7 Wisata Cianjur Seru dan Sejuk Cocok untuk Melepaskan Penat - WisataHits
Jawa Barat

7 Wisata Cianjur Seru dan Sejuk Cocok untuk Melepaskan Penat

7 Wisata Cianjur Seru dan Sejuk Cocok untuk Melepaskan Penat

Merdeka.com – Wisata Cianjur bisa menjadi tujuan liburan. Apalagi jika Anda berkunjung ke daerah Bandung Barat atau Bogor. Cianjur merupakan salah satu kabupaten di Jawa Barat. Kabupaten ini berbatasan langsung dengan Bogor, Purwakarta, Garut, Bandung dan Sukabumi.

Lokasinya yang mudah dijangkau dari ibu kota menjadikan kota ini cocok sebagai tempat berlibur bagi masyarakat yang tinggal di ibu kota dan sekitarnya. Ada berbagai tempat wisata Cianjur yang bisa dikunjungi saat berkunjung ke kota ini.

Artikel media taboola

Wisata Cianjur menawarkan alam yang indah dan beragam yang dapat dinikmati oleh wisatawan. Para wisatawan yang mengunjunginya dapat menikmati indahnya pemandangan pegunungan, danau, air terjun dan pantai. Selain itu, ada berbagai wisata Cianjur lainnya yang bisa dikunjungi.

Agar liburan Anda semakin berkesan, penting untuk membuat daftar tempat wisata Cianjur. Merdeka.com merangkum wisata Cianjur di bawah ini:

2 dari 3 halaman

1. Taman Wisata Inkarla Cipanas

Tempat wisata Cianjur pertama yang wajib anda kunjungi adalah Taman Wisata Inkarla Cipanas. Kebun ini terletak di Jalan Singabarong, Cimacan, Cipanas, Cianjur, Jawa Barat. Di sini pengunjung dapat menikmati akomodasi yang nyaman sambil merasakan sejuknya udara pegunungan yang menyegarkan tubuh.

Tempat ini tidak hanya menawarkan pemandangan pegunungan yang indah tetapi juga dipercantik dengan pemandangan berbagai macam tanaman dan bunga yang dapat dinikmati oleh para pengunjung.

Udara pegunungan yang segar dan pemandangan yang indah membuat taman ini cocok masuk dalam daftar tempat wisata di Cianjur yang wajib dikunjungi. Terutama untuk istirahat bersama keluarga dan penatnya aktivitas sehari-hari.

2. Kebun Raya Cibodas

Ziboda

© Instagram/indonesia_archipelago

Kebun Raya Cibodas merupakan salah satu tempat wisata Cianjur yang paling populer dan sudah lama terkenal. Taman ini terletak di Sindang Laya, Cipanas, Cianjur. Daya tarik utama Kebun Raya Cibodas adalah pohon sakura yang ditanam di kebun ini sejak tahun 1971.

Waktu yang tepat untuk mengunjungi Kebun Raya Cibodas adalah sekitar bulan Januari hingga Februari dan Juli hingga Agustus. Selama bulan-bulan tersebut, pengunjung disuguhi indahnya bunga sakura yang bermekaran di Kebun Raya Cibodas.

Selain itu, pengunjung dapat menikmati indahnya pemandangan Gunung Gede-Panrango dari taman ini.

3. Taman Bunga Nusantara

Taman Bunga Nusantara

©Instagram/tamanbunganusantara

Jika Anda ingin menghabiskan waktu bersama keluarga, Anda bisa mengunjungi tempat wisata di Cianjur ini. Taman Bunga Nusantara terletak di Jl. Mariwati No.KM. 7, Kawangluwuk, Kec. Sukaresmi, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Di taman ini, Anda bisa menikmati keindahan berbagai jenis tumbuhan dan bunga dari berbagai daerah di Indonesia. Taman ini juga bertema, dengan pepohonan yang ditata menyerupai patung, yang menambah daya tarik dan keindahan Taman Bunga Nusantara.

4. Kota bunga kecil Venesia

Jika Anda ingin menikmati pemandangan Venesia, Anda tidak harus pergi ke Italia. Kamu cukup datang ke Cianjur dan singgah di Little Venice Kota Bunga. Tempat wisata di Cianjur yang terletak di Batulawang, Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat ini memang didesain menyerupai versi mini kota Venesia.

Di sini Anda bisa menikmati “kota kecil” yang indah penuh dengan bangunan khas Eropa, serta sungai, jembatan, dan gondola yang menyerupai kota Venesia.

3 dari 3 halaman

5. Istana Cipanas

Istana Cipanas di Cipanas

© 2019 Google Maps

Jika Anda berkunjung ke wisata Cianjur, Anda bisa mampir dan melihat keindahan Istana Kepresidenan Cipanas. Istana ini terletak di Desa Cipanas, Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur, sekitar 20 km dari kota Kabupaten Cianjur atau 103 km dari Jakarta.

Istana ini didirikan pada tahun 1740 oleh seorang tuan tanah Belanda bernama Van Heots.

Istana ini dikelilingi oleh hutan atau kebun dengan berbagai tanaman. Taman yang menghijau dan udara pegunungan yang sejuk menjadikan istana ini tempat peristirahatan dan persinggahan yang populer sejak zaman Hindia Belanda.

6. Waduk Cirata

Saat berkunjung ke Cianjur, Anda juga bisa singgah di Bendungan Cirata. Waduk ini terletak di tiga kabupaten yaitu Kabupaten Cianjur, Kabupaten Bandung Barat dan Kabupaten Purwakarta.

Selain pemandangan waduk, pengunjung juga bisa melihat pembangkit listrik tenaga air terbesar di Indonesia. Pembangkit listrik ini memiliki delapan turbin dan bangunan pusat/pembangkit listrik empat lantai yang terletak di terowongan bawah tanah.

Suasananya yang damai dan mudah dijangkau, menjadikan Waduk Cirata salah satu tempat wisata Cianjur yang wajib dikunjungi.

7. Kawasan Wisata Pokland

Taman Pinus Pokland di Cianjur

© 2022 dpmptsp.cianjurkab.go.id/Merdeka.com

Jika ingin menikmati keindahan alam Cianjur, Anda bisa mampir ke Wana Wisata Pokland. Di tempat wisata Cianjur ini, pengunjung bisa menikmati indahnya pemandangan hutan pinus.

Tempat ini tidak hanya cocok untuk menikmati pemandangan alam yang indah bersama keluarga, tetapi juga untuk berfoto.

Tempat wisata di Cianjur ini menawarkan berbagai spot foto cantik dan menarik yang bisa kamu unggah ke media sosial. Wana Wisata Pokland terletak di Desa Haurwangi, Kecamatan Haurwangi, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Itulah 7 tempat wisata Cianjur yang wajib dikunjungi. Kini Anda dan keluarga tidak perlu bingung lagi saat mengunjungi kawasan asri ini.

(mdk/amd)

TOPIK TERKAIT

lagi

Taboola di bawah Artikel

Source: m.merdeka.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button