10 Kota Terbaik di Asia Tenggara 2022, yang nomor berapa Jakarta? halaman semua - WisataHits
Jawa Tengah

10 Kota Terbaik di Asia Tenggara 2022, yang nomor berapa Jakarta? halaman semua

KOMPAS.com – Jakarta masuk dalam daftar 10 kota terbaik di Asia Tenggara versi Travel and Leisure 2022. Predikat diberikan dalam penghargaan Travel and Leisure Asia’s Best Awards 2022: Kota Terbaik di Asia Tenggara.

Penghargaan ini pertama kali diberikan oleh Travel and Leisure, sebuah majalah perjalanan dan gaya hidup global yang berbasis di New York, AS

“Awal Penghargaan Terbaik Asia, bertujuan untuk memungkinkan kami melakukan lebih banyak dari apa yang dapat kami lakukan dan menjelaskan kepada orang-orang tempat-tempat di wilayah yang tidak boleh dilewatkan,” tulisnya. perjalanan dan rekreasi dikutip Sabtu (7/8/2022).

Pada penghargaan tersebut, Bangkok, Thailand meraih predikat Kota Terbaik di Asia Tenggara 2022.

Baca Juga: 10 Hotel Terbaik di Indonesia Versi Travel and Leisure 2022

metode

Travel and Leisure Asia’s Best Awards 2022 adalah penghargaan pertama majalah tersebut.

Semua nominasi terpilih ditentukan berdasarkan survei pembaca Travel and Leisure dan kemudian digabungkan dengan pendapat ahli dari tim Travel and Leisure. Periode survei berlangsung dari Januari hingga April 2022.

Baca Juga: 10 Pulau Terbaik di Asia Tenggara 2022, Ada Dua dari Indonesia

Kuil Wat Arun terletak di Bangkok, Thailand.shutterstock.com/Nott+Sutthipong Wat Arun Temple terletak di Bangkok, Thailand.

Penghargaan Terbaik Asia 2022 hanya mencakup sembilan negara di Asia. Termasuk Indonesia, Kamboja, Hong Kong, Malaysia, Maladewa, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam.

Khusus untuk nominasi Best City 2022, Travel and Leisure masuk dalam kategori Best City in Southeast Asia 2022. Dalam kategori ini, Travel and Leisure mengikutsertakan Hong Kong, meski secara administratif bukan bagian dari kawasan Asia Tenggara.

Menara Wat Arun Ratchawaram Ratchaworamawihan. SHUTTERSTOCK/NUKUL CHANADA Menara Wat Arun Ratchawaram Ratchaworamawihan.

10 Kota Terbaik di Asia Tenggara 2022

Berikut 10 Kota Terbaik di Asia Tenggara Versi 2022 versi Travel and Leisure dalam Penghargaan Penghargaan Terbaik Asia 2022: Kota Terbaik di Asia Tenggara.

1. Bangkok, Thailand

Bangkok adalah salah satu kota yang paling banyak dikunjungi wisatawan di Asia Tenggara. Ada banyak alasan mengapa ibu kota Thailand ini populer di kalangan wisatawan.

Baca Juga: Nama Asli Bangkok, Thailand, Ini Nama Kota Terpanjang di Dunia

Kuil Phra Kaew, Bangkok, Thailand DOC.  tourismthailand.org Kuil Phra Kaew, Bangkok, Thailand DOC. tourismthailand.org

Kota yang baru saja berganti nama menjadi Krung Thep Maha Nakhon ini menawarkan paket wisata yang lengkap. wisatawan dapat melakukan wisata kota Naik tuk tuk khas Bangkok dan cicipi makanan jalanan.

Namun, traveler juga bisa menikmati liburan mewah dengan bersantap di restoran berbintang Michelin atau menginap di hotel mewah. Jangan lupa untuk naik perahu di Sungai Chao Phraya.

2. Singapura

Singapura adalah sebuah negara di ujung selatan Semenanjung Malaya. Meskipun wilayahnya relatif kecil, Singapura merupakan tujuan wisata yang populer.

Baca Juga: 8 Tempat Wisata Baru di Singapura, Ada Museum Neraka dan Es Krim

Ilustrasi patung Merlion di Singapura.Dermaga. Shutterstock/Boule Ilustrasi patung Merlion di Singapura.

halaman kutipan Asosiasi Pariwisata Singapura, Singapura menawarkan paket wisata yang lengkap. Wisatawan dapat mengunjungi pura yang berusia ratusan tahun, pusat kuliner, ruang hijau yang rimbun, wisata belanja atau pemandangan kota yang menakjubkan.

Destinasi wisata terpopuler di Singapura antara lain Universal Studios Singapore, Sentosa Island, Orchard Road, Marina Bay Sands, Jewel Changi, Singapore Botanic Gardens, Singapore Flyer, Resort World Sentosa dan lain-lain.

3. Da Nang, Vietnam

Da Nang adalah sebuah kota di Vietnam timur. Terletak di antara Hanoi dan Kota Ho Chi Minh, ini adalah kota pelabuhan dan pusat ekonomi terbesar keempat di Vietnam.

Baca juga: Jembatan kaca terpanjang di dunia ada di Vietnam, Berani Coba?

Ilustrasi objek wisata di Da Nang Vietnam.  Jembatan Emas.Ilustrasi Shutterstock dari objek wisata di Da Nang, Vietnam. Jembatan Emas.

Ada banyak kegiatan wisata yang bisa dilakukan di Da Nang, antara lain kunjungan museum, wisata alam, wisata religi, wisata kuliner, dan lain-lain.

Sejumlah tempat wisata di Da Nang yang menjadi tujuan wisata populer, seperti Jembatan Emas, Museum Da Nang, Kota Kuno Hoi An, Pagoda Linh Ung, Pegunungan Marmer Da Nang, dan kawasan pesisir Semenanjung Son Tra.

4. Kuala Lumpur, Malaysia

Ibukota Malaysia ini menawarkan banyak destinasi wisata mulai dari wisata alam, wisata kota, wisata budaya, wisata religi dan lain-lain. Kuala Lumpur adalah kota metropolitan sekaligus kota terbesar di Malaysia.

mengutip Kompas.com (17.01.2014), Jalan Alor di kawasan Bukit Bintang merupakan salah satu dari sejumlah tempat wisata populer di Kuala Lumpur. Saat melewati area ini, jangan lupa untuk mencoba nasi lemak dan lauk pauknya.

Gua Batu, Malaysia.PEXELS/NICO CEZAR Batu Caves, Malaysia.

Berikutnya adalah Batu Caves di distrik Gombak. Batu Caves adalah salah satu tempat ibadah umat Hindu di Malaysia yang terbuka untuk wisatawan.

Ikon Batu Caves adalah patung Dewa Murugan setinggi hampir 50 meter dari emas. Lalu ada Twin Tower atau Menara Petronas yang menjadi icon Malaysia.

5. Hanoi, Vietnam

Hanoi adalah ibu kota Vietnam dan terletak di tepi Sungai Merah. mengutip situs pariwisata vietnam, Berasal lebih dari 1.000 tahun, kota ini kaya akan situs bersejarah.

Jalan-jalan di kota tua, misalnya, sudah ada sejak abad ke-14, meski fasad bangunan kolonial tetap dipertahankan.

Baca Juga: 6 Moda Transportasi Saat Jalan-jalan di Vietnam, Dari Kereta Sampai Kapal

Ilustrasi HanoiDermaga. Ilustrasi Hanoi

Namun, Hanoi juga menawarkan destinasi wisata modern yang menarik pengunjung, seperti kafe modern, restoran kelas dunia, dan galeri seni.

Wisatawan dapat bergabung dengan penduduk setempat di Danau Hoan Kiem di jantung kota Hanoi untuk mengetahui apa yang sedang dilakukan penduduk setempat. Ada beberapa warga yang melakukan yoga, jalan-jalan, atau sekedar bersantai dan menikmati sore hari.

Taman Nasional Doi Inthanon. SHUTTERSTOCK/TRAVEL MAN Taman Nasional Doi Inthanon.

6.Chiang Mai, Thailand

Chiang Mai adalah kota terbesar kedua di Thailand. Terletak di bagian utara Thailand, kota ini terletak di antara pegunungan, sehingga udaranya sejuk.

mengutip Kompas.com (24.2.2020) Wisatawan bisa melihat bunga sakura bermekaran di Chiang Mai, tepat di kawasan Ban Khun Chang Kian. Tempat-tempat wisata utama di Chiang Mai termasuk kuil berlapis emas Wat Phra That Doi Suthep, Kebun Raya Ratu Sirikit dan Taman Nasional Doi Inthanon, gunung tertinggi di Thailand.

Bunga sakura mekar penuh di Khun Chang Khian, Chiang Mai, Thailand.SHUTTERSTOCK/PLOYPEMUK Menyaksikan bunga sakura di Khun Chang Khian, Chiang Mai, Thailand.

Wisatawan juga bisa mengunjungi Chiang Mai Night Safari yang memberikan sensasi mengunjungi hutan belantara di malam hari. Terletak 700 kilometer dari Bangkok, kota ini cocok untuk wisatawan yang tertarik dengan budaya Thailand dan pegunungan yang sejuk dan tenang.

7. Hongkong

Meskipun secara administratif Hong Kong bukan bagian dari kawasan Asia Tenggara, Travel and Leisure memasukkan namanya dalam kategori Penghargaan Terbaik Asia 2022: Kota Terbaik di Asia Tenggara.

Hong Kong adalah salah satu magnet wisata di Asia. Kota padat penduduk ini memiliki banyak destinasi wisata yang menarik wisatawan dari city tour, gedung pencakar langit, wisata seni, wisata religi, wisata budaya, wisata kuliner, wisata alam, taman hiburan dan lain-lain.

Baca Juga: Restoran Terapung Besar Hong Kong Terguling di Laut Cina Selatan

Ilustrasi kota Hong KongIlustrasi Shutterstock Kota Hong Kong

Ikon wisata Hong Kong termasuk Disneyland Hong Kong, Kowloon Barat, salah satu proyek budaya terbesar, dan Pasar Malam Temple Street.

Kemudian wisatawan bisa naik kapal Star Ferry dan menikmati pertunjukan laser dan kembang api, atau mengunjungi Victoria Peak untuk melihat pemandangan Hong Kong dari atas.

Selain wisata di atas, ada Wong Tai Sin Temple, Tsim Sha Sui, Ocean Park, Repulse Bay and Beach, dan lain-lain.

8. Kota Ho Chi Minh, Vietnam

Kota Ho Chi Minh dulu disebut Saigon. Kota ini terletak di Vietnam selatan.

halaman kutipan pariwisata vietnam, sebuah kota di dekat Delta Mekong, adalah jantung ekonomi Vietnam. Sebagai kota kosmopolitan, Kota Ho Chi Minh menawarkan banyak tempat wisata yang memadukan suasana Vietnam lama dan baru dalam satu kota.

Baca Juga: Kota Ho Chi Minh Jadi Kota Terbaik untuk Solo Travelers di Dunia 2022

Kota Ho Chi Minh, Vietnam.SHUTTERSTOCK/TBONE LEE Kota Ho Chi Minh, Vietnam.

Seperangkat ikon pariwisata di Kota Ho Chi Minh, berdasarkan informasi dari situs web Pariwisata Vietnam, termasuk Katedral Notre Dame, yang desainnya mirip dengan Katedral Notre Dame di Paris.

Kemudian Saigon Opera House yang memadukan gaya arsitektur Prancis dan Vietnam, Pasar Ben Tanh, pasar yang menjual berbagai pernak-pernik Vietnam, Pagoda Kaisar Giok yang dibangun dengan gaya arsitektur Cina, dan sebagainya.

9. Phnom Penh, Kamboja

Phnom Penh adalah ibu kota dan kota terbesar di Kamboja. Terletak di tepi Sungai Mekong, kota ini dianggap sebagai salah satu kota terindah di Prancis.

mengutip Kompas.com (17.7.2018) ada beberapa tempat wisata yang bisa dikunjungi wisatawan. Sebut saja Central Market, pasar terbesar di Phnom Penh dan peninggalan legendaris pemerintah kolonial Prancis.

Museum Nasional Kamboja di Phnom Penh.KOMPAS.com / SAKINA RAKHMA DIAH SETIAWAN Museum Nasional Kamboja di Phnom Penh.

Wisatawan yang tertarik mengetahui sejarah Kamboja dapat mengunjungi Museum Nasional Kamboja yang menyimpan benda-benda bersejarah bangsa Kamboja.

Selain Museum Nasional Kamboja, wisatawan juga dapat melihat Istana Kerajaan Kamboja dari luar, karena penduduk setempat tidak diperbolehkan masuk.

10.Jakarta, Indonesia

Kota metropolitan ini adalah ibu kota Indonesia. Di luar gedung pencakar langit, Jakarta menawarkan berbagai wisata mulai dari sejarah, budaya, religi, seni, modernisme, dan wisata alam.

Wisatawan bisa mengunjungi ikon wisata Jakarta yaitu Monumen Monas. Lalu ada kawasan Kota Tua yang merupakan wisata budaya dan saksi sejarah perkembangan Jakarta.

Baca Juga: 11 Wisata di Monas, Bisa Melihat Diorama dan Menikmati Panorama Jakarta

Pemandangan Monumen Nasional (Monas) dari Perpustakaan Nasional lantai 24 Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (11/8/2017).  Dengan total 24 lantai dan tiga lantai basement, Perpustakaan Nasional RI merupakan gedung perpustakaan tertinggi di dunia.  KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULATIONKOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG Pemandangan Monumen Nasional (Monas) dari lantai 24 Perpustakaan Nasional di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (11/08/2017). Dengan total 24 lantai dan tiga lantai basement, Perpustakaan Nasional RI merupakan gedung perpustakaan tertinggi di dunia. KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULATION

Wisatawan juga bisa menikmati keseruan berbagai game drive di Dunia Fantasi. Selain itu, Jakarta memiliki pusat perbelanjaan, hotel bintang lima, restoran, dan kafe modern.

dapatkan pembaruan pesan yang dipilih dan berita terkini setiap hari dari Kompas.com. Jom join grup Telegram “Kompas.com News Update” caranya klik link lalu join. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: travel.kompas.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button