Himpunan Mahasiswa Pariwisata Indonesia Rayakan Hari Pariwisata Sedunia 2022 - WisataHits
Yogyakarta

Himpunan Mahasiswa Pariwisata Indonesia Rayakan Hari Pariwisata Sedunia 2022

Harianjogja.comJOGJA – Dewan Pimpinan Daerah III Himpunan Mahasiswa Pariwisata Indonesia (HMPI) Jawa Tengah dan DIY turut memeriahkan dan memeriahkan perayaan Hari Pariwisata Dunia 2022.

Tahun ini, Indonesia menjadi tuan rumah peringatan Hari Pariwisata Sedunia dengan tema “Rethinking Tourism”. Rethinking Tourism adalah pemikiran ulang terhadap pariwisata untuk melihat sektor pariwisata sebagai salah satu pilar pembangunan. Hal ini dapat berdampak pada berbagai sektor lainnya.

Dalam rangka memperingati Hari Pariwisata Sedunia 2022, Dewan Pimpinan Wilayah III HMPI menyelenggarakan rangkaian acara berupa walking tour, kunjungan museum: kunjungan arsip diorama, kompetisi pariwisata DeGa dan webinar. Rangkaian acara ini akan berlangsung mulai 25 September hingga 9 Oktober 2022.

DIDUKUNG:

Pada pembukaan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja berharap IKM naik peringkat

kenaikan

Dewan Pimpinan Wilayah III HMPI melakukan walking tour dan kunjungan museum di kota Semarang. Pelaksanaan acara ini mengambil jalur multikultural dengan menjelajahi kota tua Semarang dari perspektif yang berbeda dari segi sejarah, budaya dan kehidupan sehari-hari masyarakat masa lalu dan masa kini.

Acara ini akan berlangsung pada tanggal 25 September 2022 dengan 30 peserta. Tujuan dari Walking Tour Special World Tourism Day 2022 adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran mahasiswa pariwisata akan terwujudnya pariwisata low carbon footprint.

Selain itu, ada upaya untuk mengedukasi mahasiswa pariwisata tentang sejarah, asal usul, dan cerita di balik sebuah bangunan atau objek wisata yang belum banyak diketahui masyarakat luas. Ada juga walking experience bagi peserta untuk melihat potensi wisata jalan kaki sebagai alternatif wisata di masa sekarang dan masa depan.

Kunjungan museum: Kunjungi diorama arsip

Acara Kunjungan Arsip Diorama akan berlangsung pada tanggal 25 September 2022 di Diorama Arsip Jogja. Pada acara ini, pengunjung diajak untuk lebih mengenal kota Jogja. Pemerintahan di Yogyakarta sudah ada jauh sebelum lahirnya Republik Indonesia.

Pengunjung juga dapat membayangkan dan merasakan pengalaman sejarah beberapa tahun terakhir. Terdapat 18 ruangan yang menyajikan cerita, sejarah, karakter, makna setiap ruangan dan menyajikan rangkaian peristiwa dari tahun ke tahun. Pengunjung juga mendapatkan informasi yang lebih jelas karena dipandu langsung oleh salah satu pihak dari diorama.

Diorama Visit Arsip yang diselenggarakan oleh Dewan Pimpinan Wilayah III HMPI ini diikuti oleh 30 peserta. Tujuan dari Diorama Archives Visit Special World Tourism Day 2022 adalah untuk memberikan pengalaman baru kepada mahasiswa pariwisata dalam memperkenalkan bentuk baru wisata edukasi sejarah. Selain itu, kegiatan ini merupakan sarana pembelajaran bagi mahasiswa pariwisata untuk belajar tentang sejarah dan diorama lainnya di gedung arsip. Ada pula upaya menumbuhkan kesadaran di kalangan mahasiswa pariwisata untuk mengingat sejarah dan belajar di luar kelas dengan mengenali potensi wisata edukasi.

Kompetisi pariwisata DeGa

Agenda lain Dewan Pimpinan Wilayah III HMPI adalah menggelar kompetisi pariwisata DeGa yang digelar secara online. Kompetisi ini terbagi menjadi dua kompetisi utama yaitu Talk About Tourism Current Situation (Talkout Tourism) dan Lomba Fotografi.

Kegiatan ini diikuti oleh masyarakat umum dari berbagai kalangan. Tema utama kompetisi ini adalah Rethinking Tourism: The New Era of Tourism. Bicara Tentang Pemenang Lomba Pariwisata: Alya Salma Sylvia dari Politeknik Pariwisata NHI Bandung dan Pemenang Lomba Foto: Sahid Nugroho dari Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo, Yogyakarta.

Webinar Hari Pariwisata Sedunia

Pada tanggal 9 Oktober 2022, Dewan Pimpinan Wilayah III HMPI menyelenggarakan webinar Hari Pariwisata Sedunia dengan tema “Rethinking Tourism For The New Era of Tourism” dan tema “Menangani Tren Pariwisata Pasca Pandemi COVID-19” yang dihadiri oleh 265 peserta.

Pembicara yang ahli di bidangnya antara lain: Tri Ferdi Samuel Hutapea, praktisi pariwisata yang bekerja untuk konsultan pariwisata di Yogyakarta, berbicara tentang Memikirkan Kembali Pariwisata “Dari Krisis Menuju Transformasi”. Narasumber lainnya adalah Desideria Cempaka Wijaya Murti, Academic Entrepreneur di bidang Komunikasi, Pariwisata, dan Budaya Digital (Travelxism), yang membahas “Tren Pariwisata Pasca Pandemi COVID-19” dan perkembangan tren pariwisata baru. Terakhir Galuh Alif Fahmi Rizki berbicara tentang “Desa Wisata Berdaya Melalui Digitalisasi” sebagai Kepala Desa Wisata Tinalah.

Webinar Hari Pariwisata Sedunia 2022 ini bertujuan untuk menambah wawasan dan pengetahuan khususnya mahasiswa pariwisata dalam menyikapi perubahan arah dan konsep pariwisata pasca pandemi. Ada pula pembekalan pendidikan bagi para praktisi, otoritas dan akademisi, khususnya di bidang pariwisata.

Selain itu, ada upaya untuk memberikan ide-ide baru untuk memecahkan masalah pariwisata di Indonesia. Serta mengembangkan pemikiran kritis terhadap mahasiswa pariwisata, khususnya ketika mempertimbangkan isu-isu pariwisata daerah dan nasional. Terakhir, kegiatan ini bertujuan untuk menjadi forum pertukaran bagi para pemangku kepentingan pariwisata khususnya desa liburan dan desa liburan yang dikelola oleh komune.

Lihat berita dan artikel lainnya di Google Berita

Source: news.harianjogja.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button