World Superbike Mandalika, Sandiaga mengatakan okupansi hotel bisa meningkat hingga 100 persen - WisataHits
Yogyakarta

World Superbike Mandalika, Sandiaga mengatakan okupansi hotel bisa meningkat hingga 100 persen

World Superbike Mandalika, Sandiaga mengatakan okupansi hotel bisa meningkat hingga 100 persen

TEMPO.CO, jakarta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengajak wisatawan untuk menyaksikan ajang balap motor internasional Indonesian Round of the World Superbike (WSBK) 2023 di Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika di Nusa Tenggara Barat. Acara ini akan berlangsung dari tanggal 3 hingga 5 Maret 2023.

Menurutnya, acara tersebut dapat berdampak luas pada pemulihan ekonomi dan kesempatan kerja, khususnya di destinasi wisata Mandalika yang menjadi prioritas utama. Ia mencontohkan event WSBK musim lalu yang berhasil mendongkrak okupansi hotel dan mendongkrak pendapatan asli daerah Kabupaten Lombok Tengah menjadi Rp 300 miliar.

“Hunian hotel meningkat rata-rata hampir 100 persen dengan menyerap 6.900 tenaga kerja,” katanya dalam keterangan tertulis, Kamis, 12 Januari 2023.

Baca juga: Sirkuit Mandalika akan mengadakan balapan ARRC tahun ini, cek jadwalnya

Dengan agenda yang sedang berjalan di Mandalika ini, Sandiaga mengantisipasi kebutuhan hotel di sana akan terus meningkat. Pemerintah telah membangun lebih dari 1.000 unit keluarga tamu di tempat tujuan wisata.

Ia menyebut pada WSBK 2022, jumlah penonton yang menonton langsung di Sirkuit Mandalika mencapai 51.629 orang. Angka tersebut memecahkan rekor tertinggi dalam sejarah WSBK di berbagai negara. Sehingga menurutnya event ini dapat memberikan dampak yang signifikan bagi sektor pariwisata dan industri kreatif di NTB.

Selain itu, kata dia, penjualan produk industri kreatif juga meningkat sehingga bisa mendongkrak citra pariwisata di Indonesia. “Oleh karena itu saya berharap stand UMKM kita akan dihadirkan kembali. Festival kuliner dan musik juga akan dihadirkan karena kegiatan pariwisata dan ekonomi kreatif di Lombok dan NTB sangat didukung oleh WSBK,” kata Sandiaga.

Sementara itu, Direktur Operasional ITDC Troy Reza Warokka mengatakan balapan WSBK 2022 yang digelar di Sirkuit Mandalika November lalu membuktikan Indonesia mampu menjadi tuan rumah event internasional. Ia mencatatkan viewership di WSBK 2022 yang mencapai lebih dari 50.000 orang.

Penjualan tiket nonton World Superbike (WSBK) 2023 juga dibuka pada 12 Januari 2023. Direktur Utama MGPA Priandhi Satria mengatakan penjualan berkurang Bangun pagi 75 persen berlaku untuk semua kategori tiket. Bagi yang ingin melihat event WSBK dapat membeli tiket secara online melalui aplikasi Xplorin, Loket.com, Tiket.com dan MyTours.

Baca juga: Tiket WSBK Mandalika 2023 mulai dijual, dengan diskon hingga 75 persen

Ikuti berita terbaru Tempo di Google News, klik di sini.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button