Air Terjun Pengantin Ngawi - Atraksi, Aktivitas, Lokasi & Harga Tiket - WisataHits
wisatahits

Air Terjun Pengantin Ngawi – Atraksi, Aktivitas, Lokasi & Harga Tiket

Atraksi, Aktivitas, Tempat dan Harga Tiket – Air Terjun Pengantin merupakan salah satu tempat wisata alam yang menawan di Ngawi, Jawa Timur yang layak untuk dijelajahi. Air terjun yang indah dan romantis di lereng Gunung Lawu ini penuh dengan mitos.

Harga tiket: Rp 6.000; Kasus: Cek lokasi
Alamat: Sabrang, Besek, Hargomulyo, Kec. Ngrambe, Kab. Ngawi, Jawa Timur.

Indonesia tidak pernah gagal menawarkan atraksi yang luar biasa. Terbukti dengan puluhan lokasi wisata yang tak pernah gagal untuk dijelajahi. Keindahan Indonesia juga ada di Ngawi, tempat Air Terjun Pengantin berada. Air terjun ini memang sering menjadi incaran tempat wisata untuk berlibur.

Bagaimana tidak, suasananya yang masih pedesaan memberikan udara yang sangat segar. Ingat lokasinya yang berada di lereng Gunung Lawu memberikan sensasi sejuk. Air terjun ini juga menarik dengan adanya dua air terjun di tempat yang sama. Inilah yang membuat tempat ini begitu diselimuti legenda keabadian.

Daya pikat air terjun megah di Ngawi ini sepertinya bisa menarik perhatian siapa saja. Tak heran jika setiap tahun jumlah pengunjung tempat wisata ini semakin meningkat. Berbagai hal tentang air terjun akan dibahas lebih lanjut. Mulai dari aktivitas, peralatan, akses menuju kesana.

Atraksi Air Terjun Pengantin

Atraksi Air Terjun PengantinKredit gambar: Google Maps Rifqi Bahtiar

1. Mitos seputar lokasi air terjun

Air Terjun Pengantin memiliki beragam atraksi. Namun, di balik semua itu, ternyata tempat ini juga menyimpan mitos yang menarik untuk ditelaah. Mitosnya adalah tentang adanya dua aliran yang selaras sebagai pasangan.

Ada kepercayaan yang beredar bahwa siapapun yang datang mengunjungi air terjun ini bersama pasangannya, maka hubungan keduanya akan semakin langgeng. Tentu mitos ini membuat beberapa pasangan berniat mengunjungi Air Terjun Ngawi yang populer.

Mitos ini juga dilatarbelakangi oleh peristiwa beberapa tahun sebelumnya. Bahwa ada banyak cerita yang beredar dari mulut ke mulut, ada sepasang kekasih yang dulu datang ke sini. Usai aksi tersebut, hubungan keduanya semakin langgeng hingga ke pelaminan. Tak heran jika setiap tahun pengunjung wisata alam ini semakin meningkat.

2. Sepasang air terjun yang indah

Air Terjun Pengantin memiliki daya tarik lain dari yang lain. Di tempat ini Anda bisa melihat dua air terjun sekaligus. Pasalnya, tempat ini memiliki dua air terjun yang berdampingan. Jadi berasa pasangan.

Lebih dari itu, dahulu bagi warga air terjun ini sering menjadi tempat ritual sebelum menikah. Maka pernah ada seorang keturunan Adipati Gendingan yang bernama Eyang Galiman. Ia adalah sosok yang turut menyebarkan agama Islam di negeri Besek, tempat air terjun ini berada.

Sebelum Islam menyebar luas seperti saat ini, masyarakat di sekitar air terjun ini mempraktekkan ritual yang unik. Dimana ritual tersebut berkaitan dengan daun mantu. Namun, dengan hadirnya Nenek Galiman, ia berpesan agar ritual pernikahan harus sesuai dengan syariat Islam.

Sejak saat itu diyakini bahwa nenek adalah pemimpin setiap kali seseorang pergi untuk merayakan pernikahan. Menurut nenek Galiman sendiri, riam mempelai wanita merupakan simbol dari dua insan yang berbeda jenis kelamin. Baginya untuk meminum mata air dari dua mata air terjun tersebut kepada masing-masing pengantin.

3. Keindahan pedesaan

Wisata bahari yang sukses ini terletak di pedesaan, sehingga suasananya masih asri. Meski belum ada akses jalan yang memadai. Pemandangan sekitar pasti akan membuat Anda menikmati perjalanan menuju lokasi air terjun. Jadi itu keren. Selain itu, lokasinya yang jauh dari pusat kota membuat tampilannya masih segar.

Sawah yang menghijau, berpadu dengan pepohonan yang seolah menjadi payung alam, memberikan kenyamanan tersendiri. Lokasinya juga sangat cocok sebagai jalur bersepeda santai. Nikmati angin sepoi-sepoi yang langsung merilekskan tubuh.

4. Kesan romantis di lereng Gunung Lawu

Gunung Lawu merupakan kawasan pegunungan Ngawi dengan sejuta pesona. Nah, Air Terjun Pengantin sendiri terletak di lereng Gunung Lawu yang indah. Air terjun ini mengalir dari tebing setinggi 12 meter yang pasti akan membuat pengunjung terpana.

Karena berasal dari sumber air pegunungan, maka tak heran air di sini selalu begitu jernih dan segar. Di sekitar air terjun Anda akan menemukan pakis dan rerumputan yang rimbun.

Air terjun ini sering dianggap sebagai tempat yang romantis. Bagaimana tidak, pesona dua air terjun yang saling berdekatan ini rupanya memiliki makna tersendiri. Ada banyak laporan bahwa air terjun di sebelah kanan disebut Air Terjun Kakung.

Nama ini disematkan untuk menandakan bahwa dia adalah perwujudan seorang pria. Dimana air yang mengalir deras seolah memberikan kesan ketegasan yang harus dimiliki seorang pria.

Sedangkan untuk air terjun di sebelah kiri memiliki peruntukan air yang tidak begitu deras. Dimana disamakan dengan sikap lembut seorang wanita.

Di bawah kedua air terjun ini, pengunjung juga bisa menemukan kolam kecil untuk permainan air. Bisa juga digunakan untuk berenang atau sekedar merendam kaki untuk merasakan sejuknya air.

Alamat dan rute menuju air terjun pengantin

Alamat Kaskade PengantinKredit gambar: Google Maps Alvian CB

Dengan berbagai pesona dan mitos keabadian yang dimiliki Air Terjun Pengantin. Wisata ini sering dikunjungi oleh sepasang kekasih yang ingin hubungan mereka langgeng. Air terjun yang terletak di Besek, Hargomulyo, Kecamatan Ngrambe, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur ini memiliki kekuatan magis yang sangat kuat.

Untuk sampai ke tempat ini, pengunjung harus menempuh beberapa rute. Dimana rute tersebut akan membawa anda ke lokasi Air Terjun Pengantin yang terkenal dan indah. Untuk akses lebih cepat, Anda hanya bisa menggunakan kendaraan pribadi.

Ada beberapa titik pergerakan yang bisa menjadi alternatif. Yang pertama, jika Anda berasal dari Sragen dan Surabaya. Anda dapat mengambil rute dari SPBU Tunjungan ke daerah Winong. Setelah itu, lanjutkan perjalanan menuju Sine hingga tiba di pasar Ngrambe.

Dari sana Anda bisa mengambil jalan menuju SDN Hargomulyo. Ikuti saja petunjuknya maka anda akan sampai di tempat wisata air terjun ini.

Baris kedua dimulai dari arah Madiun. Bagi yang bepergian dari arah Madiun bisa langsung ambil jalan Ngawi sampai tiba di pasar Ngrambe. Dari lokasi pasar, Anda bisa langsung mengendarai kendaraan hingga tiba di Desa Hargomulyo. Ikuti jalan tersebut hingga sampai di lokasi Air Terjun Pengantin.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Pengantin

Tiket Masuk Air Terjun PengantinKredit gambar: Google Maps Apriel SanCarlo

Air terjun sejuta pesona milik Ngawi ini memang berhasil memikat semua yang datang. Apalagi dengan pesona air terjun kembar serta keindahan pemandangannya, seolah-olah merupakan perpaduan yang hampir sempurna yang diberikan oleh alam.

Seperti tempat wisata pada umumnya, pengelola air terjun pengantin juga menetapkan tarif khusus untuk setiap pengunjung. Meski begitu, Anda tidak perlu khawatir, karena harganya masih cukup terjangkau.

Untuk menikmati semua keindahan air terjun ini, Anda hanya perlu membayar Rp 6000. Dan ternyata, harga tersebut sudah termasuk parkir kendaraan. Karena tempat parkirnya sendiri sudah ada penjaganya. Anda bisa meninggalkan kendaraan dengan tenang di tempat penyimpanan yang telah disediakan.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Air Terjun Pengantin

Aktivitas Menarik Air Terjun PengantinKredit Gambar: Google Maps Tiah Tiah

1. Berenang dan permainan air

Saat berwisata ke kawasan air terjun, rasanya tidak enak jika belum mencoba sejuknya air pegunungan. Untuk itu, ada aktivitas menarik yang bisa dilakukan di sini, yaitu berenang. Berenang akan merilekskan tubuh dan menenangkan pikiran.

Ditambah lagi dengan udara pegunungan yang begitu indah. Lokasinya juga jauh dari kebisingan, sehingga cocok untuk anda yang mencari suasana alam yang tenang. Berenang di salah satu kolam di sana. Atau Anda juga bisa bergantian mencoba kedua pool tersebut. Bagi Anda yang membawa rombongan, tentunya kunjungan akan lebih seru.

2. Menikmati keindahan alam pegunungan

Lokasinya yang berada di hutan membuat Air Terjun Pengantin diapit oleh pepohonan yang rindang. Maka menikmati keindahan alam di sini bisa menjadi aktivitas yang tepat. Sejauh mata memandang, ada tebing tinggi yang diciptakan oleh alam. Tak lupa kicau burung yang seolah memiliki harmoni tersendiri.

Suara air yang jatuh di danau juga menjadi musik yang indah. Tentunya akan membuat pikiran lebih rileks. Apalagi jika Anda adalah pasangan, tentunya suasana akan semakin romantis. Belum lagi hal-hal lain termasuk mitos keabadian yang melingkupi objek wisata ini.

3. Bersepeda sesekali

Apakah Anda memiliki hobi trekking di jalan yang curam? Jika demikian, lokasi air terjun memiliki jalan yang cocok yang dapat digunakan sebagai area bersepeda. Anda dapat menyewa atau meminjam alat ini dari penduduk setempat.

Tenang, penduduk lokal di sini sangat ramah turis. Jadi Anda bisa meminjam sepeda dari mereka untuk bergerak di sekitar air terjun pengantin.

Anda bisa melihat sawah dengan padi yang menguning, perkebunan dan pemandangan alam yang indah di sini. Anda juga bisa mencoba hiking ke puncak Gunung Lawu agar liburan Anda semakin berkesan. Air terjun dengan sejuta pesona membuat semua orang betah berlama-lama di sini.

Fasilitas yang tersedia di Air Terjun Pengantin Ngawi

Fasilitas Air Terjun Pengantin NgawiKredit gambar: Saluran Google Maps Ghaida

Untuk menjadi tempat wisata favorit di Ngawi, perlu adanya fasilitas yang menunjang aktivitas pengunjung. Di Air Terjun Pengantin sendiri sudah tersedia fasilitas umum yang memadai.

Dari tempat parkir mobil, toilet hingga tempat makan sudah ada. Bahkan akses menuju lokasi air terjun sendiri sudah tersedia rombongan anak tangga yang berjumlah 300 buah.

Tangga ini digunakan oleh pengunjung untuk menuju lokasi air terjun. Jadi setelah parkir, Anda harus menaiki 300 anak tangga yang difasilitasi oleh penanggung jawab tempat tersebut. Saat pulang ke rumah, Anda bisa membeli oleh-oleh dari toko oleh-oleh di dekat lokasi air terjun.

Ada berbagai item yang berhubungan dengan stunt, seperti pin, kalung, dan aksesoris lainnya. Puas mengunjungi sirkuit air ini, Anda bisa bersantap di beberapa restoran, mencicipi menu khas Jawa Timur yang terkenal dengan kelezatannya.

Berbagai hal tentang Air Terjun Pengantin di Ngawi membuat kita semakin mencintai alam Indonesia. Dimana pesonanya tak lekang oleh waktu. Nikmati liburan di dekat air terjun yang serasa kembali ke alam.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close
Back to top button