika berangkat dari pusat Alun-alun Purworejo, hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit.

Pekarangan khusus

Foto: Dok/Annisa Dhea

Taman Sidandang diresmikan pada 14 Juni 2015 dan dibuka untuk umum. Taman ini dikelola secara swadaya oleh warga Desa Kedungrante, Desa Kaligono, Kecamatan Kaligesing, dan tempat ini memiliki areal yang cukup luas.

Pekarangan khusus

Foto: Dok/Annisa Dhea

Ada juga area dan fasilitas untuk dinikmati pengunjung. Layaknya taman buatan, Grojokan dengan ketinggian dan pemandian yang berbeda. Selain itu, terdapat area paviliun, vila atau penginapan, los, warung dan joglo untuk pertemuan kegiatan. Potensi alam yang ditawarkan Taman Sidandang tersaji lengkap.

Pekarangan khusus

Foto: Dok/Annisa Dhea

Parno, Kepala Balai Taman Sidandang, mengatakan fasilitas di taman ini terus disempurnakan setiap tahun. “Alhamdulillah pariwisata kita semakin baik dari tahun ke tahun, dengan penambahan fasilitas untuk mendukung pengunjung yang ingin datang,” jelasnya saat ditemui brilio.net, Jumat (2/11).

Pekarangan khusus

Foto: Dok/Annisa Dhea

Parno melanjutkan, tempat wisata yang sempat sepi selama pandemi kini kembali ramai dikunjungi wisatawan. “Sejak Corona kita tidak bisa buka dan tidak ada pengunjung sehingga tempatnya terbengkalai, sekarang penuh lagi ditambah area yang sudah diperbaiki,” lanjutnya.

Pekarangan khusus

Foto: Dok/Annisa Dhea

Area yang sering digunakan adalah area berenang dan air terjun. Daerah ini dikelilingi oleh bebatuan dan pepohonan yang indah. Pengunjung yang tidak bisa berenang bisa menyewa pelampung yang disediakan pengelola.

“Tapi harus lihat cuaca dulu, sekarang masih musim hujan, jadi kami juga sangat heboh, bahaya kalau air turun dari atas,” jelas Parno.

Pekarangan khusus

Foto: Dok/Annisa Dhea

Wisata ini dipandu oleh penduduk setempat sedemikian rupa sehingga menjadi tujuan wisata yang sangat direkomendasikan dan cocok untuk semua orang. Hal ini dapat menjadikan wisata Taman Sidandang sebagai primadona dan khususnya meningkatkan potensi wisata Desa Kaligono. Dengan tiket masuk Rp 5.000, pengunjung sudah bisa menikmati keindahan dan berfoto di area yang telah ditentukan.

Reporter: mg/Annisa Dheaning Triprasiwi

(brl/semangat)

(brl/semangat)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button