Bangkitkan Ekonomi UMKM, Pemkab Selenggarakan Bantul Creative Expo - ANTARA News Yogyakarta - WisataHits
Yogyakarta

Bangkitkan Ekonomi UMKM, Pemkab Selenggarakan Bantul Creative Expo – ANTARA News Yogyakarta

Bantul (ANTARA) – Pemerintah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta akan menggelar kegiatan bertajuk “Bantul Creative Expo” pada 21-25 Juli 2022 untuk memajukan perekonomian usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). dan merevitalisasi) di daerah tersebut.

“Bantul Creative Expo merupakan salah satu upaya Pemerintah Kabupaten Bantul untuk mempromosikan produk UMKM dengan memanfaatkan potensi lokal untuk meningkatkan kreativitas, inovasi dan promosi di tingkat regional, nasional dan internasional,” kata Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Bantul, Agus Sulistiyana, dalam jumpa pers di Bantul, Kamis.

Pameran Produk Kerajinan dan Pengembangan UMKM Bantul 2022 yang digelar di kawasan Pasar Seni dan Pariwisata Gabusan Bantul bertemakan “Jalan Expo Kreatif Bantul Menuju Kota Kerajinan dan Kesenian Rakyat Bantul”.

Kegiatan yang juga bertepatan dengan HUT ke-191 Pemerintahan Bantul ini bertujuan menjadi momentum kebangkitan bersama untuk segera bangkit dari pandemi COVID-19, momentum revitalisasi ekonomi, pariwisata dan budaya.

“Tujuan dari Bantul Creative Expo adalah untuk merevitalisasi perekonomian UMKM pasca pandemi COVID-19 sebagai ajang promosi dan potensi transaksi UMKM kreatif dan inovatif agar dapat diterima di pasar regional, nasional dan global,” ujarnya.

Selain itu, katanya, bertujuan untuk mendukung terwujudnya Kota Kerajinan dan Kesenian Rakyat Bantul 2023 dan memberikan hiburan bagi masyarakat, serta menggairahkan sektor lain seperti kreativitas dan inovasi.

Dikatakannya, kegiatan tersebut harus diikuti oleh lapak-lapak dari instansi pemerintah, perbankan, lembaga swadaya masyarakat seperti Dekranasda, UMKM kerajinan, UMKM sektor lain, pedagang kaki lima (PKL) dan warung-warung swasta, dengan jumlah peserta sekitar 90 kios.

“Setelah kegiatan Bantul Creative Expo selesai akan dilanjutkan pada 26 Juli hingga 21 Agustus dengan kegiatan yang lebih fokus pada peningkatan promosi dan transaksi UMKM menuju Kota Kerajinan dan Seni Rakyat Bantul”, ujarnya.

Sementara itu, koordinator penyelenggara Bantul Creative Expo Mukhammad Washar Wasesa mengatakan, Kabupaten Bantul memiliki banyak potensi multisektor, mulai dari budaya dan pariwisata hingga industri kreatif, dalam misinya menjangkau Kota Kerajinan dan Seni Rakyat Bantul.

“Semoga apa yang dihadirkan bukan sekedar ‘tontonan’ tetapi juga menjadi perspektif dan pemicu keterlibatan masyarakat terkait masa depan kemajuan Bantul, menjadi pintu gerbang utama ke depan dan diharapkan menjadi pintu masuk kota kreatif dunia. ” dia berkata.

Source: jogja.antaranews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button