Leuwi Tonjong, surga alam eksotis yang tersembunyi seperti Phuket di Garut - WisataHits
wisatahits

Leuwi Tonjong, surga alam eksotis yang tersembunyi seperti Phuket di Garut

Harga tiket: Rp 10.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Jayamukti, Kec. Cihurip, Kab. Garut, Jawa Barat; Kasus: Cek lokasi

Apakah Anda pernah mengunjungi Phuket, Thailand? Tidak masalah jika Anda belum melakukannya, karena Anda tidak harus pergi jauh-jauh. Indonesia juga memiliki destinasi wisata yang mirip dengan Phuket, tepatnya di Garut, Jawa Barat. Leuwi Tonjong merupakan objek wisata yang menawarkan keindahan alam di tengah hutan. Dikatakan menyerupai Phuket di Thailand karena tempatnya yang sangat mirip, yaitu sungai dangkal yang diapit oleh dua tebing raksasa.

Tempat wisata di kaki Gunung Gong ini masih alami dan belum terjamah oleh manusia. Tempatnya juga cukup jauh dari keramaian kota dengan akses yang tidak bisa dikatakan mudah. Aliran sungai di sana cukup jernih, terutama di musim kemarau. Tebing yang menjulang setinggi sekitar 100 meter menjadi penghias tersendiri dan mampu menarik banyak pengunjung dari berbagai daerah. Tak heran, tempat wisata di Jayamukti, Cihurip ini berhasil meraih juara kedua kategori “Langit Tersembunyi” oleh Kementerian Pariwisata RI.

Atraksi Leuwi Tonjong

Tempat wisata Leuwi TonjongKredit gambar: Google Maps Anita Deckha

Pesona alamnya yang menakjubkan, itulah yang menjadi daya tarik Leuwi Tonjong. Dua tebing besar itu bukan hanya sekedar pembatas antara aliran air sungai, melainkan pemandangan alam yang tak bisa dijangkau akal. Bentuknya meruncing di bagian atas dan ada sedikit lumut sebagai hiasan, sehingga terlihat agak kehijauan. Namun secara keseluruhan, warna tebingnya seperti warna batu karang, yaitu putih dan sedikit hitam.

Di pagi hari, cahaya matahari terbit meluncur perlahan di sepanjang dua tebing. Anda juga bisa menikmati pemandangan yang jarang ditemukan di tempat lain jika sedang beruntung. Selain itu juga bisa terlihat saat matahari terbenam, namun tidak begitu bagus karena cahayanya perlahan menjauh dari tebing.

Dari atas tebing memiliki rambut hijau, tentu yang Anda dengar adalah pepohonan di sekitar. Aliran airnya tidak begitu deras sehingga terlihat seperti air terjun mini karena melewati batu karang yang cukup besar di tengahnya. Sungai di sana cukup dangkal di tepiannya dengan warna pirus, tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Pada siang hari, dekorasi langit tampak terlukis indah dari pantulan air yang begitu tenang dan damai. Bagi Anda yang ingin bersantai, Leuwi Tonjong layak untuk dikunjungi.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Leuwi TanjongKredit gambar: Twitter Indonesia_in_G.C.C_Eyes ا الخليج

Alamat lengkap Leuwi Tonjong ada di Jayamukti, Cihurip, Garut, Jawa Barat. Jaraknya tidak lebih dari 60 km dari pusat kota Bandung dan dapat ditempuh dalam waktu 2 jam dengan kendaraan bermotor. Untuk bisa sampai ke sana, tentunya membutuhkan rute yang tepat. Untungnya, ada banyak rute yang bisa ditempuh, salah satunya melalui Jalan Raya Garut hingga Cikajang.

Setelah sampai di jalan, lanjutkan perjalanan menuju desa Jayamukti. Namun ingat, yang perlu diperhatikan adalah rute tersebut belum membawa Anda ke lokasi wisata. Parkirkan kendaraan di lokasi yang telah ditentukan, kemudian lanjutkan perjalanan dengan moto-taksi di sana. Ini lebih aman dilakukan karena jalan di depan tidak ramah pengguna. Jalan setapak dan jalan licin siap menyambut kedatangan Anda selama perjalanan dengan bantuan ojek.

Perjalanannya cukup sulit, begitu turun dari moto-taksi masih harus melanjutkan perjalanan. Ini bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi mereka yang menyukai petualangan. Bukan jalan aspal atau beton yang terjadi, tetapi jalan tanah dengan batu-batu kecil dan besar yang siap dipatahkan tanpa alas kaki. Jangan mengharapkan pegangan saat menuruni tangga karena Anda tidak akan mendapatkannya. Turunan yang harus dilalui juga cukup curam, Anda harus selalu waspada dan menggunakan sepatu anti slip untuk keselamatan.

Harga tiket masuk objek wisata

Harga Tiket Leuwi TanjongKredit gambar: Twitter detikTravel

Harga tiket masuknya 10.000 rupiah untuk hari biasa dan 15.000 untuk hari libur, tentunya hal ini tidak menjadi masalah dengan tempat wisata yang ditawarkan. Bahkan harganya sangat murah dibandingkan dengan tempat wisata lainnya yang juga menampilkan pemandangan alam sebagai daya tarik utamanya.

Untuk jam buka, Wisata Leuwi Tonjong buka setiap hari dengan full day yaitu 24 jam. Namun, tidak disarankan untuk menginap jika tidak ada alasan penting. Hal tersebut merupakan antisipasi untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Leuwi Tonjong

Hal yang Dapat Dilakukan di Leuwi TonjongKredit Gambar: Google Maps Ridwan Christyawan

Akses menuju lokasi tidak bisa dikatakan mudah, karena Anda harus melewati berbagai rintangan di dalam hutan. Namun, semuanya akan terbayarkan ketika sudah sampai di lokasi utama, pemandangan indah yang masih alami tentunya. Di Leuwi Tonjong tentunya Anda bisa melakukan berbagai aktivitas menarik yang sebagian besar masih seputar air.

1. Nikmatnya berenang dan bermain air

Banyak wisatawan yang sekadar berenang atau bermain air sesampainya di sana. Seolah lupa betapa sulitnya mencapai tempat itu, mereka langsung menceburkan diri.

Bagi yang tidak bisa berenang atau karena faktor lain, bermain air juga sangat menyenangkan untuk dilakukan. Anda bisa memanfaatkan batu-batu yang ada di pinggir selama permainan, baik untuk diletakkan maupun untuk dilempar ke dalam air. Utamakan safety, karena bebatuan cukup tajam dan licin.

2. Arung jeram menyusuri sungai

Aktivitas lain yang tak kalah seru adalah menuruni sungai. Kali ini bukan berenang, melainkan menggunakan rakit yang bisa disewa dari pengelola. Ukurannya cukup panjang dengan lebar bambu sedang. Penduduk setempat menyebutnya getek, Anda dapat menggunakannya untuk melihat lebih dekat tebing yang membatasi sungai.

3. Menikmati Keindahan Leuwi Tonjong

Pastinya semua pengunjung yang datang ke tempat ini ingin menikmati pemandangan alam luar biasa yang secara alami hadir dengan sendirinya. Batu, air, pohon, dan tanah tampaknya bekerja sama untuk menciptakan pemandangan yang layak untuk ditonton.

Karena kedalamannya cukup dangkal, sebaiknya datang ke sana saat musim kemarau. Saat itu airnya masih alami dan jernih seperti kaca karena arusnya tidak begitu kuat. Sama halnya dengan hujan deras yang bisa membuat air menjadi keruh jika turun deras.

4. Kegiatan keluar

Nongkrong bebas dengan permainan sederhana, baik secara individu maupun tim, juga bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan. Tidak ada aturan dalam aktivitas keluar ini, jadi Anda bisa melakukannya sendiri dengan grup. Secara umum, kegiatan keluar terdiri dari pelatihan kerja tim. Anda bisa menggunakan air atau batu-batu kecil untuk kegiatan ini.

5. Berkemah bersama

Kegiatan menarik di Leuwi TonjongKredit gambar: Twitter Indonesia_in_G.C.C_Eyes ا الخليج

Tidak menutup kemungkinan kegiatan camping juga bisa dilakukan di Leuwi Tonjong Garut. Anda bisa bermalam menggunakan tenda yang dibawa dari rumah atau menyewanya di loket. Seperti diketahui, lokasi wisata menarik di hutan maupun di kaki gunung buka sepanjang waktu, namun sebaiknya selalu meminta izin kepada pengelola saat memutuskan untuk berkemah di sana.

6. Memancing menyenangkan

Meski jarang menjadi tujuan utama, tak ada salahnya melakukan aktivitas memancing, terutama bagi para amatir. Kegiatan ini sering dilakukan oleh warga sekitar, Anda bisa menemani mereka sambil belajar tentang sejarah tempat-tempat wisata tersebut. Setidaknya Anda bisa menyalurkan hobi Anda saat berlibur, bukan?

7. Cari spot foto yang menarik

Abadikan momen liburan, itu hal terpenting dalam liburan. Ada banyak spot foto yang indah dan mempesona di tempat yang Anda kunjungi. Anda bisa menggunakan tepi tebing sebagai titik utama. Ada juga air terjun mini yang juga cocok dan bisa menghasilkan foto-foto indah untuk diunggah ke media sosial. Spot foto lain yang banyak digunakan wisatawan adalah di bawah tebing. Kehadiran lumut yang menghiasi tebing nampaknya menjadi nilai plus dari spot tersebut.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Leuwi TanjongKredit Gambar: Instagram Mochamad Sugih

Tidak banyak fasilitas saat anda tiba di lokasi Leuwi Tonjong, setidaknya anda hanya bisa menggunakan rakit sebagai alat transportasi dan sebagai tempat camping. Lebih lengkap lagi ketika Anda ke sana, Anda akan menemukan tempat ibadah, restoran berupa warung, toilet yang digunakan untuk membersihkan diri, dan tentunya tempat parkir mobil.

Oleh karena itu, ada baiknya Anda mempersiapkan segala sesuatunya saat pergi ke tempat kejadian, terutama dalam hal makanan. Bawalah makanan yang cukup untuk persiapan perjalanan dan saat Anda tiba di tempat kejadian. Anda bisa membelinya di toko terdekat agar tidak memakan waktu terlalu lama, karena medan yang harus dilalui cukup sulit dan memakan waktu yang lama, minimal 30 menit dari lokasi ojek untuk turun.

Indonesia yang kaya akan tempat wisata memang patut dibanggakan. Banyak tempat wisata yang layak untuk dikunjungi, terutama yang memiliki pemandangan alam seperti Leuwi Tonjong di Garut. Mengingat lokasinya yang tidak mudah dijangkau, ada baiknya jika Anda merencanakan jauh-jauh hari untuk mempersiapkan berbagai kebutuhan, terutama kondisi tubuh.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button