Pantai Wakatobi Cemara, pantai yang mempesona dan indahnya matahari terbenam - WisataHits
wisatahits

Pantai Wakatobi Cemara, pantai yang mempesona dan indahnya matahari terbenam

Harga tiket: Rp 10.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Jl.Raya Waha, Sombu, Kec. Wangi-Wangi, Kab. Wakatobi, Sulawesi Tenggara; Kasus: Cek lokasi

Wakatobi merupakan salah satu taman nasional di Sulawesi Tenggara yang memiliki sejuta keindahan. Salah satu ikon wisata adalah Pantai Cemara di Wakatobi yang banyak dikunjungi wisatawan domestik maupun mancanegara. Meski tergolong baru, panorama alam yang ditawarkannya tak kalah dengan wisata alam lainnya.

Sirkuit ini terkenal memiliki seratus mata air yang muncul dari dasar laut dan itulah yang membuatnya unik. Ternyata tempat ini punya pepatah sendiri kalau mau ke pantai, lewati saja dapurnya. Pepatah mengatakan ada sejuta objek wisata di pantai Cemara ini.

Pada hari libur khususnya, wisatawan akan berduyun-duyun ke pantai. Lahan yang luas dapat menampung hingga lebih dari 100 orang. Ombak yang tidak terlalu besar sangat cocok dinikmati dengan semilir angin yang sejuk. Tak heran jika banyak orang yang menjadikan tempat rekreasi ini sebagai tujuan wisata keluarga.

Atraksi Pantai Cemara

Atraksi Pantai CemaraKredit gambar: Instagram infoduniatravel

1. Air laut biru

Pemandangan alam yang akan Anda lihat pertama kali saat liburan ke Pantai Cemara adalah air laut yang biru jernih. Terkadang ada juga perahu nelayan di pesisir pantai yang sedang berlabuh untuk melengkapi suasana wisata. Selama liburan di sini Anda akan menemukan tulisan-tulisan yang tidak boleh dibuang ke laut secara khusus, agar kejernihannya tetap terjaga.

Pasir putih juga terletak di sepanjang sirkuit yang bisa menyejukkan mata wisatawan. Pengunjung cukup duduk-duduk di pinggiran sembari ditemani deru ombak. Tak sedikit juga yang bermain di kawasan tersebut, mulai dari permainan air, pasir dan juga voli pantai. Jika pemandangan tersebut dipotret dengan kamera, itu akan menciptakan kenangan khusus saat Anda meninggalkan tempat itu.

2. Melihat matahari terbenam

Hal lain yang membuat kawasan Pantai Cemara menjadi lebih baik adalah tempat yang cocok untuk melihat matahari terbenam. Lokasinya yang menghadap ke Laut Banda sangat cocok untuk dikunjungi hingga sore hari. Pada hari yang cerah, matahari terbenam tampak bulat sempurna di balik air laut, Anda dapat menikmatinya dengan duduk di gazebo atau langsung di pantai pasir putih.

Warna langit yang telah berubah menjadi jingga banyak diabadikan oleh pengunjung dengan potret fotografi. Terkadang di sore hari juga ada pertunjukan live music yang akan menemani Anda. Karena itu, banyak orang menghabiskan waktu sampai gelap di pantai. Tempat akan penuh, terutama pada hari Sabtu dan Minggu.

3. Banyak pohon Natal

Seperti namanya, pantai ini memiliki banyak pohon cemara yang ditanam di sepanjang pasir. Pepohonan hijau membuat cuaca sejuk dan indah. Pengelola memiliki tujuan selain untuk mempercantik, juga mencegah terjadinya abrasi yang sering terjadi di wilayah pesisir. Ada pohon-pohon kecil beberapa menjulang ke atas.

Meski siang hari dan lebih, di kawasan wisata ini tidak panas karena hijaunya pepohonan. Banyak juga pengunjung yang menjadikannya sebagai spot foto saat liburan. Ada juga yang memasang hammock atau ayunan yang digantung di antara batang pohon untuk bersantai sambil beristirahat.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai CemaraKredit gambar: Google Maps Shin Shintara

Wisata Alam Pantai Cemara terletak di Jl. Raya Waha, Sombu, Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Untuk menuju kawasan tersebut, pengunjung dapat menggunakan kendaraan roda dua atau empat karena akses jalan yang mudah dilalui. Dari pusat kota Wanci menuju destinasi ini hanya berjarak 7 km.

Jika wisatawan berangkat dari arah bandara Matahora, akan memakan waktu 21 menit untuk sampai ke pantai. Biasanya ada jasa sewa mobil di sekitar bandara bagi pengunjung yang tidak membawa kendaraan. Harga yang ditampilkan juga menyesuaikan dengan durasi jam sewa.

Selama perjalanan, Anda akan melihat banyak pemandangan alam di kabupaten ini. Saat memasuki area pantai, akan ada pintu besar yang bertuliskan selamat datang untuk menyambut tamu. Dari pintu, lokasi wisata sangat dekat, hanya 100 meter dari pantai.

Harga tiket masuk objek wisata

Harga Tiket Pantai CemaraKredit gambar: Google Maps Mas Goens

Tempat wisata Pantai Cemara biaya masuknya relatif murah. Pengunjung hanya akan dikenakan tarif tiket Rp 10.000 per orang. Harga tersebut berlaku untuk anak-anak dan dewasa pada hari kerja dan hari libur. Wisatawan bisa menikmati panorama alam hingga malam hari karena wisata ini buka 24 jam sehari.

Di tempat parkir, wisatawan juga akan dikenakan tiket sebesar Rp 5.000 untuk sepeda dan Rp 10.000 untuk mobil. Di area sekitar pantai juga terdapat warung-warung yang menjajakan makanan dengan harga terjangkau. Biaya liburan yang murah membuat destinasi ini dilirik banyak orang.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pantai Cemara

Aktivitas di Pantai CemaraKredit gambar: Instagram Inalis V.R

1. Bebaskan bayi yang baru lahir

Kegiatan ini biasanya dilakukan secara rutin saat ombak laut tenang, tepatnya pada bulan September hingga Maret. Wisatawan bisa melihat harumnya tukik pulau untuk bertelur. Keberadaan ekosistem ini sangat dilestarikan oleh pengelola setempat karena dapat menyeimbangkan ekosistem laut. Anda bisa melakukan aktivitas ini saat air laut sedang pasang.

2. Main wahana banana boat

Banana boat sangat menyenangkan untuk dimainkan bersama keluarga atau teman. Permainan ini memiliki kapasitas 5 orang dan setiap orang akan dilengkapi dengan pelampung untuk keselamatannya. Yang harus Anda lakukan adalah duduk di korsel berbentuk pisang ini sambil berpegangan pada tali. Pengunjung akan merasakan perasaan tegang saat menaiki wahana ini saat melewati deburan ombak pantai yang kencang.

3. Berenang

Area di tepi Pantai Cemara dengan ombak yang tidak terlalu besar banyak digunakan untuk berenang. Wisatawan bisa menikmati dinginnya air laut di cuaca yang sejuk. Namun Anda harus berhati-hati karena di kawasan perairan laut biasanya terdapat bebatuan kecil yang bisa Anda pijak. Kegiatan ini sangat cocok untuk bersantai.

Aktivitas Menarik di Pantai CemaraKredit gambar: Instagram REMAJA LOKAL

4. Nikmati memasak

Setiap daerah pasti memiliki dapur dengan karakteristik yang berbeda-beda. Begitu juga di kawasan pantai ini terdapat warung-warung yang menjajakan masakan khas Sulawesi, antara lain ikan parende dan ikan kasuami. Pedagang mengolahnya dengan mengambil ikan segar langsung dari laut, kuliner ini sangat melegenda karena rasanya yang unik dan murah.

5. Berjemur

Kegiatan ini tidak hanya dilakukan oleh wisatawan, tetapi juga oleh pengunjung lokal yang berjemur di area berpasir. Anda bisa menggunakan kacamata hitam, pembalut, dan pakaian yang menyerap keringat saat berjemur. Wisatawan dapat menikmati cerahnya sinar matahari dengan pemandangan pepohonan di sekitarnya.

6. Menyelam

Kejernihan air lautnya membuat destinasi alam ini sangat cocok untuk menyelam. Keindahan bawah laut akan sangat indah saat menyelam di dalamnya. Dari terumbu karang dan biota laut lainnya tampak menghiasi lautan ini. Wisatawan juga bisa menyewa peralatan snorkeling di sekitar pantai.

Penginapan murah terdekat dengan pantai

Akomodasi terdekat dari pantai CemaraKredit gambar: Google Maps Wakatobi Patuno Resort

1. Resor Wakatobi Patuno

Hostel ini dekat dengan tempat wisata karena hanya membutuhkan waktu 11 menit untuk sampai ke sana. Di dalamnya terdapat fasilitas lengkap mulai dari wifi gratis, kolam renang indoor dan outdoor serta AC di setiap kamar. Desain bangunannya unik dengan sentuhan cokelat klasik.

2. Hotel Wasabinua dan Pusat Menyelam

Wasabinua Hotel merupakan salah satu resort unik di sekitar Pantai Cemara. Letaknya yang berada di atas bebatuan air laut membuat para wisatawan takjub saat melihat keindahan alam dari arah hostel. Di dalamnya terdapat restoran yang bisa dinikmati dengan berbagai menu khas Indonesia. Sebelum menuju ke tempat tersebut, Anda harus melewati jembatan gantung di atas air laut.

3. Wisma Maharani Wakatobi

Mulai dari Rp 200.000 pengunjung sudah bisa menginap di sini. Hostel ini terlihat seperti rumah pribadi dan karenanya cocok untuk rombongan keluarga. Fasilitas yang disediakan meliputi antar-jemput bandara, parkir, dan internet gratis. Setiap kamar juga dilengkapi dengan TV kabel, lemari, dan kamar mandi.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di area pantai CemaraKredit gambar: Google Maps Augrit Dirodari

Kawasan Pantai Cemara memiliki fasilitas yang lengkap, tidak kalah dengan pantai lainnya. Terdapat gazebo yang bisa digunakan untuk duduk bersantai bersama keluarga. Uniknya, kursi ini terbuat dari bahan alami dari pepohonan di sekitarnya. Atapnya terbuat dari jerami dan tiang penyangganya terbuat dari kayu cokelat.

Pengunjung juga dapat menggunakan toilet yang tersedia di sudut wisata. Namun disarankan untuk tetap menjaga kebersihan agar fasilitas ini nyaman digunakan. Tak hanya itu, wisatawan yang ingin beribadah juga bisa masuk ke dalam kios-kios pedagang. Ini karena tidak ada mushola di dekat pantai.

Di pojok depan terdapat tempat parkir yang cukup luas. Biasanya bisa memuat hingga 50 kendaraan per hari. Bagi yang ingin menyewa peralatan bermain juga tersedia, harganya sangat terjangkau. Semua fasilitas ini akan terus diperbaiki jika rusak, agar pelanggan yang datang merasa nyaman.

Nah, itulah penjelasan mengenai Pantai Cemara di Wakatobi yang sangat menarik untuk dikunjungi. Pengunjung hanya boleh menjaga kebersihan di area tersebut dan tidak merusak fasilitas yang tersedia. Anda yang datang ke sini pasti tidak bosan dan ingin kembali menikmati suasananya.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button