9 Desa Wisata di Yogyakarta yang Asyik untuk Liburan - WisataHits
Yogyakarta

9 Desa Wisata di Yogyakarta yang Asyik untuk Liburan

Yogyakarta merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki pesona dan pesona alam yang menakjubkan. Dengan keunggulan tersebut, Yogyakarta berhasil mengembangkan desa wisata yang menjadi destinasi liburan baru bagi wisatawan.

Bukan hanya satu tempat obat, sebuah desa wisata di Yogyakarta, menjadi wahana untuk mengedukasi wisatawan tentang kehidupan masyarakat setempat. Cocok untuk destinasi liburan Anda selanjutnya, berikut kami pertimbangkan daftarnya!

1. Desa Wisata Tambi

9 Desa Wisata di Yogyakarta yang Asyik untuk LiburanDesa Wisata Tembi (instagram.com/desawisatatembi)

Desa Wisata Tembi terletak di Jalan Parangtritis KM 8.5, Tembi, Timbulharjo, Sewon Bantul. Ada banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan pengunjung di sini, seperti: B. jalan-jalan keliling desa dengan gerobak atau sepeda. Setelah berkeliling desa ada banyak kegiatan seperti membatik, membuat dan mewarnai gerabah/kerajinan.

Pengunjung juga bisa merasakan secara langsung seperti apa petani di Desa Tembi dengan menanam padi atau membajak sawah. Desa Tembi juga memiliki penginapan yang dikelola oleh warga. Tujuannya adalah tempat menginap bagi pengunjung yang ingin beristirahat di sini.

2. Desa Wisata Nglanggeran

9 Desa Wisata di Yogyakarta yang Asyik untuk LiburanDesa Wisata Nglanggeran (instagram.com/desawisatanlanggeran)

Desa wisata di Nglanggeran, Kapanewon Patuk, Kabupaten Gunungkidul ini memiliki alam yang masih alami dan menawan. Wisatawan yang datang ke sini dapat menikmati berbagai aktivitas seru dan menyenangkan, mulai dari menjelajahi gunung api purba, keindahan Embung Nglanggeran, hingga merasakan kesegaran Air Terjun Purbo Asmoro.

Dekat dan tidak membutuhkan waktu lama untuk sampai ke tempat wisata alam tersebut. Ada juga wisata edukasi dimana Anda bisa melihat langsung bagaimana pembuatan masker coklat, susu kambing dan tie dye di Desa Obung.

3. Desa Penting

9 Desa Wisata di Yogyakarta yang Asyik untuk LiburanDesa Wisata Pentingsari (instagram.com/desawisatapentingsari

Desa wisata terdekat ada di Desa Pentingsari, Umbulharjo, Sleman. Desa Wisata Pentingsari dekat dengan Kali Kuning dan Pancuran Sendang Sari. Pancuran ini dipercaya sebagai tempat bertemunya Joko Tarub dan Nawang Wulan, lho. Menyusuri sungai, beberapa aktivitas yang bisa dilakukan wisatawan di sini adalah wisata perahu dan pertunjukan tari.

Selain itu, pengunjung yang datang ke Desa Pentingsari diajak untuk merasakan pengalaman bercocok tanam padi dan berkebun seperti masyarakat di sana. Untuk merasakan semua aktivitas di atas, pengunjung dapat memesan paket wisata yang sudah mencakup semua aktivitas termasuk akomodasi.

Baca Juga: 7 Desa Wisata di Kulon Progo dengan Pesona Alam yang Menakjubkan

4. Desa Wisata Kali Gajah Wong

9 Desa Wisata di Yogyakarta yang Asyik untuk LiburanDesa Kali Gajahwong (instagram.com/egisetyanugraha)

Desa Kali Gajah Wong adalah sebuah desa wisata yang berada di Desa Giwangan, Kapanewon Umbulharjo, Kota Yogyakarta. Wisata yang menjadi daya tarik desa ini adalah parit besar dengan banyak ikan di dalamnya, dan juga dermaga cinta di sebelah Bendungan Lepen. Selain itu, ada banyak jenis seni tari dan atraksi yang juga ditawarkan kepada wisatawan.

Desa Wisata Kali Gajah Wong juga memiliki beberapa sentra kuliner dan kerajinan UKM di dekatnya.

5. Desa Wisata Widosari

9 Desa Wisata di Yogyakarta yang Asyik untuk LiburanDesa Wisata Widosari (instagram.com/desawisatawidosari)

Terletak di Ngargosari, Samigaluh, Kulon Progo, Desa Wisata Widosari memiliki banyak tempat wisata di sekitarnya, seperti Puncak Widosari yang cukup populer dan ramai. Selain itu, ada kebun teh di bawah Pegunungan Menoreh yang tumbuh subur dan menjadi salah satu tujuan wisata terpopuler. Kebun teh ini juga merupakan jeep track yang biasa membawa pengunjung/wisatawan untuk berkeliling desa.

Untuk memudahkan wisatawan, Desa Wisata Widosari menawarkan paket wisata dengan harga terjangkau yang bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin berlibur di Widosari.

6. Desa Wisata Tepus

9 Desa Wisata di Yogyakarta yang Asyik untuk LiburanDesa Wisata Tepus (instagram.com/dewikampuss)

Desa Wisata Tepus atau Dewi Kampus terletak di Desa Tepus, Gunungkidul. Di tempat ini, wisatawan diajak naik jeep menyusuri Pantai Pok Tunggal dan Watu Nene. Lokasinya tidak jauh dari desa wisata lho.

Selain itu, ada pertunjukan tari budaya yang sering diadakan oleh warga di sana. Kegiatan lain di Desa Tepus adalah membatik dan berburu produk perak dan singkong. Karena keduanya merupakan produk unggulan di desa ini.

Baca Juga: 7 Hal Seru yang Bisa Dilakukan di Desa Wisata Tepus, dari Tie-Dye hingga Permainan Pantai

7. Desa wisata Krebet

9 Desa Wisata di Yogyakarta yang Asyik untuk LiburanStand kerajinan di desa Krebet (instagram.com/desawisatakrebet)

Dikenal dengan batik kayunya, Desa Wisata Krebet di Sendang, Pajangan, Bantul mulai membatik di atas kayu sejak tahun 1970-an. Awalnya, kegiatan ini berfungsi sebagai mata pencaharian tambahan di samping pertanian.

Namun, ikat celup kayu kini telah menjadi ikon sekaligus produk unggulan dari desa ini. Bahkan karya-karya warga desa Krebet pun diekspor ke luar negeri. Selain kerajinan kayu yang terkenal, alam di sekitar desa juga sangat bagus untuk dijelajahi, seperti Curug Pulosari.

8. Desa Wisata Bejiharjo

9 Desa Wisata di Yogyakarta yang Asyik untuk LiburanDesa Wisata Bejiharjo (instagram.com/faisalalauddin)

Bejiharjo merupakan salah satu desa wisata dengan pesona keindahan alam berupa goa, sungai dan persawahan di kawasan Gunungkidul. Gua Pindul, Gua Sriti dan Gua Gelatik adalah beberapa jenis gua yang ada. Selain goa, juga terdapat wisata sejarah berupa tugu peringatan pertempuran di desa Bejiharjo terkait Panglima Besar Jenderal Soedirman.

Setelah lelah menjelajah alam dan belajar sejarah, wisatawan bisa beristirahat sambil menonton pertunjukan budaya seperti wayang beber, membaca gejog dan lain-lain. Anak-anak yang datang ke sini juga bisa mencoba permainan tradisional lho.

9. Desa Wisata Kasongan

9 Desa Wisata di Yogyakarta yang Asyik untuk LiburanTembikar Khas Desa Kasongan (instagram.com/handycraft_jogja)

Desa Kasongan di Kapanewon Kasihan, Kabupaten Bantul adalah pembuat gerabah yang terkenal di Yogyakarta sejak tahun 1970. Sampai saat ini, tempat ini masih menjadi tempat populer bagi wisatawan untuk membeli berbagai gerabah dan jenisnya.

Selain berkesempatan berbelanja di sana, pengunjung juga bisa melihat dan terlibat langsung dengan gerabah khas desa Kasongan. Untuk menambah daya tarik, ada juga pertunjukan seni yang dilakukan oleh penduduk desa.

Desa wisata ini menawarkan paket lengkap untuk liburan dan belajar dengan harga yang terjangkau. Cocok sebagai destinasi wisata kolektif, bersama keluarga atau teman, lho.

Baca Juga: 6 Desa Wisata di Gunungkidul Yang Menampilkan Keindahan Alam

Komunitas IDN Times adalah media yang menawarkan platform untuk menulis. Semua karya tulis adalah tanggung jawab penulis sepenuhnya.

Source: jogja.idntimes.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button