Pantai Tikus Emas, pantai yang indah dengan berbagai wahana seru di Bangka - WisataHits
wisatahits

Pantai Tikus Emas, pantai yang indah dengan berbagai wahana seru di Bangka

Harga tiket: Rp 5.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Paris Padang, Kec. Sungai Liat, Kab. Bangka, Kepulauan Bangka Belitung; Kasus: Cek lokasi

Pantai Tikus Emas yang terletak di Sungailiat merupakan salah satu destinasi yang menjadi pilihan untuk mengisi liburan. Pantainya bersih dengan pasir putih yang dihiasi bebatuan granit. Nama pantainya juga unik, namun bukan berarti banyak tikus yang hidup di kawasan pantai ini. Memang tidak ada yang tahu pasti asal usul nama Tikus Emas, namun ada beberapa versi yang berbeda.

Beberapa orang mengatakan bahwa Tikus Emas diambil dari banyak rute tikus yang digunakan oleh para penambang liar untuk membawa hasil tambang mereka. Ada yang bilang kalau dulu kawasan ini dihuni tikus. Meski begitu, Anda tidak akan menemukan hewan pengerat ini saat mengunjungi salah satu pantai pasir putih di Bangka Belitung ini.

Selain asal usul namanya yang memiliki banyak versi, kawasan ini juga memiliki sejarah mistis. Dikisahkan ada seorang nelayan yang melihat seorang wanita pendiam. Sejak itu, orang percaya bahwa daerah ini diharapkan oleh seorang wanita. Selain itu, banyak juga yang datang untuk wangsit.

Daya Tarik Pantai Rat d’Or

Atraksi Pantai Tikus EmasKredit Gambar: Google Maps Suryanto tjan

Selain cerita mistis, Tikus Emas sangat cocok dijadikan tempat liburan keluarga. Hal ini dikarenakan terdapat banyak atraksi yang akan memanjakan pengunjung. Beberapa objek wisata yang dimilikinya adalah sebagai berikut.

1. Ikon pantai

Saat memasuki area pantai, pengunjung akan menemukan patung besar setinggi kurang lebih 5 meter berbentuk tikus berwarna emas. Patung yang menjadi ikon ini banyak digunakan pengunjung sebagai lokasi syuting karena keunikannya. Karena bentuknya yang aneh, sayang sekali jika Anda melewatkan berfoto dengan patung tikus raksasa ini.

Bersamaan dengan patung tikus, ikon pantai ini hadir dalam bentuk tulisan besar dengan tulisan Pantai Tikus Emas. Lokasinya ada di sebelah kanan. Di bawah artikel ada kolam dengan taman untuk menambah keindahan. Kolam ini juga memiliki perahu dayung, namun karena keterbatasan luas kolam, pengunjung harus mengantri untuk menaiki perahu yang hanya dilengkapi dengan satu perahu.

2. Pemandangan pantai

Pantai ini memiliki pesona keindahan alam yang memanjakan mata. Pantainya berwarna biru kehijauan dan berpasir putih dengan bebatuan granit, sehingga tidak akan membosankan untuk dilihat. Daerah ini juga ditumbuhi pohon pinus. Oleh karena itu, suasana pantai tetap teduh meski di siang hari.

Selain teduh, pemandangan sore hari jauh lebih indah. Anda bisa datang dan menunggu matahari terbenam dan merasakan sendiri sensasi menikmati cakrawala dengan kombinasi warna merah kekuning-kuningan di pantai ini. Ditemani suara deburan ombak, sunset adalah saat yang tepat untuk menikmati indahnya pemandangan pantai.

3. Vihara Puri Tri Agung

Tidak jauh dari pantai terdapat sebuah pura yang akan menarik perhatian pengunjung. Bangunan vihara ini berbentuk bulat, tingginya mencapai 30 meter. Halaman depannya sangat luas dan langsung menghadap ke Laut Cina Selatan, sehingga pengunjung bisa menikmati pemandangan khas pantai Bangka.

Alamat, lokasi rute dan harga tiket

Alamat Tikus EmasKredit gambar: Google Maps Yunita Afsari

Pantai Tikus Emas terletak di Parit Padang, Sungailiat. Ini adalah salah satu pantai pasir putih di Bangka, Kepulauan Bangka Belitung. Lokasinya tidak jauh dari pantai Pesona, Anda hanya perlu melanjutkan perjalanan ke selatan menggunakan Jl.Lingkaran Timur. Perjalanan hanya memakan waktu sekitar 10 menit.

Sedangkan jika dari Pangkalpinang perjalanan yang akan dilakukan sekitar 45 menit selalu ke arah Jl Cercle Est. Meski jalur menuju lokasi mudah, namun sebaiknya menggunakan kendaraan roda dua. Memang akses jalan menuju pantai tidak bisa dilalui kendaraan roda empat.

Pantai Tikus Emas cukup ramai, terutama saat musim liburan. Selain keindahan pemandangan, liburan pantai juga murah. Anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000 per orang. Untuk parkir cukup membayar Rp 2000 untuk motor dan Rp 5000 untuk mobil.

Kegiatan menarik untuk dilakukan di Tikus Emas

Aktivitas menarik di Pantai Tikus EmasKredit gambar: Google Maps Keyy Zz

Ada banyak aktivitas menarik yang bisa dilakukan saat berkunjung ke Pantai Tikus Emas. Apalagi, ada banyak wahana seru yang bisa dicoba pengunjung. Jika Anda ingin liburan Anda di pantai ini lebih menyenangkan, Anda bisa mencoba aktivitas menarik seperti berikut ini.

1. Nikmati pemandangannya

Pemandangan pantai ini sangat indah sehingga Anda bisa datang hanya untuk menikmati pemandangan. Duduk dan bersantai sambil menyaksikan laut lepas ditemani deburan ombak pasti akan membuat pikiran Anda lebih segar. Anda bisa membawa tikar untuk rekreasi keluarga. Jika tidak, Anda juga bisa duduk dan bersantai di kursi yang tersedia.

Pantai ini akan semakin indah saat matahari terbenam. Oleh karena itu, jika Anda hanya ingin menikmati pemandangan, sebaiknya datang pada sore hari. Anda tidak akan menyesal menunggu matahari terbenam di pantai ini. Langit jingga berpadu dengan birunya air laut pasti akan memanjakan mata.

2. Coba berbagai wahana

Ada banyak sekali wahana yang bisa Anda coba jika berkunjung ke Pantai Tikus Emas. Anda bisa mencoba bersepeda gunung di pantai ini. Harga sewanya juga tidak mahal. Anda juga bisa naik kuda di sepanjang pantai hanya dengan Rp 10.000. Jika Anda memiliki keluarga, Anda bisa naik cidomo atau semacam gerobak yang bisa menampung hingga lima orang.

Wahana air juga banyak tersedia. Misalnya saja jetski yang bisa Anda sewa hanya dengan Rp 200.000 selama 15 menit. Kalau kamu datang secara rombongan, kamu juga bisa mencoba banana boat yang seru banget.

3. Permainan air

Bermain di pantai terasa kurang jika belum merasa ingin bermain air. Jika tidak sedang pasang, air lautnya cukup bersahabat, jadi Anda bisa bermain di air yang dangkal. Namun jika demikian, Anda harus sangat berhati-hati, terutama jika Anda membawa anak-anak. Ombak dari pantai saat air pasang bisa mencapai 1,5 meter, jadi akan lebih baik jika hanya di tepi pantai.

4. Memancing

Aktivitas menarik di Pantai Tikus EmasKredit gambar: Google Maps Didibae Didibae

Anda juga bisa memancing di area ini. Ada banyak tempat di mana Anda bisa dengan mudah mendapatkan hasil memancing. Ikan yang akan Anda dapatkan bervariasi dan juga bervariasi ukurannya. Jika Anda suka memancing, pastikan untuk membawa alat pancing saat berkunjung ke pantai pasir putih ini.

5. Perkemahan

Jika Anda menyukai kegiatan camping, Anda bisa mencobanya di Pantai Tikus Emas. Tidak perlu khawatir jika Anda tidak memiliki tenda karena pengelola pantai telah menyediakan jasa penyewaan tenda. Kamu hanya perlu membayar sewa Rp 50.000 dan kamu sudah bisa menikmati keindahan pantai di malam hari sambil melakukan aktivitas seru bersama teman-teman.

Penginapan murah di sekitar pantai

Akomodasi murah di Golden Mouse BeachKredit gambar: Instagram Hotel Tanjung Pesona

1. Hotel Tanjung Pesona

Memberikan pelayanan yang cepat dan ramah, lokasi hostel ini juga sangat tenang dan nyaman, sangat cocok untuk tempat menginap keluarga. Sangat dekat dengan pantai sehingga pengunjung bisa langsung menikmati pemandangan. Fasilitas juga memadai, antara lain tersedia WiFi, parkir, restoran, kolam renang dan resepsionis 24 jam.

2. Pesona Hotel Teluk

Hostel ini sangat dekat dengan pantai Tikus Emas. Hanya sekitar 800 meter. Pelayanannya ramah dan tempatnya bersih. Hostel ini juga langsung menghadap pantai sehingga pengunjung bisa menikmati pemandangan dari teras. Fasilitas yang tersedia seperti AC, WiFi, restoran, tempat parkir, serta resepsionis 24 jam.

3. Hotel Manunggal

Jarak dari hostel ini ke pantai sekitar 6 kilometer. Dengan kamar yang bersih dan fasilitas yang memadai, pelayanan di hostel ini juga sangat ramah. Pengunjung yang menginap akan mendapatkan fasilitas berupa WiFi, restoran, tempat parkir dan resepsionis yang siap melayani 24 jam sehari.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Pantai Tikus EmasKredit gambar: Google Maps Pulung Pranantya

Pantai Tikus Emas memiliki fasilitas yang memadai bagi pengunjung. Fasilitas seperti tempat parkir tersedia dengan lahan yang cukup luas untuk menampung kendaraan roda dua dan empat. Ada juga mushola untuk beribadah. Mushola juga dilengkapi dengan bahan-bahan untuk sholat.

Pantai ini juga menawarkan berbagai wahana baik di sekitar pantai maupun wahana air. Wahana ini bisa dicoba tanpa perlu merogoh kocek terlalu dalam. Ada juga kamar mandi untuk bilas setelah bermain air. Kamar mandi yang tersedia di pantai ini cukup bersih dan terawat.

Jika Anda hanya ingin bersantai ada kursi pantai yang disediakan oleh pengelola. Kursi-kursi ini juga dinaungi oleh pohon cemara sehingga terasa teduh meski di siang hari. Jika ingin bermalam, Anda juga bisa menyewa tenda. Sewa tenda juga sangat murah, jadi bisa menghemat budget jika ingin bermalam.

Pantai Tikus Emas memiliki nama yang unik, pemandangan yang disajikan juga sangat enak untuk dilihat. Selain pesona keindahan alamnya, terdapat juga banyak atraksi seru yang akan membuat liburan Anda semakin menyenangkan dan berkesan. Tak heran jika saat ini pantai granit khas Bangka Belitung selalu ramai dikunjungi pengunjung terutama saat musim liburan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button