Pantai Nguluran, Gunung Kidul, pantai modern dengan spot foto keren di teras kaca - WisataHits
wisatahits

Pantai Nguluran, Gunung Kidul, pantai modern dengan spot foto keren di teras kaca

Harga tiket: Rp 10.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Bolang, Girikarto, Kec. Panggang, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Kasus: Cek lokasi

Pantai Nguluran merupakan salah satu destinasi wisata di kawasan Gunung Kidul, Yogyakarta. Menampilkan keindahan pemandangan pasir putih yang bersih dengan perairan pantai yang putih kebiruan, membuat Nguluran begitu diminati oleh para pecinta wisata pantai, wisatawan lokal maupun mancanegara.

Padahal, kawasan Nguluran merupakan resort milik pribadi. Resort ini dibangun dengan cukup mewah dan banyak spot foto buatan yang sengaja dibuat untuk menambah kesan asri. Namun lama kelamaan kawasan ini mulai viral karena adanya jembatan kaca di kawasan tersebut, hingga akhirnya dibuka untuk umum.

Wisata Jogja yang terkenal ini selalu ramai setiap harinya. Memasuki musim perayaan, kawasan Pantai Nguluran akan ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah. Biasanya ada juga paket liburan yang membuat Nguluran masuk dalam daftar paket wisata. Paket ini biasanya dicari oleh siswa SMA yang akan lulus sebagai bagian dari pesta kelulusan atau cuti instansi.

Atraksi Pantai Nguluran

Objek Wisata Pantai NguluranKredit gambar: Google Maps (Kaka Kristin)

1. Menawarkan Pemandangan Pantai Panoramik yang Menakjubkan

Wisata Perairan Nguluran terkenal dengan pasir putihnya yang bersih. Warna airnya yang sangat jernih dan putih kebiruan akan terlihat sangat bagus jika dilihat dari ketinggian. Pemandangan seperti ini tentunya akan sangat sulit ditemukan di daerah padat penduduk, seperti perkotaan. Ini adalah suasana yang sangat nyaman.

Jenis panorama ini cocok bagi wisatawan yang menyukai dunia fotografi dan suka memotret alam. Pemandangan pantai akan sangat menakjubkan dan menawan jika diambil dari sudut yang tepat. Pemandangannya akan sangat indah di pagi hari, saat matahari baru saja terbit. Bahkan di sore hari menunggu fenomena sunset.

2. Jembatan kaca dan titik perahu buatan manusia

Selain memiliki keindahan alam yang memukau, kawasan pantai Nguluran juga terkenal dengan jembatan dan perahu kaca buatannya. Dengan bahan dasar kaca, wisatawan dapat melihat semua aktivitas yang berlangsung di bawah jembatan atau di bawah perahu. Sedikit menguji adrenalin bagi wisatawan yang sedikit pusing.

Namun jangan salah, meski tempat ini agak menyeramkan, tempat ini tetap menjadi buruan banyak pengunjung yang datang ke Ngulur. Mereka berlomba-lomba berfoto dengan spot jembatan dan perahu kaca sebagai background. Untuk menjajal kawasan ini, wisatawan yang datang akan dikenakan biaya perjalanan yang cukup murah dan terjangkau.

3. Pantai dengan banyak permainan untuk anak-anak

Daya tarik lain yang dimiliki Pantai Nguluran adalah adanya berbagai jenis permainan anak yang memang sengaja disediakan oleh pengelola. Hati-hati, padahal di sekitar kawasan Nguluran banyak terdapat permainan anak-anak yang bisa dinikmati pengunjung kapan saja. Permainan, yang seperti ayunan di sekitar area.

Bukan tanpa alasan, pihak pengelola sengaja menyediakan fasilitas tersebut agar pantai ini juga diminati pengunjung kalangan anak-anak. Oleh karena itu pantai ini dapat dijadikan sebagai tempat liburan bagi anak-anak. Diharapkan dengan pembenahan yang dilakukan pengelola, jumlah pengunjung yang datang akan meningkat.

Alamat dan Arah Lokasi Pantai Nguluran

Alamat Pantai NguluranKredit gambar: Google Maps (Trisno Ary Budi)

Pantai Nguluran sendiri merupakan sebuah destinasi yang terletak di Gunung Kidul, Jogjakarta. Secara spesifik berada di wilayah Desa Bolang, Girikarto, Kecamatan Panggang, dan masih dalam wilayah Kabupaten Gunung Kidul, Provinsi DI Yogyakarta. Wisatawan yang ingin berkunjung biasanya mengambil jalur umum yang biasa dilalui pengunjung.

Biasanya wisatawan memilih memulai dari kawasan Jalan Malioboro. Titik awal ini dianggap sebagai rute termudah untuk ditempuh. Dari kawasan Malioboro, Anda bisa berjalan kaki menuju Jalan Panembahan Senopati lalu menuju ke arah Brigjen Katamso. Anda akan menemukan sebuah tempat bernama Jokteng Timur.

Dari Jokteng Timur, Anda hanya perlu mengikuti jalur yang ada untuk memasuki kawasan Parangtritis. Jaraknya diperkirakan sekitar 11 kilometer. Setelah itu Anda akan menemukan perempatan Bakulan dan Anda harus berbelok ke kiri menuju Imogiri. Setelah itu Anda akan sampai di area Baking Terminal, pilih jalur belok kanan.

Setelah belok kanan, ikuti saja rambu untuk sampai ke kawasan Nguluran. Sedikit informasi, karena belum ada angkutan umum yang bisa mengakses kawasan pantai ini, wisatawan yang datang berkunjung diharuskan membawa kendaraan sendiri. Untuk itu, persiapkan dengan matang dan pasti.

Harga Tiket Masuk Wisata Pantai Nguluran

Harga Tiket Pantai NguluranKredit Gambar: Google Maps (Arya the Sneakerhead Hacker)

Tentunya tidak jauh berbeda dengan resort pada umumnya, pengelola Pantai Nguluran juga mengenakan biaya masuk untuk setiap pengunjung. Untuk tiket masuk ke pantai ini, setiap orang harus membayar sekitar Rp10.000 per orang. Biaya tersebut belum termasuk biaya wahana dan kursi yang tersedia.

Pengelola juga mengenakan biaya parkir bagi pengunjung yang membawa kendaraan pribadi. Tarifnya Rp 5.000 untuk kendaraan bermotor, Rp 10.000 untuk kendaraan roda empat, dan Rp 30.000 untuk kendaraan besar seperti bus. Biasanya bus digunakan oleh pengunjung yang datang dalam rombongan besar.

Aktivitas Seru Yang Bisa Dilakukan Di Pantai Nguluran

Aktivitas di Pantai NguluranKredit gambar: Twitter.com @mytrip_magazine

1. Perasaan berdiri di jembatan kaca

Ada sebuah jembatan kaca yang sengaja dibangun oleh pengelola untuk menambah kesan mewah di salah satu pantai indah di Jogja ini. Dengan dek kaca, ujungnya bisa melihat ombak menerjang melalui kaca bening. Tempat ini saja sudah cukup untuk menguji adrenalin karena berada di ketinggian. Tertarik untuk mencoba?

2. Duduk di perahu kaca

Tak puas dengan jembatan kaca sederhana, pemilik resort juga membuat perahu atau perahu kaca yang letaknya tak jauh dari jembatan. Bedanya jika dek kaca interior lengkap menggunakan kaca, maka perahu hanya sebagian kaca. Ada tempat duduk di ujung perahu yang biasa diperebutkan pengunjung di sini.

3. Nikmati keindahan pantai di atas kursi raksasa

Tidak cukup berani untuk mencoba jembatan kaca? Jangan khawatir, ada spot Kursi Raksasa di kawasan Pantai Nguluran. Semua bingkai terbuat dari kayu yang dicat putih dan tidak kalah menarik dari jembatan kaca. Anda bisa menikmati keindahan Nguluran dari tempat menarik ini. Pastinya akan sangat seru dan mendebarkan.

4. Duduk santai di kursi santai logam

Setelah menikmati keindahan kursi raksasa, Anda bisa mencoba duduk di kursi besi yang cukup panjang. Tempat ini sangat diminati karena pemandangan Nguluran yang begitu indah dan megah dari kursi besi ini. Jangan sampai ketinggalan, karena spot ini sangat diminati oleh para wisatawan, terutama yang datang untuk tujuan hunting foto.

5. Berburu foto di semua spot

Karena informasi di atas mencakup hampir semua spot di Pantai Nguluran, aktivitas terakhir yang tidak boleh Anda lewatkan adalah hunting foto di semua spot. Dengan wahana unik tersebut, banyak wisatawan yang menjadikannya sebagai spot foto. Anda bisa menyewa jasa foto yang tersebar luas di kawasan pantai ini.

Akomodasi murah di sekitar pantai Lokasi

Akomodasi Di Sekitar Pantai LokasiKredit Gambar: Tribunnews.com

1. Ratu Resor Pantai Selatan

Berada di kawasan yang cukup strategis, pemandangan pantai dari hostel ini terbilang sangat bagus dan asri. Menyediakan berbagai fasilitas lengkap, mulai dari akses pantai hingga spa, membuat hostel ini begitu menarik. Ada juga fasilitas layanan kamar yang tersedia sepanjang hari dan tersedia setiap saat.

2. Resor Inessya

Penginapan selanjutnya yang bisa dijadikan referensi adalah Inessya Resort. Meski tidak ada fasilitas AC di kamar tidur, Inessya akan cocok digunakan sebagai lokasi bulan madu. Menyediakan fasilitas yang cukup lengkap, dengan pemandangan dari kamar tidur yang mengarah langsung ke pantai, membuat resort ini banyak diminati.

3. Asrama Putra Darma

Fasilitas yang menarik dari hostel ini adalah pengunjung diperbolehkan untuk membawa hewan peliharaannya. Hostel yang terletak di dekat Pantai Nguluran ini menawarkan kamar-kamar ber-AC. Pemandangan asrama juga masih sangat tradisional dengan banyak perabotan kayu yang kokoh dan sangat kokoh.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Nguluran Gunung Kidul

Fasilitas Pantai NguluranKredit gambar: Google Maps (Trisno Ary Budi)

Kawasan wisata pantai di jogja dengan tempat yang unik dan menarik tentunya fasilitas yang tersedia sangat lengkap dan memadai. Mulai dari tempat parkir mobil yang luas, akomodasi yang dekat dengan pantai, serta spot dan wahana yang menarik, sudah cukup membius minat para pengunjung yang datang.

Fasilitas penunjang lainnya, seperti tempat ibadah, toilet umum yang bisa digunakan kapan saja, serta rumah makan yang tersebar luas di kawasan tepi pantai, tentu menjadi fasilitas yang harus ada. Restoran-restoran di sekitarnya juga menawarkan berbagai makanan khas Jogja yang enak dan lezat.

Itulah beberapa informasi singkat tentang Pantai Nguluran yang bisa Anda jadikan referensi sebelum berlibur ke sana. Meski tidak ada angkutan umum yang mengakses kawasan Nguluran, Anda tetap bisa menyewa kendaraan dari titik awal Anda. Harga yang dipatok pasti sangat terjangkau, asalkan pergi secara rombongan.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button