Dalam pengembangan destinasi pariwisata, Pemkab Kapuas bekerjasama dengan RC Bandung dan Jakarta - WisataHits
Jawa Barat

Dalam pengembangan destinasi pariwisata, Pemkab Kapuas bekerjasama dengan RC Bandung dan Jakarta

KUALA KAPUAS – Pemerintah Kabupaten Kapuas bersama Rotary Club (RC) Bandung Siliwangi RC Bandung Kota Kembang dan RC Jakarta Sunter Cintennial baru-baru ini mendukung dan menginisiasi masyarakat dalam pengembangan destinasi wisata di Desa Bungai Jaya Kecamatan Basarang.

Hadir dalam acara tersebut Herry Bowo, Inspektur Kabupaten Kapuas, Kepala Dinas Kebudayaan dan Olahraga Pemuda Kapuas Suparman, Kepala Dinas Sosial Budi Kurniawan, perwakilan Dinas Pertanian dan unsur Tripika Kecamatan Basarang, tokoh masyarakat dan masyarakat Bungai Jaya – Desa.

Kegiatan pengembangan yang dilakukan adalah pendakian dimana petani mengajari wisatawan cara bercocok tanam sayuran, memetik sayuran sendiri dan menikmati hasil panen sayuran untuk dinikmati, kegiatan tersebut juga diisi dengan atraksi lomba mengupas nanas yang dilakukan oleh wisatawan.

Dalam kesempatan ini, Inspektur Kabupaten Kapua Herry Bowo menyampaikan terima kasih atas berkembangnya kegiatan kemandirian desa. “Karena salah satu upaya Dana Desa adalah mewujudkan desa mandiri dan semoga ini menjadi contoh bagi desa lain untuk maju, mandiri dan memberdayakan masyarakat Desa Bungai Jaya,” kata Herry.

Sementara itu, Kepala Disbudpora Kabupaten Kapua Suparman menambahkan langkah ini diambil untuk mengajak masyarakat mempersiapkan dan memberikan pelatihan pengelolaan potensi desa dan menjadikan Kecamatan Basarang sebagai salah satu operasi agrowisata unggulan di Kabupaten Kapua.

“Dengan pengembangan agrowisata, pendapatan petani akan meningkat tidak hanya dari hasil alam tetapi juga PAD desa terutama dengan kunjungan wisatawan, sehingga mempercepat keberhasilan pengembangan pariwisata di Kabupaten Kapuas,” kata Suparman.

Di tempat yang sama, Camat Basarang Mujiono mengatakan tujuan dari kegiatan yang digagas dan disponsori oleh Rotary Club Bandung Siliwangi District 3410 ini adalah untuk memberikan pembelajaran sekaligus rencana aksi pengelolaan kegiatan pertanian dan kegiatan agrowisata yang dikelola. oleh masyarakat. (hmskmf/ung/jun)

Source: pedigital.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button