Ada satu desa binaan yang sukses di Indonesia Tourism Village Award 2022 (ADWI), Let's Listen - WisataHits
Jawa Timur

Ada satu desa binaan yang sukses di Indonesia Tourism Village Award 2022 (ADWI), Let’s Listen

jakarta.suaramerdeka.com – Sejumlah desa binaan PT Astra International Tbk dan anggota program Astra Welfare Village (DSA) dan Astra Berseri Village (KBA) meraih sejumlah penghargaan pada perayaan Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022, Minggu lalu ( 30.10.).

ADWI sendiri merupakan gelar Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Kegiatan ini merupakan ajang untuk mempromosikan pengelolaan desa yang lebih baik sehingga dapat memberikan kontribusi bagi kesejahteraan masyarakat sekitar.

Manajer CSR Astra Bima Krida Pamungkas mengatakan, sejumlah desa yang dibiayai mendapat penghargaan dalam acara tersebut. Beberapa di antaranya adalah Desa Wisata Pariangan di Sumatera Barat yang meraih Juara I kategori Desa Wisata Berkembang, Desa Wisata Sembungan Jawa Tengah yang meraih Juara I kategori Desa Wisata Rintisan, dan Desa Wisata Keris Jawa Timur Juara I. dalam kategori “Daya Tarik Pengunjung”. , dan Desa Wisata Budodo, Sulawesi Utara, sebagai juara pertama kategori Digital dan Kreatif.

“Ada juga Desa Wisata Negeri Hila di Maluku yang meraih juara pertama kategori homestay, dan Desa Wisata Matano Iniaku di Sulsel menjadi juara II kategori desa kelembagaan,” jelasnya dalam konferensi pers, Selasa (1/11/2022). ).

Baca Juga: Program ADWI Ciptakan Desa Wisata Berkualitas Raih MURI Awards

Ia menjelaskan, keberhasilan sejumlah desa liburan tidak lepas dari dukungan perusahaan dalam berbagai aspek seperti: B. pengembangan sumber daya manusia dan peningkatan infrastruktur pendukung yang terkait dengan kebutuhan desa liburan.

“Hal ini dilakukan melalui program Astra Welfare Village (DSA) dan Astra Berseri Village (KBA), yang memberikan dukungan langsung, pelatihan, pemberdayaan kelembagaan, dukungan infrastruktur dan pemasaran digital,” katanya.

Dengan pencapaian tersebut, mereka juga menandatangani nota kesepahaman dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tentang pengembangan desa liburan. Nantinya, Astra dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif akan mempromosikan dan mendukung setidaknya 25 desa wisata di seluruh Indonesia.

Baca Juga: Antisipasi Potensi Tabrakan Antar Desa Wisata

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button